Biografi Puan Maharani

Bagikan:

AshefaNews – Puan Maharani adalah seorang politisi Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia. Ia lahir pada tanggal 6 Maret 1973 di Surakarta, Jawa Tengah, dan merupakan anak dari mantan Presiden Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

Puan Maharani menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana di Salatiga, Jawa Tengah, dan meraih gelar sarjana hukum pada tahun 1995. Setelah lulus, ia memulai karir politiknya sebagai anggota staf khusus di Kantor Presiden pada masa pemerintahan ibunya pada tahun 1999.

Puan Maharani kemudian menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada tahun 2004. Selama menjabat sebagai anggota DPR, ia terlibat dalam banyak komite termasuk Komisi III yang membidangi masalah hukum, hak asasi manusia, dan keamanan nasional.

Pada tahun 2009, Puan Maharani kembali terpilih sebagai anggota DPR dan dipilih sebagai Ketua Komisi IX yang membidangi kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial. Selama menjabat sebagai Ketua Komisi IX, ia memfokuskan perhatiannya pada isu-isu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan berhasil memperjuangkan kebijakan-kebijakan yang menguntungkan masyarakat luas, seperti peningkatan akses kesehatan dan peningkatan upah minimum regional.

Pada tahun 2014, Puan Maharani kembali terpilih sebagai anggota DPR, dan pada tahun 2019, ia dipilih sebagai Ketua DPR. Sebagai Ketua DPR, ia bertanggung jawab atas pengelolaan agenda dan proses kerja DPR, dan juga memainkan peran penting dalam mengawasi kinerja pemerintah dan memastikan bahwa kepentingan rakyat diprioritaskan.

Selain aktif di dunia politik, Puan Maharani juga dikenal sebagai sosok yang peduli dengan isu-isu sosial dan lingkungan. Ia terlibat dalam beberapa proyek sosial, termasuk memperjuangkan hak-hak kaum difabel dan mempromosikan kesehatan ibu dan anak.

Puan Maharani juga aktif dalam kegiatan internasional dan pernah menjadi perwakilan Indonesia dalam Konferensi Perempuan Asia Pasifik pada tahun 2015. Ia juga terlibat dalam hubungan bilateral dengan negara-negara sahabat dan menjalin kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk politik, ekonomi, dan sosial.

Dengan karir politik yang panjang dan kontribusinya yang besar dalam berbagai bidang, Puan Maharani dianggap sebagai salah satu politisi terkemuka di Indonesia dan menjadi sosok inspiratif bagi banyak wanita di Indonesia. Ia terus berjuang untuk memajukan kepentingan rakyat dan memperjuangkan hak-hak mereka, serta mempromosikan Indonesia sebagai negara yang kuat dan berperan aktif di kancah internasional.

Baca juga artikel edukasi lainnya untuk menambah wawasan Anda.

(GE)

Scroll to Top