SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Stasiun Malang Kota Baru dan Penginapan Murah Di Dekat Stasiun

Bagikan:

AshefaNews – Sejak zaman Belanda, Kota Malang penuh dengan pemandangan pohon apel dimana-mana. Dan hal ini pula yang membuat Malang disebut sebagai kota Apel sampai saat ini. Jika anda tertarik untuk liburan di kota ini, maka anda tidak boleh melewatkan indahnya bepergian menggunakan kereta api.

Meskipun tidak secepat pesawat dan seindah pemandangan menggunakan kapal laut. Melakukan perjalanan menggunakan kereta api adalah salah satu hal terbaik, selain harganya relatif terjangkau, fasilitas charger dan akses internet adalah hal yang tidak mungkin anda dapatkan jika menggunakan kapal atau pesawat terbang.

Kota Malang sendiri memiliki 8 stasiun yang aktif beroperasi sampai saat ini. Namun, dilihat dari skala besar dan kecilnya hanya Stasiun Malang Kota Baru yang merupakan stasiun kelas besar tipe A. Luas bangunannya lebih dari 444 m atau kurang lebih empat kali lipat luas lapangan sepak bola standar FIFA.  

Stasiun Malang Kota Baru 

Stasiun Malang Kota Baru sendiri pertama berdiri sejak tahun 1870 yang mana kereta uap pada saat itu digunakan sebagai alat pengangkut hasil bumi dan perkebunan dari pedalaman Jawa Timur.  Sebelum akhirnya bangunan ini dirobohkan pada tahun 1930 dan kembali dibangun pada tahun 1940 dan resmi beroperasi pada tahun 1941. 

Berbeda dengan Stasiun Kota Lama yang merupakan bangunan peninggalan Belanda dengan kesan mistis yang sempurna. Stasiun Malang Kota Baru terlahir dari sebuah mahakarya J Van Der Eb dengan nuansa bangunan Eropa yang khas. Satu hal yang membuat stasiun ini berbeda dari yang lain adalah arsitektur kota ini bergaya kolonial modern atau biasa disebut dengan Nieuwe Bouwen yang mana ciri khas bangunannya berwarna putih. 

 Menurut sejarah, stasiun kota baru dibuat bertepatan dengan Perang Dunia II yang melanda Hindia Belanda. Kemudian dibangunlah terowongan bawah tanah dari satu jalur ke jalur lainnya guna menghindari serangan udara. Tidak hanya itu saja terowongan ini pun dibangun atas saran militer dengan berbahan dasar material yang tahan terhadap gas beracun dan bom. Inilah hal unik lainnya yang tidak ada di stasiun kereta api manapun.  

Saat ini stasiun Malang Kota Baru atau yang biasa disebut dengan Stasiun Malang beralamat di Jalan Trunojoyo No.10, Klojen, Kidul Dalem, Kota Malang, Jawa Timur 65111. Jika melihat sekitar stasiun, kawasan ini terbilang cukup strategis dengan letak Alun – Alun Bundar yang tidak begitu jauh dari stasiun ini. Kawasan SMA Tugu yakni SMAN 1 Malang, SMAN 3 Malang dan SMAN 4 Malang. Tidak hanya itu saja, gedung DPRD Kota Malang pun tidak jauh dari stasiun ini. Selain itu ada Balai Kota Malang, Pasar Klojen bahkan Markas Satuan Komando Daerah Militer ( Kodam)  V Brawijaya. 

Info Jadwal & Harga Tiket KA Malang

Dilansir dari laman resmi PT. KAI berikut jadwal keberangkatan serta harga kereta api stasiun Malang Kota Baru:

Jadwal keberangkatan serta harga kereta api stasiun Malang Kota Baru (Foto: Istimewa)

Untuk harga tiket kelas ekonomi  dimulai dari Rp. 62.000 – Rp. 220.000. Untuk kelas Eksekutif dan Bisnis dimulai dari Rp. 185.000 – Rp. 435.000. 

Penginapan Murah Dekat Stasiun

Setelah turun dari kereta, tentunya anda ingin segera merebahkan diri dan menikmati segarnya air dingin sebelum menikmati keindahan Zwitserland van Java. Yuk simak penginapan murah dengan berbagai kelas berbeda. 

1. Hotel Splendid Inn (Bintang 1)

Hotel yang beralamat di Jl. Majapahit 2-4 Malang Pusat ini berjarak 500 m dari stasiun Malang Kota Baru. Ada 20 kamar dengan fasilitas standar yakni, layanan kamar, kipas angin, kamar mandi dalam, jasa laundry, area parkir, WIFI, taman dan kolam renang. Harganya pun cukup ramah di kantong Rp. 135.000/malam.

Jika anda ingin menikmati indahnya pemandangan Monumen Tugu dan Malang Tourist Centre, hotel ini adalah pilihan tepat untuk menginap. Karena jarak yang ditempuh untuk mencapai titik kedua tempat itu terbilang cukup dekat. 

2. Hotel Malang (Bintang 1)

Masih tentang hotel bintang satu. Hotel ini beralamat di Jl. KH. Zainul Arifin 85-87 Malang Pusat. Jarak antara stasiun dan hotel ini kurang lebih 800 meter. Fasilitas hotel ini terbilang cukup lengkap dengan kamar ber AC atau kipas angin, TV sampai kamar bebas asap rokok. Untuk yang budget minim tapi ingin fasilitas memadai, Hotel Malang membuka harga Rp. 83.000/malam, harga yang cukup fantastis bukan? Anda juga bisa berjalan kaki ke Museum Brawijaya dan Tourist Centre. 

3. Hotel Margosuko Malang (Bintang 1)

Hotel Margosuko berjarak sekitar 700 meter dari stasiun. Meskipun begitu, hotel ini menjadi salah satu yang cepat penuh dibandingkan hotel kelas 1 lainnya. Lokasi hotel ini terbilang cukup strategis karena berada di tengah keramaian kota dan berdekatan dengan Matahari, Malang Plaza, Museum Brawijaya dan Tourist Centre membuat tarif hotel ini terbilang cukup mahal, mulai dari Rp. 200.000/malam sampai Rp. 275.000/malam. Meskipun begitu, fasilitas yang disediakan cukup lengkap dengan TV, AC, Kamar Mandi Dalam, Meja Tulis dan lain-lain. 

4. Hotel Pelangi (Bintang 2)

Kita berpindah ke hotel bintang 2 yang berada di Jl. Merdeka Selatan No. 3, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang. Jarak dari stasiun ke hotel ini kurang lebih 1 kilometer. Untuk jumlah kamar sendiri ada 75 kamar dengan fasilitas lengkap yakni, Kamar Mandi Dalam, WIFI, TV Led, Meja, Air Panas, Kopi, Gula, Teh dan 2 gelas kosong serta 2 botol air mineral ukuran sedang. 

Untuk fasilitas umum hotel ini cukup lengkap dari area parkir, kolam renang, taman, taman untuk anak-anak, sauna, coffe shop, restoran dan masih banyak lagi. Jika anda ingin menikmati fasilitas lengkap tersebut, maka anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 420.000 – Rp. 450.000 per malam, tentu saja harga segitu sudah termasuk sarapan untuk 2 orang. 

5. Hotel Emma Malang (Bintang 2)

Hotel bintang 2 yang berjarak 300 meter dari tugu ini menyediakan fasilitas lengkap seperti Springbed, Kipas Angin, Wastafel, Kamar Mandi Dalam, AC dan Kulkas. Tarif per malam untuk hotel ini adalah Rp. 150.000. Jika anda tidak mempunyai kendaraan, anda bisa berjalan kaki dari stasiun ke hotel ini. Tidak membutuhkan waktu lama, cukup lima menit saja. 

6. Hotel Gajahmada Graha (Bintang 3)

Salah satu hotel terbaik di Kota Malang dengan arsitektur yang cukup menarik dan mewah. Hotel ini beralamat di Jl. Dr. Cipto No. 17, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang. Jarak dari stasiun ke hotel ini adalah 1,1 kilometer. 

Dengan harga Rp. 300.000/ malam, fasilitas hotel ini sangat lengkap. Untuk fasilitas kamar ada Springbed, Bathtub, Lemari Besi, Mini Bar, Ruang Duduk, Telepon, Jubah Mandi, Kamar Mandi Dalam dan Perlengkapan Mandi Gratis, Alat Penyeduh Kopi dan Teh, AC serta  Layanan Kamar. Sedangkan, untuk fasilitas umum ada Area Parkir Aman, Pemandian Air Panas, WIFI, Kedai Kopi, Ruang Rapat, Layanan Pijat, Restoran, Transportasi Bandara, Kolam Renang, Koran, Laundry, Dry Cleaning, Hotel Bebas Rokok. 

Kesimpulan

Demikian penjelasan terkait Stasiun Malang Kota Baru yang dapat disajikan. Bagaimana? Tertarik untuk bepergian menggunakan kereta api? Silahkan kunjungi laman resmi PT. KAI untuk info lebih lanjut. 

(FR – Ryani)

Scroll to Top