SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Wisata Wonogiri Yang Mencuri Perhatian Dunia Internasional

Bagikan:

AshefaNews – Seperti yang diketahui selama ini bahwasanya pariwisata Indonesia yang paling terkenal adalah Pulau Bali. Panorama alamnya yang eksotis mampu memikat hati siapapun untuk datang berkunjung. Namun siapa sangka, ternyata di Indonesia masih ada destinasi lain yang tak kalah indahnya. Diantaranya ada wisata Wonogiri yang mungkin namanya belum begitu dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Tapi beberapa tempat wisatanya mampu mencuri perhatian dunia.

Wonogiri sendiri adalah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kondisi alamnya masih sangat alami dengan udara sejuknya serta rimbunnya pepohonan hijau memenuhi kawasan hutannya. Banyak yang bilang wisata ini  bagaikan surga  tersembunyi karena tempatnya jarang terjamah tangan manusia. Hal tersebut dikarenakan masih ada sejumlah objek wisatanya yang belum terekspos ke publik.

Karena tidak begitu populer maka jumlah kunjungan wisatawan pun terbilang sedikit. Tetapi semenjak adanya media sosial membuat namanya mulai terangkat. Satu per satu turis lokal maupun mancanegara terus berdatangan memadati area wisatanya. Banyak yang bertanya-tanya tentang wisata apa saja yang ada di Wonogiri. Daripada Anda penasaran lebih baik simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Wonogiri yang Mendunia

1. Waduk Gajah Mungkur

Objek wisata Wonogiri pertama yang mencuri perhatian dunia ada Waduk Gajah Mungkur. Dari banyaknya tempat bisa dibilang wisata ini yang paling populer. Mencari lokasinya pun tidak terlalu sulit karena alamatnya berada di wilayah Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Semisal Anda kesulitan bisa bertanya pada penduduk sekitar. Hampir semua penduduk Sendang mengetahui akses rute menuju ke sana.

Harga tiket masuk Waduk Gajah Mungkur juga relatif terjangkau. Anda cukup membayar Rp10.000 untuk membeli satu tiket. Saat musim liburan tiba pasti banyak dipadati wisatawan lokal maupun luar daerah. Semua orang yang datang mempunyai keinginan untuk melihat secara langsung bagaimana keindahan danau buatan ini. Di mana sejauh mata memandang tampak luasnya perairan jernih berpadu dengan daratan yang menghijau.

Dari kejauhan pula wisatawan akan disuguhkan kemegahan gunung berselimut kabut tebal. Sangking indahnya pemerintah bahkan menetapkan Waduk Gajah Mungkur sebagai ikonnya pariwisata Wonogiri. Datang ke sini jangan hanya menikmati pesona alamnya saja. Coba juga beberapa wahana serunya seperti naik jet ski atau boat mengelilingi area danau. Rasakan embusan angin sepoi-sepoi sambil bersantai di atas perahu.

2. Museum Wayang Indonesia

Rekomendasi wisata Wonogiri yang patut Anda datangi selanjutnya ada Museum Wayang Indonesia. Tidak hanya hiburan saja yang akan Anda peroleh di tempat ini.  Namun ada juga sisi edukasinya yang mana pengunjung akan belajar tentang sejarah wayang di Indonesia. Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui mengingat benda ini merupakan warisan nenek moyang yang harus dijaga dan dilestarikan.

Museum ini memiliki koleksi wayang dari berbagai daerah yang lumayan banyak. Semuanya tertata rapi dalam sebuah etalase tertutup kaca tembus pandang. Tujuannya agar tidak ada siapapun yang bisa menyentuhnya sehingga keaslian  bentuknya tetap terjaga. Adanya Museum Wayang Indonesia secara tidak langsung menunjukkan bahwa Nusantara adalah negeri yang kaya akan kebudayaan.

Menariknya lagi wisatawan yang berkunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Anda bisa menjelajahi area museum dan menikmati semua fasilitas yang ada secara gratis. Untuk alamat lengkap dari Museum Wayang Indonesia terletak di Jalan Wonogiri – Pracimantoro KM.13, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. 

3. Air Terjun Girimanik

Wisata Wonogiri juga mempunyai panorama alam air terjun yang memukau. Namanya adalah Air terjun Girimanik yang berlokasi di Ngerapah, Setren, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, Jawa Tengah. Pengunjung yang datang hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 untuk membeli tiket masuknya. Dengan harga segitu Anda akan menemukan banyak sekali spot menarik yang bisa dijadikan latar belakang foto.

Nantinya pemandangan alam yang disuguhkan ada tiga air terjun dengan aliran air cukup deras. Pertama, ada pesona air terjun Manik Moyo yang memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter. Lalu yang kedua air terjun Moyo dengan ketinggian mencapai 30 meter. Dan terakhir ada air terjun Condromuyo yang terlihat begitu eksotis.

Suasana sekitar Air Terjun Girimanik sangat sunyi dan hanya terdengar suara kebisingan gemericik air yang sangat merdu. Nuansa seperti ini tentu saja membuat wisatawan merasa nyaman bersantai dalam waktu yang cukup lama. Apalagi udara di sekitarnya sungguh menyejukkan mata karena hadirnya tanaman hijau serta pepohonan rindang. Duduk santai  seorang diri disini seolah-olah wisatawan tengah menikmati area wisata pribadi.

4. Pantai Nampu

Selain wisata air terjun, Wonogiri juga menawarkan keindahan pantai. Hamparan laut biru bersanding dengan pasir berwarna putih adalah pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Siapa pun pasti akan langsung jatuh hati begitu melihatnya pertama kali di Pantai Nampu. Salah satu wisata Wonogiri nuansa Bali yang namanya sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia.

Karena keindahan alamnya wisata ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Banyak wisatawan lokal maupun luar negeri sering kali memadati Pantai Nampu. Tujuannya tidak lain hanya ingin bersantai atau sekedar jalan-jalan sambil berburu spot foto keren untuk menghiasi laman media sosial. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajaknya bermain di atas hamparan pasir putihnya yang bertekstur lembut.

Jika ingin menyambangi lokasinya wisatawan harus datang ke alamatnya di Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.  Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi kalau Anda ingin lebih cepat sampai. Naik angkutan umum butuh waktu sangat lama dan tarifnya juga agak mahal. Begitu tiba di Pantai Nampu terlebih dahulu Anda harus membeli tiket masuk sebesar Rp5.000.

5. Goa Putri Kencono

Wisata satu ini sangat cocok untuk Anda yang hobi berpetualang dan suka tantangan. Goa Putri Kencono merupakan wisata alam di Wonogiri yang menawarkan sensasi liburan ala penjelajah. Daya tarik utamanya terletak dari pemandangan stalaktit dan stalagmit yang ada di sepanjang lorong goa. Bentuknya menyerupai sebuah pahatan abstrak yang diukir oleh seniman handal.

Dinding Goa Putri Kencono yang berwarna jingga agak kecoklatan adalah spot terbaik untuk background foto. Tampilannya semakin indah apabila terkena pancaran sinar matahari dari luar. Seolah-olah dinding tersebut seperti mengeluarkan cahaya oranye yang begitu terang. Dijamin hasil foto Anda nanti akan kelihatan bagus dan berbeda dari yang lain.

Liburan ke wisata ini lebih baik menggunakan jasa pemandu profesional. Mengingat area dalam goa tergolong sangat luas sehingga siapapun akan dengan mudahnya tersesat. Bagi Anda yang berminat mengunjungi Goa Kencono Putri silakan datang ke alamatnya di Dusun Wonosobo, RT. 3 / RW. 1 Desa Wonodadi, Gunungan, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu bukan bahwasanya Wonogiri juga mempunyai tempat wisata domestik yang sama indahnya seperti Pulau Bali. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi salah satu objek wisata tersebut? Semisal belum punya kesempatan ke Bali mungkin wisata Wonogiri bisa jadi alternatifnya. Semoga liburan Anda menyenangkan dan jangan lupa membagikan informasi ini kepada kerabat ataupun teman.

(FR – Indri)

Scroll to Top