SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Tips Wisata ke Dieng yang Perlu Anda Ketahui

Bagikan:

AshefaNews – Jika sedang mencari petualangan, pertimbangkan untuk bepergian ke Dieng. Dataran tinggi vulkanik di Jawa Tengah ini adalah impian para ahli geologi, dengan danau-danau yang menggelegak, kawah-kawah aktif, dan lanskap menakutkan yang pasti akan membuat iri para pengikut Instagram.

Bahkan sebelum menginjakkan kaki di Dieng, penting untuk melakukan riset dan merencanakan perjalanan. Dieng adalah tempat yang menawarkan segalanya, jadi pastikan Anda tahu apa yang ingin dilihat dan lakukan sebelum pergi.

Namun sebelum pergi, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Pada artikel berikut, Kita akan membahas tips wisata ke Dieng terbaik untukmu. 

Merencanakan Perjalanan Anda ke Dieng

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat merencanakan perjalanan Anda. Pertama, pastikan memiliki cukup waktu untuk menjelajahi semua yang ditawarkan Dieng. Kedua, bersiaplah untuk cuaca-suhu dapat bervariasi secara drastis, jadi bersiaplah untuk cuaca panas dan dingin. Ketiga, jangan lupa membawa kamera Anda! Dieng adalah surga para fotografer, dan Anda pasti ingin mengabadikan setiap momen perjalanan Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips wisata ke Dieng kamu ketahui, antara lain:

1. Apa yang Harus Dibawa dan Dipakai

Apa yang perlu Anda bawa saat bepergian ke Dieng? Tergantung pada jenis perjalanan yang Anda lakukan. Apakah berkemah? Mendaki? Atau mengunjungi candi?

Berikut adalah beberapa hal penting yang Anda perlukan untuk semua jenis perjalanan: sepatu yang nyaman, topi, tabir surya, obat nyamuk, botol air, makanan ringan, dan kotak P3K. Dan jangan lupa paspor dan visa (jika diperlukan) serta uang!

2. Tempat Menginap dan Makan

Menginap

Untuk Anda yang berencana untuk menginap di Dieng, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini. Pertama, carilah tempat menginap yang memiliki view indah ke Danau Dieng. Bagi anda yang ingin mencari penginapan murah, ada beberapa pilihan seperti losmen dan penginapan kecil di sekitar Danau Dieng. Selain itu, anda juga bisa menginap di kawasan wisata lainnya di Dieng seperti Kali Gandaki atau Candi Arjuna.

Makan

Dieng merupakan kawasan dengan beragam tempat makan. Selain warung kaki lima dan pedagang sayuran, Anda juga bisa menikmati masakan seafood di Pantai Telaga Warna atau masakan khas Jawa Tengah di Desa Wisata Sindoro. Jika ingin makan malam di tempat yang lebih elegan, Anda bisa mencoba Restoran Kawasa dan Warung Lesehan Sindoro.

3. Atraksi yang Harus Dilihat

Kamu sudah menentukan tujuan wisata? Dieng memiliki banyak atraksi yang menarik untuk dilihat. Pertama, datanglah ke Telaga Warna dan batu Wisanggeni. Telaga Warna memiliki air dengan warna-warna berbeda yang menakjubkan! Batu Wisanggeni di sini direpresentasikan sebagai ‘telaga surga’ yang didekatinya telaga ini.

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Gua Sikidang dan Candi Arjuna. Gua Sikidang merupakan gua alam dengan sepanjang kurang lebih 200m dan didalamnya terdapat banyak stalagtit serta stalagmit. Sementara Candi Arjuna adalah salah satu candi tertua di Dieng yang dibentuk dengan model tipe Jawa Barat pada abad ke-7 Masehi atau 8 Masehi.

Tak lupa juga untuk mengunjungi titik tertinggi Dieng yakni Puncak Sileri dengan ketinggian 2.093 mdpl yang menawarkan pemandangan indah. Disini kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset terbaik di Dieng!

4. Perjalanan Sehari Dari Dieng

Ketika waktu Anda di Dieng hampir habis, mengapa tidak melakukan perjalanan sehari untuk menjelajahi objek wisata terdekat? Sangat mudah untuk mencapai Ada Lautan Teh dan Gunung Sindoro, dua pemandangan paling populer di daerah ini. Anda juga dapat mengunjungi Telaga Warna, sebuah danau kawah dengan warna-warna indah dan pemandangan yang menakjubkan.

Sebuah kata peringatan: tidak peduli seberapa bersemangatnya Anda untuk menjelajahi daerah tersebut, pastikan untuk membuat rencana ke depan dan pastikan Anda tahu jam berapa harus kembali. Seperti halnya di mana pun, matahari terbenam lebih awal di daerah ini dan yang terbaik adalah jika kembali dengan aman di halaman hotel sebelum gelap. Rugi rasanya kalau tidak bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan di sini karena waktu yang terbatas!

5. Tips Keselamatan Penting

Penting untuk menyadari potensi risiko keselamatan saat Anda bepergian. Dieng pada umumnya merupakan tempat yang aman untuk dijelajahi, tetapi masih ada beberapa tips keselamatan yang perlu Anda ingat ketika bepergian ke sana.

Pertama dan terpenting, siapkan obat anti serangga. Dieng dikenal dengan ketinggiannya yang tinggi dan iklimnya yang lebih sejuk, sehingga serangga bisa sangat umum di sini. Bersiaplah dengan baju lengan panjang dan celana panjang serta penolak serangga yang baik untuk melindungi diri dari gigitan dan sengatan.

Penting juga untuk tetap terhidrasi selama perjalanan Anda ke Dieng dengan membawa banyak air kemasan. Ketinggian yang lebih tinggi berarti udaranya lebih kering, jadi pastikan sudah minum cukup sepanjang hari untuk mencegah dehidrasi.

Terakhir, jika Anda berencana untuk mendaki atau trekking di sekitar Dieng, pastikan membawa sepatu yang tepat dan berinvestasi dalam jaket segala cuaca untuk perlindungan tambahan terhadap hujan atau salju selama petualangan. Mengambil langkah-langkah pencegahan ini memastikan bahwa masa liburan di Dieng menyenangkan dan aman!

6. Pilihan Moda Transportasi

Untuk transportasi saat bepergian ke Dieng, ada beberapa pilihan. Yang paling mudah adalah menyewa mobil pribadi atau naik bus. Jika Anda ingin berkeliling dengan cepat, mobil pribadi adalah cara yang tepat karena mereka dapat membawa Anda ke sana hanya dalam beberapa jam.

Bus biasanya lebih terjangkau, tetapi akan memakan waktu lebih lama. Jika sedang mencari sesuatu yang lebih menantang, mengapa tidak mencoba menyewa skuter! Ini adalah cara sempurna untuk menjelajahi jalan berliku dan menikmati semuanya sesuai keinginan Anda. Pastikan berkendara dengan aman, mengenakan perlengkapan yang tepat dan mengikuti peraturan lalu lintas setempat!

7. Tips untuk Tetap Terhubung Saat Berada di Luar Negeri

Saat bepergian ke luar negeri, pastikan untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman di rumah. Tentunya hal ini bisa cukup sulit tanpa akses internet yang anda butuhkan. Oleh karena itu, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan solusi yang tepat untuk masalah ini.

Salah satu cara terbaik untuk tetap terhubung adalah dengan membeli kartu prabayar internasional saat berada di tujuan anda. Ini cenderung lebih murah daripada membelinya di rumah dan memberikan anda akses internet partikel cepat dan mudah di hampir semua negara di seluruh dunia.

Anda juga bisa mencari keluar jika ada wifi gratis di tempat-tempat yang anda kunjungi, atau bergabunglah dengan lodge atau hotel yang menawarkan akses wifi gratis bagi para tamu mereka. Sebagai gantinya, anda juga bisa mencari poin wifi publik gratis seperti cafe atau pusat perbelanjaan untuk mendapatkan sambungan online yang aman.

8. Cara Membeli Oleh-Oleh Dari Dieng

Siap untuk berbelanja? Dieng menawarkan berbagai macam barang cinderamata yang dapat Anda bawa pulang. Mulai dari kerajinan tangan tradisional seperti tembikar, ukiran kayu, dan perhiasan hingga tekstil dan kain bergaya Dieng.

Apa pun yang Anda beli, pastikan untuk menawar! Banyak tempat yang bersedia memberikan diskon jika bernegosiasi. Jangan takut untuk meminta harga yang lebih baik-semuanya adalah bagian dari pengalaman! Ditambah lagi, ini juga akan menghemat uang.

Hal lain yang mungkin bisa menghemat uang adalah berbelanja dalam kelompok; banyak toko yang bersedia memberikan diskon jika Anda membeli dalam jumlah besar. Trik lainnya adalah jika membeli beberapa barang dari toko yang sama, mintalah diskon keseluruhan untuk seluruh pembelian, Kita tidak pernah tahu kesepakatan seperti apa yang mungkin mereka berikan.

Penutup

Itulah tips wisata ke Dieng yang perlu dicatat apabila ingin liburan ke Dieng. Sebelum melakukan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng, jangan lupa untuk mempersiapkan semua hal penting yang dibutuhkan termasuk paspor, visa (jika diperlukan), tiket, uang, dan asuransi. Semoga perjalanan Anda aman dan menyenangkan!

(GE – GUR)

Scroll to Top