SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Pesona PIK 2 yang Menawarkan Tempat Wisata Murah Kepada Warga Jakarta

Bagikan:

AshefaNews – Pantai Indah Kapuk atau PIK 2 merupakan tempat wisata baru  di Jakarta. Dulunya kawasan ini hanyalah sebuah pantai biasa yang letaknya dekat area perumahan. Namun sekarang sudah menjadi destinasi populer yang sering mendapatkan kunjungan wisatawan lokal.  Utamanya warga yang tinggal di sekitar area Jabodetabek. Bahkan ada juga para pelancong asing dari berbagai negara.

Beberapa tahun belakangan wisata ini tengah menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Lantaran kemunculannya yang  mendadak dan membuat sebagian orang merasa penasaran. Banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa yang menarik dari wisata tersebut?. Sama seperti pantai pada umumnya, di sini terdapat hamparan pasir putih dan pemandangan laut yang begitu memukau.

Meskipun lokasinya berada di pusat kota Jakarta yang super sibuk. Tetapi hal itu tidak mengurangi keindahan alamnya sama sekali. Bisa dibilang pesonanya hampir sama seperti pantai-pantai yang ada di Pulau Dewata, Bali. Wisata ini benar-benar tempat paling pas buat wisatawan yang ingin mencari angin segar. Berkat kehadirannya warga Jakarta tidak perlu  lagi mencari  pantai ke luar daerah.

Aktivitas Menarik Di PIK 2

Meskipun termasuk tempat wisata baru di Jakarta, tetapi kepopulerannya tidak kalah dengan wisata lainnya seperti Dufan, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah. Sejak awal pembukaannya hingga sekarang hampir tak pernah sepi pengunjung. Setiap hari kawasan ini selalu ramai dengan suara-suara tawa anak kecil dan orang dewasa. Kebanyakan wisatawan datang ke sini tidak lain karena ingin melakukan aktivitas berikut.

  1. Jalan-jalan Santai Di Tepi Pantai

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan di wisata PIK 2 adalah berjalan-jalan seorang diri di tepi pantai. Menikmati kelembutan pasir putih sambil bertelanjang kaki dan merasakan hembusan angin sepoi-sepoi yang menyentuh kulit. Nikmatnya lagi ada suara ombak laut menggulung-gulung begitu kerasnya hingga membuat jantung serasa mau copot. Semua kenikmatan itu rasanya mampu menghilangkan seluruh beban dalam pikiran.

Waktu paling pas untuk mengunjungi kawasan ini adalah malam hari. Biasanya pada saat-saat itu tidak terlalu banyak pengunjung yang datang. Sehingga Anda bisa menjelajahi setiap sudut pantai dengan lebih leluasa. Karena kalau sore pasti kondisinya ramai dan banyak suara-suara bising yang mengganggu. Entah itu  anak kecil, teriakan para penjual, atau bunyi klakson mobil pengunjung yang sedang mengantri untuk parkir.

  1. Menikmati Wisata Kuliner yang Enak-enak

Tidak jauh dari wisata pantainya pengunjung akan menemukan food street PIK 2 yang menjual aneka macam kuliner lezat.  Kebanyakan menu yang dijual oleh pedagang adalah makanan khas Nusantara. Mulai dari makanan berat, cemilan, seafood, hingga kudapan kekinian. Dijamin setelah Anda mencobanya pasti ketagihan dan mau tambah lagi.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan tidak sampai menguras kantong. Terlebih areanya  jauh dari sampah dan tertata rapi. Pengunjung pun bisa menikmati makanannya dengan nyaman dan tenang. Lalu pada malam harinya ada acara live music yang akan membuat suasana kian romantis. Maka jangan heran jika nantinya Anda akan menjumpai pasangan muda-mudi tengah makan malam  bersama.

  1. Bermain-main Pasir Bersama Anak-anak

Pantai di sini terkenal dengan pasirnya yang berwarna putih dan bertekstur lembut. Sehingga sangat cocok dijadikan area bermain anak-anak. Aktivitas ini bisa menjadi alternatif bagi orang tua dan anak untuk menghabiskan waktu bersama di pantai. Mengingat pihak pengelola tidak memperbolehkan pengunjung  berenang. Meskipun ombaknya cenderung tenang tetapi areanya tidak memadai.

Banyak permainan pasir yang bisa Anda mainkan bersama si kecil. Salah satunya membangun istana pasir yang bentuknya mirip seperti di negeri dongeng. Namun sebelum itu Anda mesti menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Diantaranya ada sekop kecil dan ember pasir. Anda harus membawanya sendiri dari rumah karena tidak ada tempat sewa untuk meminjam kedua peralatan tersebut. 

  1. Berolahraga Di Sekitar Pantai

Ternyata disini pula  pengunjung bisa berolahraga secara bebas. Beruntungnya pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang lumayan lengkap. Misalnya saja ada jalan khusus yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin olahraga joging. Dengan begitu wisatawan tidak perlu lagi berlarian di sekitar pantai dan pengunjung yang lain pun tak akan merasa terganggu.

Sementara jika sudah menjelang sore hari biasanya ada sebagian pengunjung yang bersepeda. Mengayuh pedal sambil ditemani pemandangan sunset yang memukau adalah pengalaman liburan yang tak terlupakan. Apalagi kalau bersepedanya bersama teman atau keluarga. Pastinya akan jauh seru ketimbang sendirian. Namun Anda harus meminta izin dahulu kepada petugas kalau ingin membawa sepeda ke tepi pantai.

  1. Berburu Foto Di Spot-Spot Unik

PIK 2 banyak menawarkan spot-spot foto unik dan Instagramable. Tentunya yang paling menonjol adalah pemandangan laut birunya. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pasir putih berpadu indahnya pantai utara. Serta berhiaskan atap langit yang dipenuhi segerombolan awan putih yang memiliki bentuk tak beraturan. 

Lalu spot lainnya ada kawasan China town yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Nuansa budaya Tionghoa sangat kental di sini. Anda bisa melihat dari desain bangunannya berwarna merah dan beberapa ornamen lampu lampion yang terpasang pada bagian depan. Di area ini  terdapat banyak spot yang bisa Anda jadikan objek foto. Salah satunya ada gerbang khas China dan Street Art.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk pantai PIK 2 tergolong murah untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Karena masih baru pihak pengelola belum membebankan pengunjung dengan biaya apa pun. Artinya wisatawan  bisa menikmati keindahan pantainya dan mempergunakan fasilitas yang ada secara gratis. Tetapi jika membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor maka harus membayar retribusi parkir yang telah ditentukan.

Fasilitas Umum

PIK 2 memiliki sejumlah fasilitas umum yang sangat lengkap. Seperti tempat parkir luas guna menampung kendaraan dalam jumlah banyak. Lalu ada toilet terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Serta mushola yang bisa dimanfaatkan pengunjung muslim sebagai tempat ibadah. Dan terakhir ada area food court untuk mengisi perut para pengunjung yang lapar.

Jam Operasional

Kawasan wisata ini beroperasi setiap hari mulai dari Senin sampai dengan Minggu. Namun jam bukanya hanya terbatas pada Pukul 15.00 hingga 21.00 WIB. Supaya Anda tidak terlambat sebaiknya berangkat dari rumah sekitar jam 10 atau 11 agar terhindar dari macet. Kalau perlu carilah rute yang bisa membawa Anda cepat sampai ke lokasinya.

Alamat Dan Rute Perjalanan

Wisata ini berlokasi di Jalan Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Apabila dari pusat kota hanya butuh waktu satu setengah jam jika kondisi jalan sedang lancar-lancarnya. Namun kalau pas macet pasti jauh lebih lama dan banyak menguras energi. Tapi Anda tak perlu khawatir, alternatifnya bisa naik Bus Transjakarta jurusan 1A dengan rute Balai Kota – PIK. Setelah turun lanjutkan perjalanan menggunakan ojek online.

Sebagai saran saja jangan liburan seorang diri. Lebih baik pergi dengan mengajak beberapa teman atau keluarga dekat yang tahu rutenya. Anda pun tidak akan tersesat dan cepat sampai ke lokasinya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang ingin liburan ke PIK 2.  Ingat, selalu jaga kebersihan dan patuhi setiap aturan yang berlaku. Selamat berlibur dan bersenang-senang. Nah itu dia pesoa pik 2 yang perlu kamu coba, berlibur di wisata domestik bersama keluarga.

(GE – Indri)

Scroll to Top