SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

yuk Liburan Akhir Pekan Murah, Tarif Bus Jakarta – Jogja di bawah Rp 200 ribu

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Jelang akhir pekan, banyak masyarakat Ibu Kota mengisi waktu dengan beragam liburan. Destinasi wisata luar kota seperti Daerah Istimewa Yogyakarta, bisa menjadi pilihan menarik untuk mengisi waktu liburan di kala kesibukan kerja.

Pastinya tiap liburan kita harus pandai mengatur pengeluaran. Banyak masyarakat mencari cara untuk tetap hemat, namun agenda liburan tetap bisa terpenuhi.

Salah satu strategi tetap hemat, yaitu bijak memilih moda transportasi yang sesuai dengan kondisi keuangan kita.

Jogja memang menjadi destinasi wisata menarik bagi warga ibu kota. Mulai dari kuliner yang khas, pusat perbelanjaan tradisional, budaya hingga destinasi wisata alam yang menarik berada di Jogja.

Selain kereta api, bus menjadi alternatif untuk dijadikan moda transportasi untuk berliburan. Apalagi, bus saat ini sudah tergolong nyaman.

Banyak fasilitas yang ditawarkan sejumlah perusahaan otobus (PO), seperti fasilitas makan gratis, selimut dan bantal.

Tim AshefaNews merangkum beberapa PO, yang menyediakan tarif bus murah tak lebih dari Rp 200 ribu, dengan fasilitas cukup menarik untuk menjadi moda transportasi pilihan liburan akhir pekan, Kamis (24/11/2022).

Berikut ini jadwal, tarif dan pemberangkatan bus Jakarta – Yogyakarta:

1. MURNI JAYA

PO. Murni Jaya memang terkenal memilih segmen penumpang ekonomi menengah ke bawah. PO ini merupakan salah satu grup perusahaan dari Hiba Group, sama seperti PO. Ladju Prima dan Kurnia Jaya.

Bus Murni Jaya ini menjual tarif Rp 190 ribu dengan trayek Yogyakarta. Total tempat duduk yang disediakan ada 38 bangku.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain: gratis servis makan dan ketersediaan toilet, serta reclining seat.

Untuk pemberangkatan dari Jakarta, tersedia di Terminal Kalideres, Pluit, Grogol, Terminal Tanjung Priok, Pondok Pinang, Pulo Gebang.

Untuk jam pemberangkatan pada bus ini, dimulai pukul 16.00 hingga pukul 18.00 WIB.

2. AGRA MAS

PO. Agra Mas didirikan pada tahun 2003. Bus ini adalah salah satu operator bus antarkota yang melayani segmen antar kota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antar polisi (AKAP), yang mencakup 45 tujuan di seluruh Pulau Jawa.

Bus ini menawarkan tarif Rp 180 ribu untuk tujuan ke Yogyakarta dari Jakarta. Bus yang mengusung kelas VIP ini menawarkan layanan yang dapat kita peroleh seperti toilet di dalam bus, dengan konfigurasi 36 tempat duduk dan reclining seat, ruang khusus merokok, servis makan gratis, dan lubang catu daya untuk ponsel, bantal dan selimut.

Bus ini diberangkatkan dari beberapa titik pemberangkatan di Jakarta seperti Teluk Gong, Terminal Tanjung Priok, Terminal Grogol, Kapuk, Terminal Kalideres, Cengkareng, Pondok Pinang, Cilandak, Pasar Rebo, Bambu Apus, Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulogebang.

Untuk waktu pemberangkatan ada dua jadwal pagi dan sore.

3. SINAR JAYA

PO. Sinar Jaya berdiri pada tanggal 18 November 1982, yang beralamat di Jalan Diponegoro 75, Tambun, Bekasi.

Bus ini memang terkenal memberikan layanan tarif yang murah. Untuk perjalanan bus dari Sinar Jaya dari Jakarta tarifnya hanya Rp170 ribu dan Rp 180 ribu, untuk kelas Eksekutif AC dengan total 40 tempat duduk reclining seat tanpa toilet.

Ada juga kelas Eksekutif AC dengan harga Rp 200 ribu. Perbedaan fasilitas untuk kelas ini adalah: tersedia 32 tempat duduk reclining seat dengan leg rest, mendapatkan fasilitas makan gratis dan toilet.

Bus ini memiliki dua jadwal pemberangkatan, yaitu pukul 07.30 WIB dan 16.45 WIB. Bus ini diberangkatkan dari sejumlah titik di wilayah Jakarta seperti Terminal Tanjung Priok, Terminal Grogol, Terminal Kalideres, Lebak Bulus, Pasar Minggu, Terminal Pulogebang dan Terminal Kampung Rambutan.

4. ANINDYA YODHA

Meskipun tergolong baru, PO. Anindya Yodha juga melayani jalur bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Untuk perjalanan dari Jakarta menuju Jogja, bus ini memasang tarif Rp 180 ribu, dengan total tempat duduk 36 bangku dengan reclining seat. Fasilitas lain yaitu toilet dan ruang khusus merokok.

Bus ini diberangkatkan dari Terminal Grogol, Terminal Kalideres. Untuk jam pemberangkatannya, Bus Anindya Yodha diberangkatkan lebih malam, yaitu pukul 19.30 WIB.

5. SUMBER ALAM

Bus asal Purworejo, Jawa Tengah ini juga melayani tarif murah untuk armadanya. Karena PO. Sumber Alam memang memprioritaskan penumpang dengan ekonomi menengah ke bawah.

Untuk tarifnya Bus Sumber Alam membanderol tarif Rp 165 ribu. Dengan total 28 tempat duduk reclining seat non toilet.

Dan yang kedua dengan tarif Rp 185 ribu per tempat duduk. Fasilitas yang ditawarkan untuk kelas ini antara lain: toilet, 36 tempat duduk dengan reclining seat,  ruang khusus merokok, dan lubang catu daya ponsel.

Bus ini memiliki jadwal pemberangkatan pagi dan sore. Untuk titik awal pemberangkatan ada di Terminal Tanjung Priok, Terminal Grogol, Terminal Kalideres, Terminal Lebak Bulus/ Pondok Pinang, Pasar Rebo, Terminal Pasar Minggu, Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulogebang.

6. DIENG INDAH

PO. Dieng Indah adalah perusahaan yang terkenal melayani rute dari Wonosobo ke berbagai daerah di Pulau Jawa. Selain itu harga tiket bus ini terbilang murah. Bus ini juga melayani trayek Jakarta – Jogja.

PO ini mematok harga Rp 190 ribu, dengan konfigurasi 50 tempat duduk reclining seat. Bus ini juga menyediakan servis makan gratis.

Bus ini berangkat pada sore hari. Dan diberangkatkan dari Terminal Lebak Bulus, Rawa Buaya, Kapuk dan Terminal Kalideres.

(RM – UT)

Scroll to Top