Apa Tujuan Latihan Jalan Ditempat?

Bagikan:

AshefaNews – Ada banyak latihan yang bisa Anda lakukan di rumah, dan salah satu yang menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir ini adalah jalan ditempat. Bentuk latihan ini dikatakan memiliki banyak manfaat, tetapi apa sebenarnya manfaatnya? Dan apakah berjalan di tempat merupakan cara terbaik untuk mencapainya?

Jadi, apa tujuan berjalan di tempat? Sederhana saja, latihan jalan ditempat bertujuan untuk melatih otot kaki, menjaga kebugaran, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, serta memperkuat otot-otot.

Di bawah ini, kita akan menjelajahi tujuan berjalan di tempat dan apakah ini adalah latihan terbaik untuk Anda atau bukan.

Apakah yang dimaksud dengan Jalan di Tempat (WIP)?

Jalan di tempat atau WIP sebetulnya adalah langkah yang mudah dan murah untuk dilakukan. Tak heran, jika Anda melihat banyak orang di sekitar Anda yang sedang bergerak cepat dan meliuk-liukkan tubuh mereka, kebanyakan dari mereka sedang berlatih WIP.

Bagi Anda yang masih bingung apa itu WIP dan bagaimana cara melakukannya, artikel ini akan menjelaskannya secara lengkap.

Apa Saja Manfaat Jalan Ditempat?

Ada banyak alasan untuk berjalan di tempat sebagai olahraga. Pertama, ini sangat baik untuk kebugaran dan kesehatan kardiovaskular Anda secara keseluruhan. Tak cuma itu, latihan jalan ditempat bertujuan untuk melatih otot-otot kaki dan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Berjalan di tempat juga merupakan cara yang bagus untuk membakar kalori, menurunkan berat badan, dan meningkatkan suasana hati Anda. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan di tempat bisa sama efektifnya dengan bentuk latihan lainnya dalam hal membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Jadi, jika mencari latihan yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa peralatan khusus, latihan jalan di tempat adalah pilihan yang bagus.

Apa Saja Jenis-Jenis Latihan Jalan Ditempat ?

Ada banyak jenis latihan berjalan di tempat yang berbeda yang dapat membantu dalam berbagai hal.

Misalnya, salah satu jenisnya adalah Wall Sit Walking in Place Exercise. Latihan ini membantu memperkuat otot paha depan dan glutes. Jenis WIP lainnya adalah Boxer’s Walk. Latihan ini membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Ada juga banyak jenis latihan WIP lainnya, yang semuanya memiliki manfaat yang berbeda.

Cara Melakukan Latihan Jalan Ditempat

Ketika siap untuk memulai, Anda akan melangkah maju dengan kaki kiri dan mengangkat kaki kanan Anda sehingga telapak kakinya berada setinggi perut Anda. Jalanlah dengan mengangkat dan menurunkan kaki seperti biasanya, tetapi hindari menyentuh lantai di depan. Anda bisa mulai latihan dengan waktu yang singkat dan kemudian meningkatkan lamanya ketika sudah terbiasa.

Tips Latihan Jalan Ditempat yang Efektif

Ingin mendapatkan sebagian dari manfaat dari jalan, tapi tidak tahu bagaimana memulainya? Ini adalah beberapa kiat untuk membuat WIP lebih efektif sehingga Anda dapat meningkatkan kesehatan dan kondisi fisik Anda.

  1. Mulailah dengan langkah-langkah kecil. Jangan langsung mencoba untuk mencapai target yang ditetapkan. Awali dengan beberapa menit dan perlahan-lahan naikkan target Anda setiap minggunya.
  2. Taruhlah tangan Anda di tempat yang nyaman. Jangan sampai terlalu lebar atau terlalu rapat, namun pastikan untuk tidak menarik otot-otot pergelangan tangan.
  3. Gunakan sepatu yang nyaman. Jangan menggunakan sepatu dengan tali yang terlalu ketat atau sepatu dengan hak tinggi. Pilihlah sepatu dengan tali yang longgar dan hak rendah agar tidak menyebabkan sakit pada betis Anda.
  4. Buatlah gerakan yang alami. Pastikan untuk tetap berada dalam gaya jalanmu sendiri, bukan meniru orang lain di sekelilingmu.

Ada banyak alasan mengapa orang mungkin memilih untuk melakukan latihan berjalan di tempat. Mungkin Anda tidak punya waktu untuk pergi ke gym, atau mungkin cuaca sedang buruk dan tidak bisa berjalan-jalan di luar. Apa pun alasannya, berjalan di tempat adalah cara yang bagus untuk berolahraga dan tetap bugar. Pastikan Anda fokus pada bentuk dan postur tubuh yang tepat untuk menghindari cedera.

(GE – GUR)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top