SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Cardano meluncurkan testnet publik sidechain yang kompatibel dengan EVM

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Input Output Global (IOG), organisasi di belakang blockchain Cardano, telah meluncurkan testnet publik untuk sidechain proof-of-concept yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM).
Peluncuran ini mengikuti pengumuman bulan lalu tentang perilisan toolkit baru bagi pengembang untuk mengimplementasikan sidechain khusus di jaringan Cardano.

Sidechain EVM pembuktian konsep
Testnet akan tersedia untuk waktu yang singkat dan akan disesuaikan secara teratur selama fase uji coba, menurut tweet resmi dari IOG.

Pengguna akan dapat menguji transfer token antar lingkungan pengujian, menghubungkan dompet mereka, dan menerapkan kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi (dApps). Partisipasi dan eksperimen pada platform terbuka untuk pengembang dan Stake Pool Operator (SPO).

“Tesnet proof-of-concept ini bersifat sementara dan akan diperbarui secara berkala selama fase percontohan. Pada akhirnya, ini dimaksudkan untuk menjadi sumber komunitas dan kami mendorong pengembang dan SPO untuk terlibat dan berkolaborasi,” kata IOG.

Seperti yang dilaporkan oleh CryptoPotato: “Toolkit yang dirilis sebelumnya akan memungkinkan sidechain memiliki algoritme dan fitur konsensus mereka. Mereka akan terhubung ke rantai root Cardano melalui jembatan yang memungkinkan transfer antar rantai. Mekanisme konsensus mainchain juga akan memastikan pemblokiran finalitas.

Untuk saat ini, smart contract yang ada hanya dapat ditulis dalam Solidity. Untuk adopsi yang lebih luas dengan jaringan lain, IOG bermaksud untuk mengeksplorasi variasi teknis lainnya. Rancangan toolkit sedemikian rupa sehingga pengembang memiliki kebebasan untuk mengembangkannya dalam bahasa asli mereka.

Melalui testnet, IOG berencana untuk menjajaki perluasan Cardano ke berbagai komunitas. Ini akan memastikan bahwa fitur keamanan jaringan tetap terjaga. Untuk mengumpulkan umpan balik dan meningkatkan solusi, organisasi bermaksud untuk bekerja sama dengan komunitas Cardano.

Cardano tumbuh lebih kuat
Dengan berlalunya waktu, Cardano telah membuktikan dirinya sebagai platform inovatif dalam industri blockchain. Sejak awal, fokus jaringan adalah pada pengembangan dan peluncuran konsep baru yang relevan dengan pertumbuhan dan adopsi kripto.

Cardano telah muncul sebagai blockchain dengan pengembang paling aktif di tahun 2022, bersama Ethereum, CryptoPotato melaporkan bulan lalu. Sepanjang tahun lalu, Cardano sendiri memiliki rata-rata 151 developer per hari.

(GE)

Scroll to Top