SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Macam-macam Metode Pembelajaran

Bagikan:

AshefaNews – Metode pembelajaran merupakan salah satu cara dalam melakukan aktivitas antara pendidik dan peserta didik ketika berinteraksi dalam proses belajar. Karena para pendidik perlu mengetahui dan mempelajari tentang metode pengajaran agar dapat menyampaikan materi dan dimengerti dengan baik oleh peserta didik.

Namun, Untuk proses belajar hanya memerlukan macam-macam metode pembelajaran khusus yang jelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. 

Apa itu metode pembelajaran?

Metode pembelajaran adalah cara-cara yang sering dilakukan untuk membantu proses belajar berjalan yang efektif dan efisien. Sementara metode ini digunakan oleh pendidik agar para peserta didiknya dapat memahami dan menguasai apa yang diajarkan. 

Umumnya, pendidik mencoba menggunakan beberapa metode pembelajaran atau menggabungkannya. Karena selain membuat peserta didik memahami materi, maka diharapkan metode yang digunakan dapat membuat mereka lebih tertarik dan tidak bosan saat belajar.

Selain itu untuk menentukan pilihan metode yang paling tepat, maka para pendidik harus mempertimbangkan terlebih dahulu tujuan belajarnya, kemudian kebutuhan peserta didik, dan lingkungan belajarnya. 

Dengan begitu, metode pembelajaran yang digunakan pun akan memberikan hasil yang sesuai diharapkan. Adapun beberapa macam-macam metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh peserta didik adalah :

1. Metode ceramah

Metode ceramah adalah sebuah metode pembelajaran yang berpusat pada pendidik. Dalam metode ini, para peserta didik diharapkan harus duduk tenang dan mendengarkan apa yang akan disampaikan oleh pendidik.

Kemudian pendidik menjelaskan materinya secara lisan dan langsung kepada para peserta didiknya, serta memberikan tugas yang harus dikerjakan. 

Dengan kata lain, peserta didik secara pasif menyerap berbagai informasi, sedangkan pendidik yang secara aktif menyampaikan sebuah materi.

Namun, metode pembelajaran ini hanya dinilai dan bisa membatasi kebebasan berpikirnya hingga kreativitas peserta didik. Sebab, mereka tidak mungkin mendapatkan suatu stimulasi motivasi yang memadai untuk berpikir kritis.

2. Metode Percobaan

Metode percobaan merupakan salah satu metode pengajaran dengan menggunakan action yang berupa praktikum atau percobaan lab. Kemudian masing-masing dari siswa, dengan ini mereka mampu melihat proses dengan nyata dan dapat belajar secara langsung.

A. Kelebihan dari metode percobaan ini, yaitu:

Untuk metode ini biasanya bisa membuat siswa merasa bahwa materi yang dipelajarinya benar adanya dengan yang dibuktikan melalui percobaan.

Karena dapat membantu para siswa yang mengembangkan diri dengan mengadakan eksplorasi bahan percobaan.

Lalu, Metode ini yang akan menghasilkan siswa dengan jiwa peneliti dan suka mencari tahu dan dapat pengembangan keilmuan hingga mampu memberikan kesejahteraan pada masyarakat.

B. Kekurangan dari metode percobaan ini, yaitu:

Kekurangan alat bahkan seringkali menghambat siswa untuk dapat bereksperimen lebih.

Umumnya, untuk Eksperimen yang dilakukan pada jam kelas  adalah yang terbatas, sehingga percobaan ini yang dapat dilakukan secara terbatas.

Metode ini juga cocok untuk beberapa tipe pelajaran apa saja, seperti biologi, teknologi, dan lainnya.

3. Metode resitasi

Selanjutnya adalah Metode resitasi, yang juga termasuk ke dalam macam-macam metode belajar. Namun dalam metode ini, si pendidik mengharuskan peserta didiknya membuat berbagai ringkasan materi yang telah disampaikan melalui metode ceramah, visual, maupun audio.

Peserta didik kemudian akan menuliskan banyak informasi yang mereka peroleh, lalu mengingat materi yang telah diajarkan oleh pendidik, dan dapat bertanggung jawab dengan hasil ringkasannya tersebut.

4. Metode Pembelajaran Diskusi

Metode diskusi sendiri merupakan sebuah metode pengajaran yang sangat erat hubungannya dengan belajar pemecahan masalah. Metode ini juga biasanya sering dilakukan secara berkelompok atau diskusi kelompok.

Atau secara singkatnya Metode Diskusi merupakan metode pembelajaran yang berbentuk tukar menukar sebuah informasi, pendapat dan berbagai macam unsur-unsur pengalaman secara teratur dengan maksud untuk mendapat pengertian yang sama, lebih jelas dan lebih teliti tentang sesuatu atau untuk mempersiapkan dan keputusan bersama. 

a. Kelebihan Metode Pembelajaran Konvensional Diskusi

Berikut kelebihan dari metode diskusi, adalah:

  • Bisa merangsang  kreativitas anak  didik  dalam  bentuk  ide,  gagasan, prakarya dan sebuah terobosan baru dalam suatu pemecahan masalah.
  • Mengembangkan sikap untuk saling menghargai tentang pendapat orang lain.
  • Dapat memperluas wawasan.
  • Membina  untuk  terbiasa dengan musyawarah  dalam  memecahkan  suatu masalah.

b. Kelemahan Metode Pembelajaran Diskusi

Lalu,Berikut adalah kekurangan dari metode diskusi, antara lain:

  • Membutuhkan waktu yang panjang.
  • Tidak dapat dipakai untuk suatu kelompok yang besar.
  • Peserta didik mendapat informasi yang terbatas.
  • Dikuasai oleh  orang-orang  yang  suka  berbicara  atau  ingin menonjolkan diri.

5. Metode kerja kelompok

Macam-macam dari metode pembelajaran selanjutnya adalah kerja kelompok. Metode belajar kerja kelompok ini sering digunakan di sekolah.

Belajar kelompok bisa memungkinkan para peserta didik untuk mempelajari suatu materi dan mengerjakan sesuatu tugas bersama anggota kelompoknya. 

Karena dalam prosesnya, para peserta didik ini akan mempelajari tentang keterampilan berpikir kritis, komunikasi, memecahkan masalah, dan lainnya.

6. Metode Pembelajaran Tanya Jawab

Metode Tanya Jawab adalah sebuah metode ngajar-mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic, sebab pada saat yang sama telah terjadi suatu dialog antara guru dan siswa. Guru dapat bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan yang timbal balik, baik itu seperti secara langsung antara guru dengan siswa.

a. Kelebihan Metode Pembelajaran Tanya Jawab

Berikut kelebihan metode tanya jawab, antara lain:

  • Pertanyaan yang dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa.
  • Dapat merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya  pikirnya, termasuk daya ingatan.
  • Bisa nengembangkan suatu keberanian  dan  keterampilan  siswa  dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.

b. Kelemahan Metode Pembelajaran Tanya Jawab

Berikut kekurangan metode tanya jawab, antara lain:

  • Siswa akan merasa takut bila gurunya kurang dapat mendorong siswa untuk berani dengan menciptakan suatu suasana yang tidak tegang.
  • Tidak  mudah  membuat  pertanyaan  yang  sesuai  dengan  tingkat berpikir dan mudah dipahami oleh siswa.
  • Sering membuang banyak waktu.
  • Kurangnya  waktu  untuk  memberikan  sebuah pertanyaan  kepada  seluruh siswa.

Itulah macam-macam metode pembelajaran yang digunakan untuk mendidik siswa secara baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

(GE – GUR)

Scroll to Top