SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Bitcoin di Level $24K, menunjukkan reli BTC saat ini memiliki kaki

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Pada tanggal 1 dan 2 Februari, setelah Federal Reserve (FED) mengumumkan rencana untuk menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin, harga bitcoin (BTC) bahkan melampaui perkiraan harga yang paling bullish.

Meskipun Ketua FED, Jerome Powell, mengatakan kepada investor untuk tidak menunggu penurunan suku bunga pada tahun 2023, dia menjelaskan dalam konferensi persnya bahwa data ketenagakerjaan menjadi fokus utama saat ini.
Pada tanggal 1 Februari, hasil survei penggajian ADP menunjukkan bahwa perekrutan di sektor swasta AS telah melambat secara signifikan pada bulan Januari. Ukuran ADP dari gaji sektor swasta mencapai 106.000, jauh di bawah konsensus pasar 160.000.

Data ini memicu ekspektasi investor akan kenaikan suku bunga di masa depan oleh Federal Reserve.

Bitcoin telah menggoda level $24.000 sejak menguji dukungan $22.500 pada 1 Februari, ketika melonjak 6,5% dalam lima jam. Sementara keuntungan baru-baru ini menarik, pedagang perlu mencatat bahwa sentimen yang membaik di pasar crypto telah mencerminkan sentimen risiko yang terlihat di pasar tradisional.

Saham seperti Coinbase (COIN), Cloudflare (NET), Unity Software (U), dan DoorDash (DASH), yang memiliki margin operasi negatif, semuanya membukukan keuntungan signifikan pada 2 Februari. Ini saja sudah cukup untuk memperingatkan bahwa keuntungan terlihat dalam beberapa minggu terakhir mungkin tidak berkelanjutan. Penting juga untuk diingat bahwa korelasi bitcoin selama 40 hari dengan S&P 500 masih di atas 75%.

Faktor kunci lain yang mendukung reli bitcoin mungkin adalah hambatan peraturan yang potensial. Larangan permanen pada crypto dapat menyebabkan banyak peluang yang terlewatkan, Huang Yiping, mantan anggota komite kebijakan moneter People’s Bank of China (PBoC), baru-baru ini berpendapat.

Huang, yang sekarang menjadi profesor ekonomi di National School of Development di Universitas Peking, mengkritik bitcoin karena tidak memiliki nilai intrinsik, tetapi mencatat bahwa teknologi terkait crypto “sangat berharga” untuk sistem keuangan yang diatur.

Untuk memahami apakah trader profesional menambahkan posisi leverage setelah penembusan harga bitcoin baru-baru ini, mari kita lihat metrik derivatif.

Pedagang Margin Bitcoin Melakukan Pemanasan Hingga Level Dukungan $22.500
Pasar margin memberikan wawasan tentang bagaimana posisi pedagang profesional. Ini memungkinkan investor untuk meminjam mata uang kripto untuk meningkatkan posisi mereka.

Meminjam stablecoin untuk membeli bitcoin, misalnya, dapat meningkatkan eksposur Anda. Di sisi lain, mereka yang meminjam Bitcoin hanya bisa menjualnya secara singkat, bertaruh bahwa harga Bitcoin akan jatuh. Keseimbangan antara margin long dan margin short tidak selalu cocok, tidak seperti kontrak berjangka.

Rasio stablecoin OKX terhadap pinjaman margin BTC. Sumber: OKX
Bagan di atas menunjukkan bahwa rasio peminjaman margin dari pedagang OKX meningkat secara dramatis pada tanggal 30 Januari, menandakan bahwa pedagang profesional menambahkan leverage lama setelah bitcoin berhasil bangkit kembali setelah menguji level dukungan $22.500.

Lebih penting lagi, ini menunjukkan bahwa short tidak percaya diri dalam membangun posisi leverage bearish karena indikator mencapai level terendahnya dalam lebih dari sebelas minggu pada 29 Januari di 13, mendukung pinjaman stablecoin dengan margin yang lebar. Pada level 24 saat ini, jelas bahwa bull menjadi lebih nyaman dengan level dukungan saat ini di $22.500.

Bias Optimis Menggoda dengan Pedagang Opsi
Untuk memahami jika reli baru-baru ini membuat investor lebih menghindari risiko, trader juga harus menganalisis pasar opsi. Jika meja arbitrase dan pembuat pasar mengenakan biaya berlebihan untuk perlindungan naik atau turun, kemiringan delta 25% adalah tanda yang jelas.

Metrik membandingkan opsi call (beli) dan put (jual) yang serupa. Ternyata positif ketika rasa takut lazim, karena premi opsi put pelindung lebih tinggi daripada premi opsi panggilan yang berisiko.
Singkatnya, saat trader takut harga bitcoin jatuh, indikator Skew akan bergerak di atas 10%. Kegembiraan umum mencerminkan kemiringan 10% negatif, di sisi lain.

Opsi bitcoin 60 hari 25% kemiringan delta: Sumber: Laevitas
Kemiringan delta 25% relatif tenang mendekati negatif 5, menunjukkan bahwa pedagang opsi memiliki peluang yang sama untuk sisi bawah dan sisi atas. Sisi positifnya, bahkan pengujian ulang 31 Januari sebesar $22.500 tidak cukup untuk mematahkan semangat bulls. Dikombinasikan dengan kurangnya permintaan dari pedagang margin yang bersedia menjual bitcoin, pasar berjangka melukiskan gambaran bullish.

Tidak ada tanda-tanda tekanan yang datang dari margin bitcoin dan pasar opsi, bahkan jika dibutuhkan sedikit lebih lama (mungkin beberapa hari) untuk menembus di atas $24.000. Namun, investor bitcoin tidak boleh terlalu percaya diri, karena pasar tradisional terus memainkan peran penting dalam menentukan tren.

Pandangan, pemikiran, dan pendapat yang diungkapkan dalam artikel ini adalah semata-mata milik penulis dan tidak serta merta mencerminkan atau mewakili pandangan dan pendapat Cointelegraph.

(GE)

Scroll to Top