SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Wisata Edukasi Berikut, Bikin Liburan Si Kecil Akan Lebih Menyenangkan

Bagikan:

AshefaNews – Akhir pekan adalah  waktu yang paling pas buat Anda pergi berlibur bersama keluarga. Biasanya sebagian besar orang akan mendatangi objek wisata yang sekiranya aman untuk anak-anak. Selain itu tempat tersebut tidak boleh hanya menyuguhkan hiburan semata. Melainkan harus ada sisi edukasinya agar anak juga memperoleh pengetahuan. Terlebih mencari  wisata edukasi di Indonesia sekarang ini tidaklah sulit.

Hampir di setiap pelosok daerah sudah ada beberapa tempat wisata yang mengusung konsep hiburan sekaligus pendidikan untuk anak-anak. Ada yang berbentuk taman miniatur, kolam renang, taman spot foto, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda memilih objek wisata sesuai dengan minat dan bakat si kecil. Karena anak-anak itu akan merasa nyaman jika  berada di tempat yang disukainya.

Dengan mengunjungi wisata edukasi setidaknya Anda telah membantu si kecil melatih keahliannya serta memberikan pengalaman baru. Anda juga punya lebih banyak waktu untuk menjalankan peran sebagai orang tua. Mengingat kesibukan pekerjaan terkadang membuat Anda lalai dan tak bisa memberikan perhatian yang cukup. Mungkin beberapa tempat berikut  ini bisa merekatkan kembali hubungan antara orang tua dan anak.

Rekomendasi 5 Wisata Edukasi Untuk Anak-anak

1. Faunaland Ancol

Ingin si kecil mengenal berbagai macam jenis binatang secara langsung?. Mungkin wisata edukasi di Jakarta satu ini bisa jadi  solusinya. Anda bisa memperkenalkan anak-anak tentang kehidupan alam liar dengan mengunjungi Faunaland Ancol. Destinasi ini masih satu kawasan dengan objek wisata Ecopark Ancol. 

Untuk alamat lengkapnya ada di Jalan Lodan Raya Ancol, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Wisatawan bisa berkunjung ke sana setiap hari mulai jam 9 pagi hingga 5 sore. Akan lebih baik jika Anda datang lebih pagi agar terhindar dari kemacetan jalan. Sebelum memasuki areanya terlebih dahulu Anda harus membeli tiket sebesar Rp75.000 per orang.

Berdiri di atas lahan seluas 4 hektar membuat Faunaland Ancol mendapatkan julukan sebagai kebun binatang mininya Jakarta. Di dalamnya Anda bisa melihat berbagai jenis binatang seperti mamalia dan unggas. Misalnya seperti singa putih, aneka burung, dan kangguru. Tak perlu khawatir karena binatang di sini berada dalam kandang jadi tidak akan melukai wisatawan.

2. Jakarta Aquarium

Wisata edukasi Jakarta kali ini mengangkat cerita tentang kehidupan bawah laut. Pastinya Anda sudah kenal bukan dengan Jakarta Aquarium?. Sebuah tempat wisata yang memiliki akuarium terbesar di Indonesia. Lebih dari 3.500 spesies binatang laut bisa Anda lihat di sini. Ada yang berasal dari jenis akuatik dan nonakuatik. Menariknya lagi pihak pengelola mengizinkan pengunjung untuk menyentuhnya secara langsung.

Tak sampai di situ saja, pengunjung juga bisa memberinya makan dengan pakan yang sudah disediakan petugas. Sayangnya tidak semua hewan boleh disentuh. Hanya sebagian saja seperti bintang laut, penyu, meerkat, dan ular. Di sini pula Anda   bisa menyaksikan pertunjukan hewan-hewan laut yang super menggemaskan. Salah satunya ada atraksi pinguin, otter, dan binturong.

Jika ingin merasakan keseruan Jakarta Aquarium maka datanglah ke alamatnya di NEO SOHO Floor LG 101- LGM 101, Jalan S. Parman Kav 28, Jakarta Barat. Waktu operasionalnya mulai dari Hari Senin sampai dengan Minggu. Buka mulai Pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. Kisaran harga tiketnya antara Rp109.250 – Rp213.750. Memang sedikit mahal tetapi itu sebanding dengan fasilitas yang Anda peroleh.

3. Museum Layang-layang

Jika biasanya museum menyimpan benda-benda bersejarah, tetapi lain halnya dengan yang satu ini. Malahan yang akan Anda lihat adalah sekumpulan layang-layang beragam bentuk dan warna. Wisatawan mengenal tempat ini dengan sebutan Museum Layang-layang. Mencari lokasinya sangat mudah karena berada di Jalan H.Kamang No, 38, RT.08 / RW.10, Pd, Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. 

Pihak pengelola membuka wisata ini hampir setiap hari dari Pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiketnya pun sangat terjangkau dan ramah dikantong. Setiap orang cukup membayar Rp15.000 untuk satu tiket. Dengan harga segitu Anda sudah bisa melakukan beragam aktivitas di Museum Layang-layang.

Salah satunya melihat koleksi museum sambil belajar tentang sejarah layang-layang di Indonesia. Pengunjung pun juga boleh membuat layang-layang sesuai dengan kreativitasnya. Semisal belum bisa ada petugas yang akan mengajari dan membantu Anda. Saat pulang jangan lupa membeli suvenir  kerajinan tangan buatan warga sekitar.

4. Scientia Square Park

Selanjutnya ada jenis wisata edukasi yang menyuguhkan banyak permainan seru yang berada di alam terbuka. Kalau anak Anda suka sekali dengan tantangan maka ajaklah liburan ke Scientia Square Park. Di sana anak-anak akan  belajar hal-hal baru yang bisa mengasah kemampuan motorik sekaligus fisik. Jadi si kecil bisa  lebih aktif bergerak dan sering berinteraksi dengan teman  sebayanya.

Untuk anak-anak yang suka melihat fauna sudah disediakan  kebun binatang mini. Harapannya dengan penyediaan fasilitas tersebut si kecil bisa mencintai, merawat, dan mengasihi binatang. Dan bagi anak yang suka aktivitas olahraga bisa bermain di wahana panjat tebing, in-line skate, dan skate park. Tersedia pula O’Splash Water Playground untuk menyegarkan diri di kala cuaca sedang panas-panasnya.

Mencari lokasi Scientia Square Park tidak begitu sulit karena posisinya cukup strategis. Alamat lengkapnya sendiri ada di Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten. Wisata ini beroperasi di jam 08.00 – 19.00 WIB pada hari biasa. Sementara untuk akhir pekan mulai Pukul 07.00 – 19.00 WIB. Biaya tiket masuk per orang berkisar antara Rp45.000 hingga Rp95.000.

5. Planetarium

Teruntuk anak-anak yang bercita-cita ingin menjadi seorang astronot maka wisata Planetarium adalah tempat yang paling pas buat mengembangkan skill. Si kecil akan diajarkan banyak hal tentang kehidupan luar angkasa. Mulai dari mengenal planet-planet selain bumi, benda-benda langit, dan belajar tentang rasi bintang. Wisatawan juga disuguhkan pertunjukan teater yang menampilkan simulasi pergerakan planet dan bintang.

Planetarium merupakan wisata populer yang ada di Jakarta. Setiap harinya selalu ramai kunjungan wisatawan dari dalam kota maupun luar daerah. Rata-rata pengunjungnya adalah usia anak-anak sekolah seperti TK, SD, dan SMP. Biasanya para siswa datang secara berkelompok bersama guru-guru sekolahnya. Akses jalan menuju ke sana juga cukup mudah karena sering dilalui angkutan umum.

Lokasinya sendiri ada di sekitar kawasan Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, RT. 8/RW. 2, Menteng, Jakarta Pusat. Anda bisa berkunjung setiap hari mulai Pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Meskipun termasuk wisata populer tetapi harga tiketnya masih cukup terjangkau.  Tarif termurahnya dibanderol dengan harga Rp5.000 dan yang paling mahal Rp12.000.

Kesimpulan

Kelima wisata edukasi di atas sangat menarik, bukan? Anda tak perlu lagi  jauh-jauh ke luar negeri yang mana banyak menghabiskan dana tidak sedikit. Dengan harga tiket relatif terjangkau si kecil sudah terhibur dan yang terpenting mendapatkan pengetahuan baru. Serta pengalaman liburan domestik berkesan yang tak mungkin bisa dilupakan seumur hidupnya.

(FR – Indri)

Scroll to Top