SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Wisata Ungaran yang Menawarkan Liburan Menyenangkan

Bagikan:

AshefaNews – Kalau liburan yang akan datang Anda mempunyai rencana berlibur ke Jawa Tengah, tidak ada salahnya mencoba destinasi wisata Ungaran yang beragam. Ungaran adalah jalur yang dilewati oleh pengendara dari  Semarang ke  Solo dan Yogyakarta. Kota ini juga terkenal dengan deretan rumah makan di sepanjang jalannya untuk singgah pengendara yang melintas. Maka jangan heran jika masyarakat menjulukinya sebagai kota seribu rumah makan. 

Ungaran juga terkenal dengan kuliner tahu bakso yang cita rasanya khas dan berbeda dengan daerah lainnya. Kemudian juga memiliki batik motif pecah yang menjadi ciri khas dan sering diburu oleh para wisatawan. Selain berbagai hal tersebut, Anda juga dapat menikmati liburan yang berkesan dengan mengunjungi berbagai obyek wisata ungaran. Dari wisata panorama yang indah, atraksi yang menguji adrenalin, wisata alam dan juga wisata sejarah.

Beragam Destinasi Wisata Ungaran yang Layak Dikunjungi

1. Gunung Ungaran

Rekomendasi yang pertama adalah gunung Ungaran yang sangat recomended untuk para pecinta alam.  Karena dapat camping dan menikmati panorama alam yang sangat indah di gunung berapi dengan tinggi 2.050 mdpl ini.

Tidak perlu takut terlambat atau datang terlalu awal karena gunung ini dibuka selama 24 jam. Sayangnya untuk naik ke atas gunung jumlah pendaki dibatasi hanya 85 orang saja. Harga tiket masuk ke gunung Ungaran juga sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp5.000 per orang.

2. Watu Gunung Ungaran

Lokasi wisata yang satu ini sangat recomended untuk yang berlibur bersama keluarga karena suasananya yang asri. Destinasi ini dilengkapi dengan kolam renang, danau buatan rumah joglo, tempat mancing dan restoran yang memiliki ornamen tradisional khas Jawa.

3 Curug Semirang

Curug atau air terjun Semirang yang berada di lereng Gunung Ungaran adalah tempat wisata ungaran yang sayang untuk dilewatkan. Namun untuk sampai di lokasi Anda harus melakukan trekking dengan jarak sekitar 500 meter dari area parkir.

Kelelahan perjalanan akan terbayar dengan berendam di kolam renang dengan air jernih berwarna kehijauan. Sensasi berenang di tengah hutan yang sejuk dengan dikelilingi pohon pinus tentu akan menjadi pengalaman yang berkesan seumur hidup.

Meskipun demikian, kalau anda ingin mencobanya maka harus tidak perlu datang terlalu pagi. Di sini waktu operasionalnya adalah pukul 08.00-17.00 WIB. Sehingga cukup leluasa bagi yang datang dari luar.

4. Curug Lawe Benowo Kalisidi

Curug Lawe Benowo Kalisidi adalah destinasi wisata Ungaran yang tak kalah menarik dibandingkan dengan curug sebelumnya. boleh kamu lewatkan. Tempat wisata ini juga populer dengan singkatan CLBK. Hal ini karena dua air terjun yang berdampingan di lereng Gunung Ungaran, yaitu Curug Lawe dan Curug Benowo.

Curug Lawe sendiri mempunyai ketinggian sekitar 30 meter sedangkan Curug Benowo sekitar 40 meter. Dengan lingkungan yang sangat asri dan masih terlindungi, maka kalau hoki Anda akan menemukan beragam fauna seperti kijang, lutung, dan kupu-kupu.

Anda yang senang berburu spot instagramable juga dapat menemukan jembatan romantis yang berupa jembatan kayu sepanjang kurang lebih 25 meter untuk spot foto. Jam operasional CLBK sendiri cukup pendek, dibuka dari jam 08.00-14.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp8.000 belum biaya parkir.

5. Rawa Pening

Rekomendasi wisata Ungaran hits selanjutnya adalah Rawa Pening yang merupakan danau alami dengan luas sekitar 2.670 hektar. Danau ini terletak di cekungan terendah lereng Gunung Ungaran, Telomoyo, dan  Merbabu.

Untuk menikmati suasana menyenangkan di tempat ini Anda hanya perlu mengeluarkan tiket untuk masuk seharga Rp2.500 per orang. Sayangnya permukaan danau yang indah ini sekarang dipenuhi oleh tumbuhan eceng gondok sehingga debit airnya semakin sedikit.

Meskipun demikian pemandangan indah di sekitarnya sangat menawan saat dinikmati dengan naik perahu sewaan. Harga sewanya juga tidak terlalu mahal, cukup membayar sebesar Rp30.000 saja untuk mengelilingi destinasi wisata Ungaran ini selama 40 menit.

Anda juga dapat menikmati kuliner yang lezat di rumah makan apung dan keseruan menaiki becak mini serta bebek air. Untuk berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini cukup leluasa karena jam operasionalnya pukul 08.00-21.00 WIB.

6. Bukit Cinta

Cukup dekat dari lokasi Rawa Pening ini, Anda dapat menikmati keindahan panorama perbukitan. Tepatnya di lokasi bukit Cinta yang menawarkan pemandangan langsung ke Rawa Pening yang dikelilingi bukit-bukit serta hamparan hijaunya pepohonan.

Selain keindahan alamnya yang menawan, Anda juga dapat mencoba berbagai wahana bermain, berkendara dengan perahu motor maupun bersantai di kursi taman. Dinamai sebagai bukit cinta karena kebanyakan pengunjungnya adalah pasangan.

7. Umbul Sidomukti Ungaran

Salah satu tempat wisata Ungaran yang menjadi favorit pengunjung adalah Umbul Sidomukti Ungaran. Umbul ini bisa dibilang merupakan sebuah tempat wisata yang mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. 

Mulai dari fasilitas camping ground, outbound, resort dengan kapasitas yang besar dan kafe di atas gunung. Bahkan disini juga terdapat taman renang alami yang memberikan sensasi berenang yang berbeda karena dapat sembari menikmati pemandangan alam kota Semarang.

8. Candi Gedong Songo

Destinasi satu ini bukanlah tempat wisata baru, melainkan peninggalan jaman sejarah yang cukup populer di kalangan wisatawan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Ungaran dan dapat ditempuh dengan 30 menit berkendara.

Masyarakat sekitar masih percaya bahwa Gedong Songo masih ada kaitannya dengan legenda tentang Hanoman yang menyelamatkan Dewi Sinta dari cengkeraman Rahwana. Sebagai komplek peninggalan candi bergaya Hindu pada abad ke-9 masehi, candi ini berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl.

Berada tepat di kaki gunung Ungaran, udara di destinasi wisata ini cukup dingin dan sejuk. Di sekitar candi ini juga terdapat deretan hutan pinus dan pemandian yang menawan dengan posisi di antara Candi Gedong III dan Gedong IV.

Diketahui pemandian ini mempunyai kandungan belerang yang cukup tinggi sehingga Anda dapat menghangatkan diri sembari berendam. Sehingga akan lebih sehat terutama yang mempunyai penyakit kulit juga dapat sembuh.

9. Vanaprastha Gedong Songo Park

Tidak terlalu jauh dari komplek Candi Gedong Songo ini Anda akan menyaksikan indahnya pemandangan pohon pinus. Tepatnya hamparan hijau yang menyejukkan hati ini berada di Vanaprastha Gedong Songo Park.

Di daerah yang berada di ketinggian 1.200 mdpl ini Anda akan menemukan 3 rumah kayu yang usianya sudah lebih dari 100 tahun yang bernama Villa Kenangan, Teratai, dan Cempaka. Spot menarik inilah yang membuat wisatawan penasaran dan ingin berkunjung ke tempat ini.

Anda juga dapat menikmati alam dengan berkemah atau piknik di sekitar destinasi wisata di Ungaran yang satu ini.  Karena cukup jauh dari kawasan kuliner, pertokoan dan warung, sebaiknya membawa bekal yang cukup.

Kesimpulan

Semoga beberapa destinasi wisata Ungaran diatas dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin berlibur dalam waktu dekat. Selain beberapa rekomendasi wisata domestik diatas masih banyak tempat seru lainnya di Ungaran yang wajib Anda explore bersama orang-orang terdekat.

(FR – Indri)

Scroll to Top