SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Pesona 5 Wisata Purwokerto yang sedang Viral Di Tahun 2023

Bagikan:

AshefaNews – Indonesia memang surganya para traveler yang hobi jalan-jalan. Panorama alamnya yang khas serta keramahan penduduknya selalu bisa mencuri perhatian turis asing. Namun sayang sebagian besar masyarakat luar hanya mengetahui wisata Bali saja. Padahal masih banyak objek wisata di wilayah lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya ada Wisata Purwokerto yang menyuguhkan keindahan alam berupa air terjun, pegunungan, dan perbukitan.

Purwokerto sendiri adalah wilayah yang masuk ke dalam jajaran kota besar di Jawa Tengah. Memang namanya tidak sepopuler Semarang, tapi di tempat ini terdapat berbagai macam tempat wisata kekinian yang sayang jika  terlewatkan. Anda akan menemukan kesenangan dan pengalaman liburan berkesan yang mungkin tidak terlupakan seumur hidup. Terlebih lagi baru-baru ini mulai banyak bermunculan wisata baru dengan konsep unik dan out of the box.

Jika kebingungan menentukan tempatnya silahkan baca artikel ini sampai selesai. Di sini Anda akan diberikan beberapa rekomendasi wisata terbaru yang tengah populer dan menjadi perbincangan hangat di media sosial. Tugas Anda sebagai seorang traveler hanya menyiapkan budget yang cukup serta kondisi fisik yang prima. Tanpa perlu berlama-lama lagi berikut daftar wisata Purwokerto yang sedang viral di tahun ini.

5 Wisata Purwokerto yang Sedang Viral 

Baturraden Adventure Forest

Bagi Anda pencinta liburan dengan nuansa petualangan maka wajib hukumnya mengunjungi Baturraden Adventure Forest. Salah satu tempat wisata Purwokerto yang mengusung konsep wisata alam ala hutan belantara. Di sini Anda bisa berperan layaknya  penjelajah profesional yang tengah menjelajahi hutan seorang diri. Benar-benar wisata yang sangat pas buat memperkenalkan anak-anak dengan dunia alam liar.

Liburan ke Baturraden Adventure Forest tidak hanya memperoleh hiburan semata. Melainkan ada juga sisi edukasinya tentang bagaimana cara belajar mencintai, merawat, dan melindungi alam. Untuk menikmati setiap keseruannya Anda harus membeli tiket masuk yang tersedia dalam paket wisata. Terdiri dari paket sungai, kabut, gunung dan petualangan hutan. Pilihlah paket tersebut sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Satu hal menarik dari wisata Baturraden Adventure Forest adalah pemandangan alamnya. Sejauh mata memandang wisatawan akan disuguhkan deretan pohon pinus yang memanjakan mata. Ukurannya terbilang cukup besar dan dipenuhi dedaunan rindang. Tidak perlu khawatir tersesat karena selama mengelilingi area hutan Akan ada seorang pemandu yang menemani Anda.

Curug Kembar Ketenger

Seperti halnya Provinsi Jawa Timur yang terkenal akan air terjunnya. Ternyata objek wisata Purwokerto juga mempunyai sejumlah pesona air terjun yang tak kalah memukau seperti Curug Kembar Ketenger. Kedengarannya mungkin masih sangat asing di telinga Anda. Sebab kawasan ini merupakan wisata terbaru di Purwokerto yang masih belum banyak orang mengetahui keberadaannya.

Lokasinya masih satu wilayah dengan Kebun Raya Baturraden , yaitu di Dusun Ketenger. Curug ini tidak memiliki ukuran yang terlalu tinggi seperti air terjun pada umumnya. Kurang lebih ketinggiannya hanya sekitar 7 meter saja. Meski terbilang mungil tetapi airnya begitu jernih hingga membuat ikan-ikan di bawah merasa nyaman mendiami kolam air terjunnya.

Beruntungnya saat memasuki area Curug Kembar Ketenger tidak ada biaya tiket masuk apapun. Wisatawan bebas menikmati keindahan alam dan fasilitas di dalamnya secara gratis. Tetapi jika Anda datang dengan membawa kendaraan maka wajib membayar biaya parkir. Tak perlu khawatir karena tarifnya masih cukup terjangkau dan tidak terlalu menguras isi dompet Anda.

Bukit Tranggulasih

Rekomendasi wisata Purwokerto satu ini masih satu wilayah juga dengan Baturraden. Nama tempatnya adalah Bukit Tranggulasih yang berlokasi di Windujaya, Kedungbanteng, Banyumas. Ini merupakan wisata terbaru yang banyak dikunjungi anak muda yang hobi camping. Kondisi alamnya yang sejuk dan jauh dari keramaian memang paling pas buat bersantai.

Tahukah Anda, dulu kondisi Bukit Tranggulasih tidak terawat sama sekali. Bahkan warga sekitar sampai enggan mengunjunginya. Namun setelah kawasan tersebut dibersihkan dan ditata ulang, kini telah berubah menjadi wisata populer di Purwokerto. Daya tarik utamanya terletak dari panorama alamnya yang mempesona.

Dari atas bukit Anda bisa melihat fenomena alam yang begitu menakjubkan. Mulai dari penampakan sunset di sore hari, sunrise di pagi hari, dan kumpulan bintang- bintang pada malam hari. Jangan lupa mengabadikan momen langka tersebut menggunakan kamera handphone. Setidaknya sewaktu pulang dari Bukit Tranggulasih Anda mempunyai sesuatu yang bisa dijadikan kenang-kenangan.

Bukit Bintang Baturraden

Selain Tranggulasih, masih ada bukit lainnya di Purwokerto yang jauh lebih indah. Yang mana panorama malam hari menjadi daya tarik utamanya. Langit pada saat itu berhiaskan rembulan  bersama  bintang-bintang kecil yang bersinar sangat terang. Lalu ada juga panorama kelap-kelip lampu kota dari deretan rumah warga. Semua itu hanya bisa Anda temukan di Bukit Bintang Baturraden.

Jika ingin melihat keindahan bukit ini maka Anda harus datang ke alamatnya di Jalan Pangeran Limboro. Namun sebelum itu pastikan sudah memakai pakaian yang hangat. Misalnya seperti jaket tebal atau sweter rajut. Karena hawa dingin di sekitar Bukit Bintang begitu menusuk saat malam hari.

Sebagai saran saja jangan liburan ke Bukit Bintang seorang diri dan sebisa mungkin ajak teman atau keluarga. Karena pada malam hari areanya sangat gelap dan cukup berbahaya. Jadi pastikan datang beramai-ramai supaya lebih aman.  Untuk memasuki area bukit setiap wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000. Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan yang diambil pihak pengelola.

The Village Purwokerto

Mau jalan-jalan ke Eropa tapi terkendala biaya yang terlalu mahal?. Tenang, alternatifnya Anda bisa mengunjungi objek wisata The Village Purwokerto. Sebuah tempat rekreasi keluarga yang menawarkan sensasi liburan ala  Benua Eropa. Mulai dari model bangunan, area taman, hingga sudut-sudut jalannya benar-benar mirip seperti negara aslinya.

Ada berbagai macam aktivitas yang bisa Anda lakukan di The Village Purwokerto. Pertama, mengambil beberapa foto di spot-spot kerennya. Kedua, menyusuri sungai dengan naik perahu. Ketiga, bermain bersama hewan-hewan lucu seperti memberinya makan atau menunggang kuda. Dan terakhir mencoba mengenakan pakaian tradisional khas Negeri Belanda.

Akses menuju lokasinya sangat mudah karena posisinya lumayan strategis. Yaitu beralamatkan di Dusun I, Rempoah, Kec. Baturraden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Wisatawan bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi jika ingin sampai lebih cepat. Kemudian untuk harga tiketnya sendiri hanya dikenakan biaya Rp20.000 per orang.

Demikianlah ulasan mengenai wisata Purwokerto yang mungkin bisa jadi referensi  liburan Anda. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat sekaligus berguna untuk Anda dan keluarga. Jangan lupa membagikannya kepada orang-orang di sekitar agar semakin banyak lagi yang mengetahui wisata domestik baru ini. Alhasil, kunjungan wisatawan mengalami peningkatan dan para pedagang yang berjualan juga memperoleh keuntungan. Selamat berlibur dan bersenang-senang.

(GE – Indri)

Scroll to Top