SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

11 cara mengatur keuangan pribadi dengan cerdas dan efektif

Bagikan:

AshefaNews – Bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan cerdas dan efektif? Buat kamu yang sering merasa boros, sepertinya wajib simak tips ini untuk mengelola uang jadi lebih bermanfaat.

Sobat-sobat seringkali mengeluhkan kondisi finansial terutama sobat yang belum memiliki pemasukan yang tetap. Selain itu juga, mengutip dari Tirto.id bahwa dari bahwa sebagain besar sobat milenial dan gen z ini memiliki gaya hidup yang lebih boros, sulit menabung serta tidak terlalu memperdulikan kebutuhan investasi di masa yang akan datang. Hal ini yang akan mengakibatkan adanya risiko yang tinggi terhadap finansial yang akan dihadapi oleh generasi milenial dan gen z di masa depan menjadi rumit, akibat pengelolaan keuangan yang kurang baik.

Nah, jika Sobat memiliki kesulitan dalam mengelola keuangan saat ini, berikut ini ada beberapa cara mengatur keuangan supaya sobat bisa hidup tenang dengan risiko yang rendah terhadap gangguan keuangan yang sobat alami nanti.

  1. MEMBUAT RENCANA ANGGARAN BULANAN

Dengan kita membuat rencana anggaran untuk satu bulan, kita bisa mengetahui cashflow kita, selain itu juga agar cashflow menjadi teratur dan stabil. Meskipun terkesan perhitungan, ini sangat penting dalam pengelolaan keuangan kita sobat. Hal ini bisa menjadi suatu evaluasi di setiap akhir bulan terkait cash flow yang terjadi. Setidaknya, sobat tidak melakukan pengeluaran yang lebih besar.

Anggaran bulanan ini bisa dibuat pada awal bulan atau sebelum sobat menggunakannya ya. Serta catat pengeluaran secara rutin, agar sobat bisa menentukan skala prioritas dalam penggunaan uang. Salah satunya terdapat 4 bagian dalam merencanakan skala prioritas keuangan yang baik, yakni:

  • Kebutuhan dan lifestyle 40%
  • Menabung dan investasi 30%
  • Dana sosial 20%
  • Cicilan hutang 10% (jika ada)
  1. HINDARI UNTUK BERHUTANG

Apakah sobat tahu? Hutang merupakan salah satu faktor atau kendala dalam menentukan cara mengelola keuangan yang baik. Karena dengan berhutang, sobat harus menyisihkan penghasilan untuk membayar tagihannya setiap bulan. 

Nah demi mengelola keuangan yang sehat, ada baiknya untuk hindari berhutang baik itu dengan kerabat dekat maupun ke bank. 

  1. MEMBUAT REKENING BANK LEBIH DARI SATU

Dengan membuat dua atau lebih dari satu rekening bank, dapat membantu sobat dalam mengelola keuangan lebih mudah. Misalkan satu rekening untuk tabungan dan satu rekening lagi untuk menerima gaji dan memenuhi kebutuhan bulanan. Dan saat ini, sudah banyak cara untuk menyimpan uang baik itu di bank konvensional, bank online maupun di e-wallet

  1. PERSIAPKAN DANA DARURAT

Selain dana tabungan, sobat perlu mempersiapkan dana darurat untuk digunakan sewaktu-waktu. Dana darurat itu penting dalam kehidupan kita lho sobat, meskipun terlihat sepele namun sebenarnya sangat dibutuhkan. Dana darurat dapat dikatakan sebagai “extra life” jika terjadi apa-apa.

  1. MULAI BERINVESTASI

Sering kali sobat menganggap sepele soal berinvestasi dan bahkan menomorkan paling terakhir dalam berinvestasi. Padahal dengan berinvestasi sobat-sobat tidak perlu khawatir saat masa pensiun tiba. Karena menabung saja tidak cukup, investasi inilah yang nantinya akan memberi sobat passive income untuk memenuhi kebutuhan saat sobat-sobat tidak lagi bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Seringkali seseorang mengalokasikan sebagian penghasilan ke dalam instrumen investasi yang beresiko rendah seperti reksadana. Sobat dapat memilih jenis investasi yang sesuai dengan profil resiko, tujuan finansial, dan jangka waktu investasi agar bisa mendapatkan imbal hasil yang optimal.

Selain reksdana, tentu emas batangan atau logam mulia bisa dipertimbangkan untuk investasi dengan tujuan jangka panjang. Selain itu, terdapat Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yang bisa dipilih untuk mendiversifikasi investasi karena menawarkan imbalan yang menarik, hal ini aman karena 100% kupon dan pokoknya dijamin oleh negara.

  1. SIAPKAN DANA PENSIUN

Selain dana darurat, adapun dana pensiun mulai sekarang. Hitunglah beberapa kebutuhan pensiun yang sobat inginkan dan muali cicil secara rutin setiap bulannya. Masukan dana ini ke dalam rekening khusus atau dapat dialokasikan ke dalam investasi berupa asuransi jiwa. Sebaiknya sobat berkonsultasi terlebih dahulu untuk menentukan jenis asuransi kepada agen asuransi, jangan lupa untuk memahami perusahaan-perusahaan asuransi yang terjamin dan terpercaya agar rencana dana pensiun sobat berjalan dengan baik.

  1. BIJAKSANA DALAM MENGGUNAKAN KARTU KREDIT ATAU PAYLATER

Kartu kredit maupun paylater memudahkan kita dalam memiliki barang dengan cara setiap bulan. Namun, penggunaan kartu kredit ataupun paylater juga harus dapat dikontrol sesuai dengan porsinya dan tidak digunakan untuk keperluan yang terlalu konsumtif maupun implusif. Nah untuk menggunakan kartu kredit ataupun paylater secara bijak yaitu usahakan untuk membayar cicilan setiap bulannya secara penuh. 

Selain itu, jangan sekalipun meminjamkan kartu kredit atau paylater ke kerabat sobat lho, karena ini akan sulit dikontrol kemana saja pengeluaran kartu kredit ataupun paylater yang telah berjalan.

  1. MENYISIHKAN ATAU MENGUMPULKAN UANG RECEH DI TEMPAT KHUSUS

Seringkali uang receh diletakan sembarangan begitu saja, padahal uang receh ini masih bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Misalkan untuk membayar parkir, menggunakan fasilitas umum, atau bahkan untuk membeli barang di warung terdekat. 

Kita juga bisa lho sobat memiliki tabungan tambahan dengan uang receh tersebut, dengan mengumpulkannya sebanyak mungkin dan bisa kita tukar ke warung atau minimarket terdekat. Karena mereka pun membutuhkan uang receh untuk kembalian pelanggan.

  1. KURANGI SIKAP KONSUMTIF DAN IMPULSIF 

Dari peninjauan terhadap perilaku milenial ataupun gen z saat ini terbilang cukup konsumtif dan impulsif. Seperti melihat barang lucu sedikit, langsung membelinya. Padahal barang tersebut tidak begitu bermanfaat juga. Hal tersebut bisa membuat sobat kesulitan untuk menabung atau berkurangnya nilai untuk menabung. Nah jika sudah seperti ini, ada baiknya sobat menggunakan aplikasi yang memiliki jasa financial planner, agar lebih tertata rapi dalam pengelolaan keuangannya.

Hal ini juga merupakan salah satu dari gaya hidup yang tidak sehat dan bisa mempengaruhi masa depan keuangan sobat lho, ada baiknya mulai sekarang ini untuk menurunkan gaya hidup sobat agar kelak sobat bisa menikmati hasilnya. 

  1. MENCARI PENGHASILAN TAMBAHAN

Jika sobat merupakan orang yang workholic, sobat dapat mencari penghasilan tambahan untuk keuangan, agar lebih banyak uang yang bisa ditabungkan atau bisa dijadikan uang jajan sobat sehari-hari tanpa harus mengambil jatah dari kebutuhan pokok. Sobat bisa melakukan pekerjaan sampingan atau menjalankan bisnis sampingan. Namun, pastikan aktivitas mencari penghasilan tambahan ini tidak sampai menganggu pekerjaan utama sobat ya.

  1. RAJIN MEMBAYAR ZAKAT DAN BERSEDEKAH

Dari sekian banyak penghasilan yang kita dapatkan setiap bulannya, jangan lupa untuk membayar zakat dan bersedekah ke orang-orang yang kurang mampu ataupun ke keluarga terdekat. Dengan nominal yang bisa dibilang kecil, hanya 2,5% dari penghasilan, namun dampaknya tak terhingga.

Seperti itu kira-kira cara mengatur atau mengelola keuangan dengan baik dan sehat yang sobat bisa praktikan. Tentu dalam proses mengatur keuangan ini tidak mudah, namun tetaplah nikmati proses dan ingat ya tujuan akhir yang akan dicapai. Selalu semangat dalam menyiapkan masa depan yang lebih baik! Jika bukan sekarang, kapan lagi? Yuk mulai sekarang atur keuangan sobat-sobat agar keinginan untuk berada di fase keuangan stabil terwujud.

(GE – BUN)

Scroll to Top