Apa perbedaan antara pubertas pada anak laki-laki dan perempuan?

Bagikan:

AshefaNews – Meskipun ada beberapa kesamaan antara bagaimana anak laki-laki dan perempuan melewati masa pubertas, ada juga beberapa perbedaan utama. Pertama, anak laki-laki biasanya memulai pubertas lebih awal daripada anak perempuan, dengan kebanyakan dari mereka mengalaminya antara usia 10 dan 14 tahun. Anak perempuan, di sisi lain, biasanya mulai pubertas antara usia 12 dan 16 tahun. Perbedaan utama lainnya berkaitan dengan hormon. Selama masa pubertas, anak laki-laki mengalami lonjakan testosteron, sementara anak perempuan mengalami lonjakan estrogen. Perbedaan hormon inilah yang menyebabkan perubahan fisik yang berbeda yang dialami anak laki-laki dan perempuan selama masa pubertas. Jadi, apa artinya semua ini bagi Anda? Jika Anda adalah orang tua dari seorang anak yang memasuki masa pubertas, penting untuk menyadari berbagai hal yang mungkin dialami putra atau putri Anda. Dan jika Anda sendiri adalah seorang remaja yang sedang mengalami pubertas.

Perubahan fisik yang terjadi pada masa pubertas

Pubertas adalah proses pematangan seksual dan ditandai dengan perubahan fisik pada tubuh. Anak laki-laki dan perempuan mengalami perubahan yang berbeda selama masa pubertas, tetapi ada beberapa kesamaan juga.

Untuk anak laki-laki, pubertas biasanya dimulai antara usia 10 dan 16 tahun. Tanda pertama pubertas pada anak laki-laki biasanya adalah peningkatan ukuran testis. Hal ini diikuti oleh perubahan lain seperti pertumbuhan rambut kemaluan, pertumbuhan penis dan skrotum, pendalaman suara, dan perkembangan otot. Anak laki-laki juga mengalami lonjakan pertumbuhan selama masa pubertas, yang dapat menyebabkan mereka lebih tinggi dari teman sebayanya.

Untuk anak perempuan, pubertas biasanya dimulai antara usia 8 dan 13 tahun. Tanda pertama pubertas pada anak perempuan biasanya adalah perkembangan payudara. Hal ini diikuti dengan perubahan lain seperti tumbuhnya rambut kemaluan, pelebaran pinggul, dan mulainya menstruasi. Anak perempuan juga mengalami percepatan pertumbuhan selama masa pubertas, tetapi seringkali kurang menonjol dibandingkan anak laki-laki.

Usia dimana pubertas dimulai

Usia rata-rata pubertas pada anak perempuan adalah 10-14 tahun, tetapi dapat dimulai sejak usia 8 tahun. Untuk anak laki-laki, usia rata-rata adalah 11-15 tahun, tetapi bisa dimulai sejak usia 9 tahun. Jadi, ada sekitar 2-3 tahun di mana pubertas dapat dimulai untuk kedua jenis kelamin.

Perubahan psikologis yang terjadi selama masa pubertas

Pubertas adalah masa perubahan besar, tidak hanya secara fisik, tetapi juga psikologis. Untuk anak perempuan, ini bisa menjadi saat kebingungan dan emosi yang campur aduk. Di satu sisi, mereka mungkin merasa senang akhirnya menjadi seorang wanita dan semua yang diperlukan. Di sisi lain, mereka mungkin merasa cemas atau bahkan takut tentang semua perubahan yang dialami tubuh mereka. Mereka mungkin juga merasa minder atau malu dengan tubuh baru mereka.

Bagi anak laki-laki, pubertas sering dianggap sebagai masa kemenangan. Mereka mungkin merasa bangga akhirnya menjadi seorang pria dan semua yang diperlukan. Mereka mungkin juga merasa lebih percaya diri dan percaya diri saat tubuh mereka berubah dan tumbuh. Tentu saja, tidak semua anak laki-laki memiliki pengalaman pubertas yang sama. Beberapa orang mungkin merasa sama bingung dan tidak amannya dengan anak perempuan selama waktu ini.

Perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan selama masa pubertas

Pubertas merupakan masa terjadinya perubahan fisik, mental, dan emosional. Ini berbeda untuk setiap orang, dan bisa jadi sulit untuk dihadapi. Untuk anak laki-laki, pubertas biasanya dimulai antara usia 10 dan 16 tahun. Perubahannya bisa sangat luar biasa: tubuh Anda menjadi lebih besar dan rambut mulai tumbuh di tempat baru, suara Anda berubah, dan Anda mulai berpikir tentang perempuan (atau laki-laki) secara keseluruhan. jalan baru. Untuk anak perempuan, pubertas biasanya dimulai antara usia 9 dan 14 tahun. Anda mungkin melihat payudara Anda mulai tumbuh dan sakit, Anda bertambah tinggi, menstruasi Anda dimulai, dan Anda mungkin mulai memikirkan anak laki-laki (atau perempuan) dengan cara yang sama sekali baru. .

Pubertas bisa menjadi waktu yang membingungkan dan menakutkan bagi anak laki-laki dan perempuan. Tetapi penting untuk diingat bahwa semua orang mengalaminya – bahkan jika Anda merasa satu-satunya. Jika Anda merasa tersesat atau sendirian, bicarakan dengan orang dewasa terpercaya atau cari dukungan dari organisasi seperti Planned Parenthood.

Bagaimana menghadapi perubahan yang terjadi selama masa pubertas

Pubertas adalah masa perubahan besar, baik secara fisik maupun emosional. Mungkin sulit untuk menghadapi semua perubahan yang menyertainya, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya sedikit lebih mudah.

Untuk anak perempuan, salah satu perubahan terbesar adalah tubuh mereka. Mereka akan mulai menumbuhkan payudara dan menjadi lebih lengkung. Pinggul mereka akan melebar dan mereka akan bertambah tinggi. Semua perubahan ini bisa sedikit membingungkan dan berlebihan, tetapi ingatlah bahwa setiap gadis melewatinya dan Anda akan baik-baik saja.

Perubahan besar lainnya selama masa pubertas adalah menstruasi Anda. Ini bisa sangat menakutkan pada awalnya, tetapi sekali lagi, ingatlah bahwa setiap gadis pasti mengalaminya. Jika Anda tidak yakin apa yang diharapkan, bicarakan dengan ibu Anda atau wanita dewasa lain dalam hidup Anda. Mereka dapat membantu Anda dan menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki.

Untuk anak laki-laki, perubahan fisik terbesar adalah mereka akan mulai menumbuhkan rambut di wajah dan suara mereka akan semakin dalam. Mereka juga akan bertambah tinggi dan otot mereka akan mulai berkembang lebih banyak. Itu normal bagi anak laki-laki untuk merasa sedikit canggung selama waktu ini, tetapi ketahuilah bahwa semua orang mengalaminya dan Anda akan baik-baik saja.

Satu perubahan besar lainnya yang terjadi selama masa pubertas adalah bahwa anak-anak mulai tertarik pada kencan dan hubungan. Ini bisa menyenangkan tetapi juga membingungkan dan menakutkan. Santai saja dan jangan terburu-buru melakukan apa pun yang Anda belum siap. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah.

Kesimpulan

Pubertas adalah masa perubahan fisik dan emosional bagi anak laki-laki dan perempuan. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara kedua pengalaman tersebut. Misalnya, anak perempuan biasanya mencapai pubertas lebih awal daripada anak laki-laki, dan mereka juga mengembangkan payudara dan mulai menstruasi selama waktu ini. Anak laki-laki, di sisi lain, biasanya mengalami peningkatan tinggi dan massa otot selama masa pubertas. Selain itu, anak laki-laki akan mulai memproduksi sperma dan akan mulai melihat perubahan dalam suara mereka selama waktu ini. Pada akhirnya, meskipun ada beberapa perbedaan utama antara pengalaman pubertas anak laki-laki dan perempuan, keduanya mengalami perubahan signifikan selama masa ini dalam hidup mereka.

(ALN-Frns)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top