SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Dirikan Pojok Literasi Cerdas, Polsek Jagakarsa Terima Ratusan Buku

Bagikan:

AshefaNews – Polsek Jagakarsa telah menerima ratusan buku setelah mendirikan Pojok Literasi Cerdas (POLICE) di kantornya.

Kapolsek Jagakarsa, Kompol Multazam Lisendra mengungkapkan, POLICE didirikan karena pihaknya ingin meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia, terutama anak-anak muda.

“Tingkat minat baca masyarakat di Indonesia diketahui terbilang cukup rendah. Berdasarkan data United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizatoin (UNESCO), di tahun 2016 Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara di dunia,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

Selain itu, Multazam menyampaikan, masih berdasarkan data UNESCO, hanya 0,001 persen atau 1 dari 1.000 orang di Indonesia yang rajin membaca.

“Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 menyebutkan tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia secara keseluruhan berada di angka 59,52 dengan durasi membaca 4-5 jam per minggu dan 4-5 buku per triwulan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Multazam mengatakan, pihaknya pun berharap, POLICE bisa membantu meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia ke depannya.

“Sudah 977 buku yang diberikan dan nantinya Insya Allah akan terus bertambah,” katanya.

Teranyar, Multazam mengungkapkan, pihaknya menerima hibah buku sebanyak 50 buah dari Yayasan Perguruan Rakyat 1.

“Kami dapat titipan 50 judul buku untuk dibaca dan memperkaya literasi di Pojok Literasi Cerdas Polsek Jagakarsa. Terima kasih kepada seluruh pengurus Yayasan Perguruan Rakyat 1 Jakarta,” ungkapnya.

Ke depan, Multazam menambahkan, Polsek Jagakarsa akan dijadikan sebagai sarana untuk interaksi sosial, ruang kreatifitas dan olahraga. Sebab, selain POLICE, di Polsek Jagakarsa juga saat ini telah ada sasana tinju.

“Ke depan, polsek kami proyeksikan agar menjadi social hub, creative hub, sport hub, sehingga orang-orang yang datang ke Polsek tidak hanya orang-orang yang memiliki masalah, membuat SKCK, kehilangan barang, tapi Polsek mencegah kejahatan dengan mengajak orang untuk mengejar prestasi dan berkegiatan positif,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMA Perguruan Rakyat 1 Achmad Dwi Nanto, menyampaikan terima kasih kepada Polsek Jagakarsa karena telah mau membantu untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama bagi anak-anak sekolah.

Selain itu, Dwi juga mengapresiasi langkah Polsek Jagakarsa yang telah membuat sasana tinju yang bertujuan untuk mengurangi aksi tawuran antar pelajar.

“Harapan saya, kami selalu bersinergi untuk memberikan dorongan kepada anak anak kita agar selalu dijalan yang positif,” katanya.

(DM)

Scroll to Top