SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

9 Jenis Kertas Kartu Undangan Pernikahan Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Bagikan:

AshefaNews – Pengen cetak undangan pernikahan? Berikut ini 9 jenis kertas kartu undangan pernikahan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Pada umumnya, kartu udangan sudah menjadi hal yang penting bagi banyak orang untuk menghadiri berbagai acara salah satunya acara pernikahan, ulang tahun, maupun acara resmi yang menggunakan kartu undangan.  Oleh karena itu, kita perlu mengetahui jenis-jenis kerta undangan agar tidak salah pilih dan sesuai dengan kegiatan acara.

Penting banget untuk tahu jenis-jenis kartu undangan, agar sobat tidak salah pilih. Terutama, jika sobat ingin mengadakan acara pernikahan atau sebagai EO perlu mengetahui hal ini agar sesuai dengan keinginan kostumer.

Nah berikut ini beberapa jenis kertas kartu undangan yang bisa dijadikan referensi sobat-sobat ya.

  1. Art Paper

Art paper merupakan kertas yang memiliki permukaan yang mengkilap yang dilapisi dengan laminasi doff, glossy ataupun UV. Pada umumnya, art paper digunakan sebagai pelapis luar ataupun dalam hard cover undangan. Kerta tipe ini memiliki varian gramatur dari 85gr, 100gr, 120gr, hingga 150gr. Art paper ini merupakan salah satu kertas undangan yang biasa digunakan untuk undangan pernikahan.

  1. Matt Paper

Matt paper merupakan jenis kertas undangan yang sama dengan art paper, hanya saja terdapat perbedaan yakni jenis kertas ini tidak mengkilap seperti art paper. Matt paper biasa digunakan untuk mencetak majalah, karena dapat memberikan nuansa doff sehingga lebih terkesan elegan. Selain itu, kertas jenis ini lebih dapat menyerap tinta dibandingan dengan art paper. 

  1. Concorde paper

Concorde paper merupakan jenis kerta undangan yang memiliki ciri khas pada permukaannya, yang penuh dengan serat garis yang tidak beraturan. Concorde paper juga biasa digunakan sebagai isi undangan pernikahan dengan hanya satu warna cetak yaitu hitan dan putih sehingga memberikan kesan romantis yang tetap terjaga. Jenis kertas undangan concorde jika terlipat akan menimbulkan lipatannya.

  1. Samson kraft paper

Samson kraft paper merupakan jenis kertas undangan yang bisa kalian jadikan referensi untuk undangan pernikahan. Pada dasarnya, jenis kertas ini merupakan hasil daur ulang yang kemudian dimanfaatkan kembali. Samson kraft paper memiliki warna coklat kusam dengan tekstur kasar. Meskipun begitu, jenis kertas ini sangat manis dan terkesan romantis ketika digunakan untuk kartu undangan. Selain itu, jenis kertas udangan ini terlihat klasik dan sederhana.

  1. Linen Paper

Linen paper merupakan salah satu jenis kertas undangan yang biasa digunakan. Linen paper memiliki tekstur yang kasar dan terdapat garis-garis timbul yang tipis pada permukaannya. Kertas ini bersifat fleksible, sobat-sobat bisa mencetaknya dengan metode apa saja baik itu secara digital maupun manual. Dengan menggunakan jenis kertas undangan ini, kartu undangan akan terkesan unik dan memiliki karakter yang kuat sehingga terlihat begitu mewah. Linen paper terdiri dari beberapa varian gramasi, mulai dari 150gr hingga 230gr. Selain itu juga, kertas jenis ini biasa digunakan untuk membuat kartu nama. 

  1. Aster paper

Aster paper merupakan salah satu jenis kertas yang bisa sobat gunakan sebagai kartu undangan. Kertas undangan ini tergolong mahal karena memberikan kualitas yang sangat baik. Aster paper memiliki tekstur yang halus pada permukaannya. Jenis kertas undangan ini sangat cocok digunakan untuk undangan eksklusif.

  1. Jasmine paper

Jasmine paper merupakan jenis kertas undangan yang identik dengan tekstur bergliter. Hal ini yang membuat desain kertas undangan terlihat begitu cantik dan indah. Kertas jenis ini cukup tergolong murah namun kualitasnya terlihat begitu mewah.

  1. Art cartoon paper

Art cartoon paper merupakan jenis kertas undangan yang lebih tebal dibandingkan dengan art paper. Maka dari itu, sobat tidak perlu menambahkan hard cover jika memakai jenis kertas undangan ini. Harga art cartoon paper tergolong murah, serta kertas ini mudah dibentuk dan dikombinasikan dengan bahan undangan lainnya. Sehingga hasilnya akan lebih menarik, tidak heran jika kertas undangan ini menjadi favorit banyak orang. 

  1. Ivory paper

Ivory paper merupakan salah satu jenis kertas yang multifungsi. Kertas ini cocok untuk banyak situasi. Ivory paper memiliki permukaan yang halus, hal ini membuat mirip seperti kertas art cartoon. Namun,warna putih dari ivory paper  cenderung lebih gelap dan hanya memiliki permukaan yang halus pada satu sisi saja.

TIPS MEMBUAT KARTU UNDANGAN PERNIKAHAN

Dalam membicarakan perihal membuat kartu undangan pernikahan akan selalu berkaitan dengan desain kartu undangan, pasti tidak ada batasan karena begitu banyak desain yang dapat digunakan. Namun, kreativitas desainer yang akan menjadi batasan utama dan beberapa konsep desain yang banyak digunakan dibandingkan konsep desain lainnya. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membaut kartu undangan pernikahan dengan baik.

  1. Pastikan tema yang tepat

Ketika sobat ingin merancang undangan pernikahan, sebaiknya tentukan tema terlebih dulu dan disesuaikan dengan tema pernikahan yang akan diselenggarakan. Karena, banyak sekali tema undangan yang menarik dan unik. Jika sobat membuat kartu undangan tanpa konsep yang tepat, seunik maupun semenarik apapun kartu undangan yang dibuat akan sia-sia. Oleh karena itu, siapkan konsep yang sesuai tema agar selaras dengan acara yang akan diselenggarakan.

  1. Memilih vendor undangan yang tepat

Setiap vendor mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dalam membuat jenis undangan. Apabila sobat tidak memiliki banyak waktu untuk membuat kartu undangan, pilihlah vendor yang berlokasi tidak jauh dari rumah atau kantor agar mempermudah proses revisi jika ada yang kurang cocok ataupun mempermudah dalam pengambilan hasil kartu undangan. Selain itu, jangan sampai lupa ya sobat untuk memilih vendor kartu undangan yang terbuka untuk segala masukan atau perbaikan dari kamu sebagai klien.

  1. Memilih desain sesuai tema

Setelah Sobat menentukan tema yang tepat untuk pernikahan, kamu bisa pilih jenis desain undangan pernikahan yang sesuai tema. Nah, jangan lupa untuk memastikan pasanganmu suka dengan kartu undangan yang telah kamu pilih ya.

  1. Memilih jenis huruf pada undangan

Jika sobat telah menentukan desain kartu undangan yang tepat dan sesuai dengan tema, baru sobat bisa memilih jenis huruf pada undangan. Pilihlah jenis huruf yang mudah dibaca. Dan untuk memberikan kesan menarik, sobat bisa memilih variasi huruf-huruf yang terlihat agak sulit dibaca tetapi sebenarnya mudah dibaca. 

Pilih jenis huruf yang sederhana dan menampilkan kesan bersih, agar para calon tamu undangan lebih mudah dalam membaca informasi yang tertera pada kartu undangan.

  1. Pilih harga yang sesuai budget

Nah, tidak kalah penting juga untuk menyesuaikan budget yang dimiliki untuk membuat kartu undangan pernikahan. Dimulai dari harga yang murah hingga mahal. Namun, jika sobat tidak begitu masalah untuk mendapatkan hasil yang lebih berkualitas, sobat harus rela mengeluarkan dana lebih besar.

Selain tips dalam membuat kartu undangan, sobat perlu memperhatikan isi kartu undangan pernikahannya ya. Jangan format penulisannya salah. Salah satu format penulisan untuk kartu undangan pernikahan, sebagai berikut:

  • Mencantumkan nama lengkap kedua mempelai
  • Sesuaikan pelatakan paragraf
  • Perhatikan sapaan calon tamu undangan
  • Memberi informasi yang jelas perihal tempat dan waktu akad nikah hingga resepsi. 

Gimana sobat dari paparan di atas, semoga membantu sobat dalam membuat kartu undangan pernikahan ya. 

(GE – BUN)

Scroll to Top