SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Dusun Semilir : Tempat Wisata yang Menyajikan hiburan Paket Komplit

Bagikan:

AshefaNews – Objek wisata di Jawa Tengah tidak hanya Lawang Sewu saja yang terkenal. Masih banyak tempat lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Beberapa tahun belakangan marak sekali bermunculan objek wisata baru dengan konsep yang unik dan tak biasa. Salah satu destinasi yang lagi viral sekarang ini ada Dusun Semilir. 

Konsepnya sendiri mengusung tema eco park yang merupakan gabungan dari wisata alam, edukasi, spot foto, dan hiburan. Dalam satu tempat sudah tersedia paket wisata super komplit. Tidak ada salahnya mengajak keluarga  untuk menghabiskan libur akhir pekan di sini. Apalagi harga tiket masuknya tidak terlalu mahal dan sangat ramah di kantong mahasiswa.

Wisata domestik ini belum lama beroperasi dan baru didirikan sekitar 2019 lalu. Meski usianya masih seumur jagung namun sudah mampu menarik wisatawan lokal hingga mancanegara. Setiap harinya pasti selalu penuh sesak pengunjung. Utamanya kalau memasuki tanggal-tanggal merah seperti hari libur nasional. Banyak orang yang suka destinasi ini karena keunikan yang dimilikinya.

Keunikan Wisata Dusun Semilir

Menjadi tempat wisata populer membuat Dusun Semilir hampir tak pernah sepi pengunjung. Banyak orang tertarik mengunjungi wisata ini karena ingin mengetahui hal menarik apa yang ada di dalamnya. Disini Anda bisa menemukan berbagai wahana permainan, spot foto, wisata kuliner, tempat berbelanja, hingga penginapan dengan harga terjangkau. Untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak keterangan di bawah ini.

Wisata Kuliner Sambil Melihat Panorama Alam

Dusun Semilir Semarang menyuguhkan sensasi menyantap makanan dengan ditemani pemandangan alam yang memanjakan mata. Kenikmatan seperti itu hanya bisa Anda temukan di pusat kulinernya bernama Gunungan Bar and Resto.  Pihak pengelola membaginya menjadi dua tempat, yaitu area outdoor dan indoor.  Pengunjung bebas memilih tempat duduk sendiri sesuai keinginan hatinya.

Menikmati makanan disini rasanya seperti tengah berada di surga dunia. Kelezatannya mampu menggugah selera makan seseorang dan saat menyantapnya hingga tak bisa terungkapkan dengan kata-kata. Terlebih pemandangan alamnya berupa pegunungan hijau berhiaskan langit biru bisa menghilangkan stres dalam sekejap.

Spot Foto yang Instagramable

Wisata Semarang Dusun Semilir mempunyai berbagai macam spot foto unik dan Instagramable. Sehingga sangat cocok dijadikan tempat untuk mengabadikan momen bersama orang tercinta. Yang pertama ada spot bernama Alun Eropa. Di dalamnya terdapat  bangunan rumah khas negara Inggris, Italia, Santorini, dan Prancis.

Spot yang kedua ada Alam Tirta yang menyuguhkan wisata alam layaknya hutan hujan tropis Amazon. Lalu yang ketiga ada Banyu Biru dengan konsep danau ala bohemian. Tempatnya sungguh menarik karena terdapat hiasan air mancur menari, tenda gazebo, dan bantal taman.  Dan terakhir spot Jembatan Senggol  bernuansa alam pedesaan yang masih alami lengkap dengan hembusan angin sepoi-sepoi.

Wahana Permainan Seru Dan Menantang

Ada banyak sekali wahana permainan yang bisa Anda mainkan bersama keluarga. Salah satu yang paling ikonik adalah perosotan Dusun Semilir. Tampilannya benar-benar mengundang perhatian para pengunjung karena memiliki warna-warna cerah menyerupai pelangi. Ketinggian lintasan seluncurnya kurang lebih sekitar 30 meter.

Menurut kabar burung yang beredar katanya lintasan berwarna oranye bisa membuat Anda meluncur lebih cepat ketimbang warna-warna lainnya. Namun hal itu belum tentu benar jika belum Anda mencobanya sendiri. Wahana lainnya yang tak kalah seru ada gondola, kolam renang, dan kereta wisata. Bagi para pecinta horor wajib hukumnya mengunjungi wahana rumah hantu yang terkenal angker.

Tempat Belanja Super Lengkap

Setelah puas menjelajahi area wisata dan mencoba wahana permainannya. Jangan lupa saat hendak pulang sempatkan waktu sebentar mampir ke area yang penuh nostalgia bernama Jalan Kenangan. Kawasan ini merupakan pusat oleh-oleh yang mengusung konsep street market. Anda akan melihat deretan toko berjejer rapi menjual aneka barang.

Biasanya barang yang dijual berupa makanan khas Semarang. Mulai dari jajanan tradisional, makanan berat, dan camilan kekinian. Adapun aksesoris wanita seperti sepatu, tas, topi, sandal, gelang, kalung, hingga pakaian. Tak ketinggalan pula berbagai jenis kerajinan tangan dengan desain yang unik.

Penginapan Dengan Harga yang Terjangkau

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir tentang masalah penginapan. Pihak pengelola telah menyediakan vila yang bisa Anda tinggali selama satu malam atau beberapa hari. Wisatawan mengenal penginapan tersebut dengan sebutan Dusun The Villas. Di dalamnya menyediakan berbagai jenis tipe villa dengan fasilitas super lengkap.

Sama seperti konsep spot foto Banyu Biru. Dusun the Villas juga mengusung tema bohemian tapi bergaya eksotis. Dan pastinya akan membuat liburan Anda jadi lebih berkesan dan tak terlupakan. Untuk menyewa satu kamarnya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Wisatawan cukup membayar kisaran harga antara Rp650.000 – Rp900.000 tergantung dari tipe kamar apa yang Anda pilih.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Dusun Semilir tidaklah terlalu mahal. Bahkan sering juga ada promo khusus saat event tertentu seperti di bulan Februari ini.  Rincian harganya bisa Anda lihat pada keterangan berikut.

  1. Tiket masuk reguler weekday : Rp30.000
  2. Tiket masuk reguler weekend : Rp40.000
  3. Perosotan sepuasnya weekday : Rp45.000
  4. Perosotan sepuasnya weekend : Rp55.000
  5. Pahe salju weekday : Rp70.000
  6. Pahe salju weekend : Rp90.000

Harga tiket  di atas hanya khusus  periode 1- 28 Februari 2023. Beli satu tiket gratis satu tiket kedatangan selanjutnya. Dengan masa berlaku tiket sampai 20 April 2023. Kalau untuk harga tiket masuk reguler normalnya kisaran Rp40.000 hingga Rp90.000.

Fasilitas Umum

Demi menunjang kenyamanan pengunjung selama di tempat wisata. Pihak pengelola telah menyiapkan sejumlah fasilitas umum yang memadai. Diantaranya ada area parkir, toilet, masjid, tempat merokok, klinik, mushola, ruang laktasi, ATM center, dan golf car. Bagi pengunjung disabilitas pun sudah disediakan fasilitas khusus seperti toilet dan kursi roda. 

Jam Buka

Anda bisa datang ke wisata ini setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu. Untuk jam operasional antara hari biasa dan akhir pekan agak sedikit berbeda. Kalau weekday buka dari Pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Sementara untuk weekend mulai dari Pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. 

Alamat Dan Rute Perjalanan

Mencari lokasinya sangat mudah karena letaknya berada di jalan utama dan tidak jauh dari pusat kota. Jaraknya kurang lebih sekitar 30 kilometer dari Semarang dan berdekatan dengan tol Bawean. Alamat lengkapnya ada di Jalan Soekarno-Hatta No.49, Kelurahan Bawean, Kecamatan Ngemplak, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Untuk menemukan rute perjalanan yang tercepat bisa memanfaatkan aplikasi google map.

Sekian ulasan mengenai Dusun Semilir Kali ini. Perlu Anda ketahui bahwa harga tiketnya tidak selalu sama dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi untuk mendapatkan informasi terbaru, Anda bisa mengeceknya melalui Instagram resminya dengan nama akun @dusunsemilir. Pastikan update terus agar tidak ketinggalan promo menarik setiap bulannya. Semoga bermanfaat dan selamat liburan.

(GE – Indri)

Scroll to Top