SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Wisata Cianjur Kekinian yang Menjadi Favorit Anak Muda Buat Liburan

Bagikan:

AshefaNews – Usia muda adalah masa di mana seseorang punya rasa ingin tahu yang besar terhadap sesuatu. Khususnya jika ada berita viral mengenai tempat wisata baru, pasti anak muda yang paling terdepan dalam mencari informasinya. Beberapa tahun belakangan  Wisata Cianjur mulai diserbu para kaula muda. Sebab di sana banyak bermunculan destinasi baru yang tentunya mengusung konsep modern dan kekinian.

Secara administratif wilayah Cianjur terletak di Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berbatasan  langsung dengan Kabupaten Bogor dan Purwakarta. Kondisi alamnya sebagian besar dikelilingi oleh pegunungan hijau berkelok-kelok yang sangat indah. Maka tak heran jika kawasan ini memiliki sejumlah objek wisata alam yang tak terhingga. Terlebih pada musim liburan tiba akan banyak wisatawan lokal maupun luar negeri memadati area wisatanya.

Biasanya wisatawan yang datang ke Cianjur memiliki tujuan tertentu. Mulai dari berburu spot foto unik dan tak biasa untuk menghiasi halaman media sosialnya. Ada yang jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya. Serta mencicipi beraneka macam wisata kuliner yang enak-enak. Apapun itu yang jelas Cianjur patut diperhitungkan sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di Indonesia.

Rekomendasi Wisata Cianjur Favorit Anak Muda

Curug Ciismun

Tempat wisata Cianjur yang pertama ada air terjun bernama Curug Ciismun. Bagi yang belum tahu, ternyata wisata ini berdekatan dengan Kebun Raya Cibodas yang sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Untuk alamat lengkapnya berada di wilayah Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Mencari rute perjalanannya tidaklah terlalu sulit karena posisinya cukup strategis.

Setiap wisatawan yang datang ke Curug Ciismun harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 6.500. Sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan dengan budget minim. Dengan harga segitu Anda sudah bisa menikmati keindahan  air terjun yang memiliki ketinggian 1.275 mdpl. Di mana alam sekitarnya berhawa sejuk serta banyak pepohonan dan tanaman hijau yang mengelilingi tebing curamnya.

Green Apple Garden

Green Apple Garden termasuk wisata Cianjur terbaru yang paling banyak dikunjungi anak-anak muda. Tempat ini merupakan surganya para pencinta fotografi. Di sana banyak sekali spot-spot keren yang bisa dijadikan latar belakang foto. Selain itu ada juga fasilitas kolam renang yang dilengkapi berbagai macam wahana seru dan menantang.

Liburan di Green Apple Garden semakin nikmat dengan adanya bangunan vila mewah dan megah. Wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai tempat penginapan selama satu malam atau beberapa hari. Kehadirannya sangat membantu para pengunjung yang berasal dari luar kota. Dengan begini Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari hotel yang terkadang biayanya cukup menguras isi dompet.

Hampir setiap hari kawasan ini tak pernah sepi pengunjung. Pasti ada saja turis yang datang secara berkelompok  maupun seorang diri. Yang membuat Green Apple Garden menjadi wisata favorit adalah karena lokasinya berada di Jalan Mariawati No. 78, Sindangjaya, Cipanas, Cianjur. Di mana kawasan tersebut sangat mudah dijangkau oleh kendaraan umum maupun pribadi.

Curug Cikondang

Destinasi wisata Cianjur tidak hanya menyuguhkan Curug Ciismun sebagai wisata air terjunnya. Masih ada tempat lainnya yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Salah satunya ada Curug Cikondang yang berlokasi di daerah Wangunjaya, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Begitu memasuki areanya Anda akan melihat pemandangan alam berupa tebing-tebing besar yang dipenuhi pepohonan rindang.

Jika ingin mengunjungi Curug Cikondang harap siapkan fisik dan mental Anda. Karena perjalanannya tergolong cukup berbahaya dan menguras energi. Medan yang akan Anda lalui untuk mencapai lokasinya banyak dipenuhi bebatuan terjal. Oleh karena itu sebelum berangkat pastikan mengecek kesehatan Anda terlebih dahulu. Supaya dalam perjalanan nantinya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Jalan yang harus Anda tempuh memang tidak mudah dan sangat melelahkan. Namun begitu sampai di Curug Cikondang semua rasa lelah itu terbayarkan dengan  suguhan pemandangan alamnya yang bagaikan surga dunia. Udara sejuk, langit yang cerah, serta area perkebunan dan persawahan hijaunya sungguh memanjakan mata. Untuk merasakan semua kenikmatan itu Anda cukup membeli tiket masuknya sebesar Rp5.000. 

The Jhon’s Aquatic Resort

Kalau Anda bosan dengan nuansa alam pegunungan mungkin alternatifnya bisa liburan ke wisata pemandian.  Beruntung wilayah Cianjur memiliki The Jhon’s Aquatic Resort Cianjur yang sudah beroperasi lebih dari 10 tahun. Berdiri sejak tahun 2010 lalu dan kini  menjadi destinasi populer yang banyak mendapatkan kunjungan wisatawan berbagai kalangan.  Khususnya pengunjung yang berusia muda seperti anak-anak dan remaja.

Disini Anda bisa melakukan  berbagai aktivitas seru yang berhubungan dengan air. Misalnya saja menghabiskan waktu dengan berenang sambil sesekali meluncur di wahana perosotannya. Pihak pengelola telah menyediakan fasilitas kolam renang yang bisa dinikmati anak-anak hingga orang dewasa. Air yang digunakan pun terlihat jernih dan terasa sejuk begitu menyentuh badan. Dijamin si kecil akan ketagihan dan enggan keluar dari kolam renang.

Jika Anda kurang suka berenang cobalah melakukan aktivitas lainnya seperti paintball, naik ATV, dan flying fox. Supaya bisa menikmati semua fasilitas permainan tersebut dengan harga terjangkau sebaiknya beli tiket yang paket outbound. Saat mengunjunginya jangan lupa mengajak  anggota keluarga atau teman agar suasana liburan jauh lebih seru. Alamat lengkap The Jhon’s Aquatic berada di Desa Babakan Karet, Kampung Tangkil, Kecamatan Cianjur,  Cianjur, Jawa Barat. 

Curug Luhur

Sepertinya  air terjun paling mendominasi pariwisata Cianjur. Hampir di setiap sudut wilayahnya pasti Anda akan menemukan wisata ini. Selain dua Curug sebelumnya,  masih ada satu lagi wisata air terjun lainnya. Letaknya sedikit tersembunyi yang mana alamatnya di Jalan Pamoyanan, Batu Lawang, Kecamatan Cibinong,  Cianjur. Warga sekitar mengenal wisata air terjun ini dengan sebutan Curug Luhur.

Wisata ini memang belum sepopuler Ciismun dan Cikondang. Tapi tahukah Anda,  keindahan alamnya benar-benar menyerupai  air terjun yang ada di Bali. Airnya mengalir melewati bebatuan berundak hingga mengeluarkan suara gemericik yang sangat merdu. Saat mendengarkannya serasa pikiran menjadi lebih tenang dan rileks.

Curug Luhur adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menyendiri dan menjauhi keramaian. Karena jumlah wisatawan yang datang ke tempat ini masih tergolong sedikit. Jadinya Anda bisa bersantai tanpa adanya kebisingan dari pengunjung lain. Namun untuk memasuki areanya Anda akan dibebankan tiket masuk. Harga satu tiketnya hanya dibanderol Rp10.000.

Kelima wisata Cianjur di atas mungkin kedengarannya masih asing di telinga Anda. Namun anak-anak muda sangat menyukai tempat-tempat tersebut karena kondisinya masih asri dan alami. Dan yang terpenting harga tiketnya juga murah dan cukup bersahabat di kalangan pelajar atau mahasiswa. Kira-kira dari kelima wisata tersebut adakah yang menarik minat Anda?. Jika memang ada segera buat rencana liburan ke wisata domestik ini, jangan menunda lagi.  Sebagai saran saja jangan datang pas musim penghujan.

(GE – Indri)

Scroll to Top