Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Sempurna

Bagikan:

AshefaNews – Anda telah menemukan lowongan pekerjaan yang sempurna, dan merasa siap untuk melamar pekerjaan tersebut. Tetapi pertama-tama, Anda perlu menulis surat lamaran kerja. Lalu, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang benar?

Proses membuat surat lamaran kerja bisa jadi sangat sulit, tetapi mengikuti langkah-langkah sederhana ini bisa membuatnya jauh lebih mudah. Pastikan untuk mempersonalisasi surat Anda untuk perusahaan dan posisi tertentu yang akan dilamar, dan pastikan untuk mengoreksi kesalahan. 

Yang terpenting, pastikan untuk jelas dan ringkas, dan soroti kualifikasi dan pengalaman unik Anda. Ini mungkin tampak seperti tugas yang merepotkan, tetapi jangan khawatir. Kami di sini untuk membantu. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah menulis surat lamaran kerja yang akan membuat Anda menonjol dari yang lain. 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Kami akan memberikan beberapa tips tentang apa yang harus dilakukan atau dihindari, sehingga Anda dapat memastikan surat Anda rapih dan profesional. Siap untuk memulai? Mari kita mulai langkahnya!

1. Memahami Posisi Pekerjaan dan Meneliti Perusahaan

Bahkan sebelum Anda mulai menulis surat lamaran kerja, luangkan waktu untuk mempelajari posisi yang Anda lamar dan perusahaan yang akan dilamar. Ini berarti meluangkan waktu untuk membaca daftar pekerjaan serta memahami persyaratan dan tanggung jawab utama dari peran tersebut.

Ini juga berarti meneliti perusahaan dan memahami nilai-nilai dan pernyataan misi mereka. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat membuat surat yang selaras dengan apa yang dicari perusahaan, dan menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik pada peluang tersebut.

2. Menulis Pendahuluan yang Menarik

Saat menulis surat lamaran kerja, sebaiknya menarik perhatian pemberi kerja sejak awal. Ini berarti memulai dengan pengantar yang kuat yang menarik minat mereka dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut.

Pendahuluan Anda harus singkat tetapi mudah diingat, dan harus mengatur nada untuk sisa surat lamaran pekerjaan yang dibuat. Penting juga untuk spesifik dan relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya, Anda bisa menyebutkan bagaimana Anda menemukan lowongan tersebut, atau bagaimana keterampilan dan pengalaman yang dimiliki membuat Anda sangat cocok untuk peran tersebut.

Apa pun yang Anda lakukan, jangan hanya mengulang-ulang resume Anda. Pemberi kerja sudah memiliki informasi itu, jadi fokuslah pada penulisan surat yang menunjukkan kepribadian Anda dan mengapa Anda bersemangat tentang peluang kerja tersebut.

3. Menguraikan Kualifikasi dan Keterampilan Anda

Ketika Anda menyusun surat lamaran kerja, penting untuk memastikan bahwa Anda mencantumkan kualifikasi dan keterampilan dalam format yang mudah dibaca. Dengan cara ini, manajer perekrutan dapat dengan cepat melihat apa yang Anda tawarkan.

Mulailah dengan menjelaskan kualifikasi Anda: gelar atau ijazah yang Anda peroleh, tahun-tahun pengalaman yang Anda miliki, dan lisensi atau sertifikasi apa pun yang mungkin dimiliki. Jika Anda memiliki keterampilan khusus-seperti kemampuan bahasa asing, keterampilan komputer, atau kemampuan menulis kreatif. Pastikan untuk mencantumkannya juga di surat.

Berikutnya, soroti keahlian Anda. Di sinilah Anda berbicara tentang kemampuan yang membuat Anda sangat cocok untuk lowongan pekerjaan tersebut. Apakah Anda seorang pemecah masalah yang sangat baik? Seorang pemikir strategis? Seorang pemain tim? Pastikan untuk menyebutkan kualitas-kualitas ini dan bagaimana keahlian tersebut akan menguntungkan perusahaan jika dipekerjakan.

4. Menyoroti Pencapaian Anda

Ini adalah kesempatan untuk memamerkan pencapaian Anda seperti apa yang telah Anda raih selama menjadi bagian dari perusahaan sebelumnya. Menyoroti pencapaian yang sesuai dengan posisi yang dilamar akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan. L

5. Mengakhiri Surat dengan Ajakan untuk Bertindak

Setelah menyampaikan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar, selesaikan surat lamaran dengan mengatakan bahwa Anda akan menghubungi perusahaan untuk mendiskusikan apa yang telah Anda ketahui tentang pekerjaan itu.

Ajaklah mereka untuk bertindak dengan memberikan waktu yang pasti ketika Anda akan menelepon mereka, dan selesaikan dengan kalimat penutup yang formal. Sebagai contoh: “Saya akan menelepon perusahaan pada Senin pukul 10:00 untuk mendiskusikan apa yang telah saya ketahui tentang pekerjaan ini.”

Dengan mengakhiri surat dengan ajakan untuk bertindak, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda tertarik dan siap untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam proses lamaran kerja.

6. Mengoreksi dan Mengedit untuk Surat Lamaran Kerja Bebas Kesalahan

Setelah selesai menyusun dan menulis surat lamaran kerja, sebelum Anda mencetak dan mengirimkannya, sebaiknya Anda melakukan beberapa koreksi terlebih dahulu. Koreksi gramatikal dan tata bahasa akan membuat surat lamaran kerja menjadi lebih baik. Juga, periksalah kembali informasi yang Anda tulis untuk memastikan semua data yang diberikan adalah akurat. 

Yang terakhir, mintalah seseorang melihat surat lamaran kerja Anda untuk memberikan pendapat mereka. Dengan beberapa langkah ini, Anda dapat memastikan surat lamaran kerja yang sempurna!

Penutup

Demikian cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini bisa membuat prosesnya jauh lebih mudah. Pastikan untuk mempersonalisasi surat Anda untuk perusahaan dan posisi tertentu yang Anda lamar, dan pastikan untuk mengoreksi kesalahan. Yang terpenting, pastikan untuk jelas dan ringkas, dan soroti kualifikasi dan pengalaman unik Anda.

(GE – GUR)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top