SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Apa Itu Ekonomi? Pengertian, Prinsip & Ruang Lingkupnya

Bagikan:

AshefaNews – Mengenal tentang ekonomi merupakan hal yang sangat penting baik bagi individu maupun masyarakat. Konsep ini pada dasarnya mengacu pada bagaimana seseorang dan kelompok orang lain mendapatkan, mengelola dan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Selengkapnya, temukan artikel ini tentang pengertian, prinsip-prinsip dan ruang lingkup Ekonomi !

Apa Itu Ekonomi?

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas manusia dalam memproduksi, menyebarluaskan, dan mengonsumsi barang dan jasa. Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu “oikos” yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan “nomos” yang berarti “hukum”. Jadi, ekonomi secara harfiah berarti hukum (aturan) keluarga. Ekonomi juga sering disebut sebagai ilmu pengetahuan tentang bagaimana manusia dan masyarakat mendapatkan barang-barang material yang mereka butuhkan.

Ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu sosial, dimana cabang ilmu sosial lainnya antara lain geografi, antropologi, sosiologi, politik, hukum dan sebagainya. 

Sejarah Ekonomi

Ekonomi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Ekonomi juga membahas bagaimana cara mendistribusikan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Cabang ilmu ekonomi ini dibagi menjadi beberapa bidang, di antaranya adalah ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Ekonomi mikro mengkaji perilaku individu dan kelompok dalam mengatur pemenuhan kebutuhan mereka dengan sumber daya yang tersedia. Sementara itu, ekonomi makro menganalisis seluruh aktivitas ekonomi suatu negara, termasuk produksi, investasi, konsumsi, pendapatan, harga-harga, moneter, dan lain sebagainya.

Pengertian Ekonomi yaitu berasal dari bahasa Yunani ‘oikos’ yang berarti ‘rumah’ dan ‘nomos’ yang berarti ‘aturan atau hukum’. Jadi, ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengatur sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia di rumah dan juga di tingkat nasional.

Sejarah ekonomi dimulai sejak zaman Yunani kuno. Di zaman itu, filsuf-filsuf Yunani seperti Socrates, Plato, dan Aristotle berbicara tentang masalah ekonomi seperti distribusi kekayaan, pembagian pekerjaan, harga barang, dan lain-lain.

Seiring berjalannya waktu, para ahli ekonomi mulai mengembangkan teori-teori mereka sendiri untuk menjelaskan aktivitas ekonomi manusia. Para ahli ini termasuk Adam Smith dari Inggris, David Ricardo dari Portugal, Karl Marx dari Jerman, dan lain-lain.

Konsep ekonomi modern terbentuk pada abad ke-18 dan 19 dengan ditemukannya berbagai teori ekonomi seperti teori harga, teori produksi, teori pendapatan nasional, dan lain-lain. Sejak saat itu, Ekonomi telah berkembang menjadi cabang ilmu yang kompleks dengan aplikasi yang meliputi hampir semua aspek kehidupan manusia.

Prinsip-prinsip Ekonomi

 
1. Prinsip Permintaan dan Penawaran: Hukum permintaan dan penawaran menyatakan bahwa harga barang dan jasa akan bergerak naik dan turun sesuai dengan tingkat permintaan dan penawaran di pasar.

2. Prinsip Utilitas Marginal: Ini adalah prinsip yang menunjukkan bahwa manfaat yang diperoleh dari setiap unit konsumsi suatu barang atau jasa akan menurun ketika jumlahnya bertambah.

3. Prinsip Ekonomi Skala: Prinsip ini menyatakan bahwa biaya produksi suatu produk akan lebih rendah ketika jumlah produksinya lebih besar, sehingga harganya lebih rendah bagi konsumen.

4. Prinsip Efisiensi: Ini adalah prinsip ekonomi yang berfokus pada penggunaan sumber daya secara efisien. Ini berarti bahwa ketika seseorang memutuskan untuk menggunakan sumber daya, ia harus memastikan bahwa ia akan mendapatkan nilai terbaik dari sumber daya yang tersedia.

5. Prinsip Subsidi: Prinsip ini berfokus pada memberikan subsidi kepada industri atau sektor tertentu untuk meningkatkan produktivitas dan perlindungan harga agar tetap kompetitif.

Ruang Lingkup Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu pengetahuan tentang bagaimana manusia dan organisasi mengolah sumber daya untuk memenuhi kebutuhan dan mendapatkan keuntungan. Ekonomi juga dapat didefinisikan sebagai studi tentang bagaimana orang-orang mengatur pemakaian sumber daya yang terbatas untuk membuat produk dan jasa yang diinginkan.

Ekonomi berasal dari bahasa Yunani, “oikos” yang berarti rumah atau tempat tinggal, dan “nomos” yang berarti hukum atau peraturan. Jadi, ekonomi secara harfiah berarti “hukum rumah”. Pada awalnya, ekonomi dipandang sebagai ilmu pengetahuan tentang bagaimana individu dan keluarga mengatur anggaran uang mereka (pengeluaran) untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dalam konsep modern, ekonomi telah berkembang menjadi ilmu pengetahuan yang lebih luas tentang bagaimana manusia dan organisasi menggunakan sumber daya yang terbatas untuk membuat produk dan layanan yang diinginkan. Ini termasuk bagaimana pemerintah mengatur pasar, bagaimana perusahaan membuat keputusan bisnis, bagaimana orang menggunakan uang, dan sebagainya. Manajemen modal, kontrol inflasi, stabilitas sosial-ekonomi dan pertumbuhan ekonomi adalah contoh topik utama dalam ruang lingkup ekonomi.

Ruang lingkup ekonomi kadang-kadang dibagi menjadi tiga subjek utama: mikroekonomi, makroekonomi dan ekonomi internasional. Mikroekonomi berfokus pada bagaimana orang, perusahaan dan lembaga membuat keputusan tentang produksi dan pembelian.

Makroekonomi berfokus pada bagaimana sistem ekonomi secara keseluruhan beroperasi, termasuk inflasi, pertumbuhan ekonomi, penggunaan sumber daya alam, perdagangan internasional dan stabilitas finansial. Ekonomi internasional melibatkan studi tentang bagaimana sistem ekonomi global terintegrasi satu sama lain.

Konsep-konsep Ekonomi

Ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan menggunakan sumber daya yang tersedia. Konsep-konsep ekonomi berfokus pada cara manusia mengatur dan mendistribusikan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Prinsip-prinsip ekonomi memberikan panduan bagi para pelaku ekonomi untuk mencapai tujuan mereka dengan sebaik-baiknya. Ruang lingkup ekonomi meliputi studi tentang produksi, konsumsi, investasi, dan pertumbuhan ekonomi.

1. Produksi dan Konsumsi – Produksi merupakan pengeluaran barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Konsumsi adalah jumlah barang dan jasa yang dimiliki oleh seseorang atau organisasi untuk memuaskan kebutuhannya.

2. Investasi – Investasi adalah penggunaan sumber daya untuk menghasilkan pendapatan atau untuk meningkatkan nilai aset di masa depan. Ini termasuk aktivitas seperti membeli saham, obligasi, properti, atau instrumen lainnya yang berpotensi memberikan laba di masa mendatang.

3. Pertumbuhan Ekonomi – Pertumbuhan ekonomi adalah proses di mana perekonomian suatu negara atau wilayah meningkat secara keseluruhan dari waktu ke waktu. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah tingkat investasi, tingkat konsumsi, inflasi, produksi, dan jumlah lapangan pekerjaan.

Teori-teori Ekonomi

Ekonomi merupakan cabang ilmu yang mempelajari aktivitas manusia dalam pemenuhan kebutuhan materialnya. Manusia selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya dengan cara melakukan produksi, distribusi, dan konsumsi. Aktivitas ekonomi inilah yang menjadi objek kajian dalam ilmu ekonomi.

Dalam suatu sistem ekonomi tertentu, ada beberapa faktor penentu bagaimana aktivitas ekonomi diatur dan dilakukan oleh masyarakatnya. Faktor-faktor inilah yang memberikan gambaran umum tentang suatu sistem ekonomi tertentu, seperti sistem ekonomi pasar (market economy), sistem planned economy (sosialisme), dan mixed economy (campuran).

Selain itu, dalam ilmu ekonomi juga dibedakan 2 (dua) teori utama yaitu microeconomics dan macroeconomics. Microeconomics lebih menitikberatkan pada perilaku individu dalam menghadapi masalah ekonomi, sedangkan macroeconomics lebih menitikberatkan pada perilaku pasar dan stabilitas ekonomi secara keseluruhan.

Selain itu, banyak juga teori-teori lainnya yang cukup penting untuk dimengerti dalam ilmu ekonomi. Beberapa diantaranya adalah teori efisiensi pasar, teori kelayakan sosial, teori nilai wajar, teori permintaan agregat, dan masih banyak lagi. Setiap teori memiliki fungsi masing-masing dalam upaya pemahaman tentang bagaimana mekanisme pasar beroperasi.

Kesimpulan

Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari aktivitas manusia dalam pemenuhan kebutuhan dengan menggunakan sumber daya yang ada. 

Ekonomi terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro mempelajari perilaku individu dalam pembuatan keputusan tentang bagaimana sumber daya dibagi, sementara ekonomi makro mempelajari kinerja ekonomi secara keseluruhan.

Secara umum, tujuan dasar ekonomi adalah untuk mencapai efisiensi dan optimalisasi sumber daya melalui penciptaan produktivitas yang tinggi. Selain itu, tujuan utama lainnya adalah memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan bahwa semua segmen masyarakat mendapatkan manfaat darinya.

(GE)

Scroll to Top