SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Destinasi Wisata Cirebon Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Bagikan:

AshefaNews – Selain terkenal dengan budaya keislamannya yang sangat kental. Ternyata wisata Cirebon juga memiliki sejumlah destinasi menarik seperti alam, sejarah, edukasi, taman bermain, dan masih banyak lagi. Beberapa diantaraNya sudah dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Jadi bukan penduduk lokal atau luar daerah saja yang memadati wisatanya. Melainkan ada juga sebagian turis asing dari berbagai negara.

Apalagi sekarang ini akses jalan menuju Kota Cirebon sudah sangat mudah semenjak dibangunnya Tol Cipali. Wisatawan pun bisa sampai ke tempat wisata  lebih cepat dan tidak perlu berjibaku dengan kemacetan. Namun sebelum liburan pastikan kondisi fisik Anda dan keluarga dalam keadaan sehat. Agar nantinya bisa menikmati  liburan dengan nyaman dan tanpa ada gangguan sama sekali.

Dan satu lagi cek mesin kendaraan  Anda apakah memungkinkan untuk dibawa berkendara ke luar kota atau tidak. Mengingat jarak tempuhnya lumayan jauh hingga berkilo-kilo meter. Jika semuanya sudah siap  tinggal berangkat ke tempat wisata domestik yang menjadi tujuan Anda. Kalau masih bingung mungkin bisa membuat bucket list terlebih dahulu. Isinya mengenai tempat-tempat wisata mana saja yang ingin Anda kunjungi.

5 Wisata Cirebon yang Lagi Hits

Wisata Cirebon yang dulunya kurang populer kini telah ramai dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Hampir setiap harinya selalu penuh kunjungan wisatawan. Ini semua berkat kehadiran media sosial yang secara tidak langsung membantu mempromosikan pariwisata Kota Cirebon. Kira-kira di sana ada tempat wisata apa saja ya yang lagi hits sekarang?. Untuk menjawab rasa penasaran Anda silahkan simak ulasan berikut ini.

Pantai Kejawanan

Wisata pantai tidak hanya ada di Pulau Bali saja.  Objek wisata Cirebon juga memiliki hal serupa. Salah satunya ada Pantai Kejawanan yang menawarkan pesona sunset maupun sunrise yang memukau. Meski kondisinya kurang terawat tetapi banyak penduduk sekitar yang menghabiskan liburan akhir pekan di sini. Ada yang hanya sekedar jalan-jalan sore saja. Ataupun duduk santai sambil menyeruput secangkir kopi hangat ditemani camilan lezat.

Selain bersantai masih ada aktivitas lainnya yang tak kalah seru. Misalnya berburu foto keren di spot lautnya yang mempesona.  Anda akan disuguhkan pemandangan berupa hamparan pasir putih yang menghadap langsung ke arah laut birunya. Jika hal itu dirasa kurang seru mungkin Anda bisa menjelajahi area Pantai Kejawanan dengan naik perahu motor. Tenang saja tarif sewanya tidak terlalu mahal, yaitu kisaran Rp15.000 – Rp20.000.

Desa Wisata Cikalahang

Jika Anda sudah puas menikmati keindahan pantainya. Jangan lupa juga mampir ke desa wisata Cirebon bernama Cikalahang. Pemandangan alamnya yang serba hijau membuat kawasan ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Daya tarik utama dari wisata ini adalah kuliner ikan bakarnya yang terkenal enak. Bahkan pihak pengelola mengizinkan para pengunjung menangkap ikannya sendiri.

Ikan hasil tangkapan tadi akan diolah menjadi santapan yang lezat. Begitu selesai dimasak Anda dan keluarga bisa memakannya  bersama-sama. Kenikmatannya semakin terasa dengan adanya pegunungan hijau yang bisa Anda lihat dari kejauhan. Terlebih udara di sekitarnya begitu sejuk karena ada hembusan angin sepoi-sepoi. 

Tak sampai disitu saja, masih ada daya tarik lainnya seperti wahana perahunya. Wisatawan bisa berkeliling area danau di Desa Wisata Cikalahang menggunakan perahu angsa sewaan. Lalu ada juga wahana kolam renang untuk para pengunjung yang hobi berenang. Bagi Anda yang ingin bersantai sudah disediakan area pondokan yang sangat nyaman.

Taman Sari Sunyaragi

Wisata Cirebon hits selanjutnya ada Taman Sari Sunyaragi yang terletak di Jalan Sunyaragi, Kec. Kesambi, Cirebon. Wisatawan bisa datang ke taman ini setiap hari antara Pukul 08.00 hingga 17.30 WIB. Dulu jumlah pengunjungnya masih terbilang sangat sedikit. Namun setelah pemerintah setempat melakukan pemugaran secara besar-besaran akhirnya ramai dikunjungi wisatawan dari semua kalangan. Khususnya anak-anak muda yang suka hunting foto.

Pemandangan alam di taman ini berupa rerumputan hijau yang dikelilingi pepohonan rindang lengkap dengan hiasan tanaman bunga warna-warni. Menurut penuturan warga sekitar, Taman Sunyaragi dulunya adalah tempat bermeditasi untuk para prajurit keraton atau pemuka kerajaan. Hal tersebut bisa terlihat dari sisa-sisa bangunan kuno mirip candi yang ada di sekitar taman. Yang mana oleh para pengunjung taman sering  digunakan sebagai objek foto.

Menariknya lagi setiap setahun sekali selalu diadakan pembukaan Festival Keraton Nusantara di Taman Sari Sunyaragi. Selain itu ada pula pergelaran musik dan sendratari yang semakin memeriahkan acaranya. Dan beberapa tahun belakangan pihak pengelola menyediakan wahana balon udara untuk menarik minat wisatawan agar jumlah kunjungan mengalami peningkatan. 

Hutan Plangon

Bagi Anda yang menyukai wisata bernuansa mistis bisa mengunjungi Hutan Plangon. Kalau dari pusat Kota Cirebon jaraknya kurang lebih hanya berkisar 3 kilometer. Dengan waktu tempuh sekitar 45 menit jika berkendara menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Untuk alamat lengkapnya ada di Jalan Bumi Babakan Indah, Cirebon.  Warga sekitar sering menyebut kawasan ini sebagai tempat keramat.

Konon katanya Hutan Plangon adalah tempat yang biasa digunakan oleh dua orang pangeran keraton untuk menyepi. Ada pula yang mengatakan bahwa jasad kedua pangeran tersebut bersemayam di hutan ini. Maka jangan heran jika wisatawan yang datang ke sini kebanyakan ingin berziarah. Selama berada di hutan harap berhati-hati karena banyak  kera-kera agresif.

Tapi tidak semua kera suka mengganggu, ada juga yang ramah dan mudah beradaptasi. Bahkan ada sebagian pengunjung yang mengajaknya berfoto bersama atau sesekali memberinya makan. Jika tidak ingin terjadi sesuatu hal yang membahayakan sebaiknya  selalu ikuti arahan petugas. Jangan  melakukan aktivitas tertentu tanpa bertanya terlebih dahulu.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Jangan hanya mengunjungi wisata alamnya saja. Cobalah sesekali liburan ke tempat bersejarah seperti Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Letaknya berada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan. Daya tarik wisata ini terletak dari  desain bangunannya yang masih  mempertahankan bentuk aslinya. Hal itu tampak jelas dari bagian atapnya yang tidak memiliki kubah seperti halnya masjid-masjid pada umumnya.

Meski dari luar tampilannya terlihat   sederhana dan biasa saja. Tetapi ada kisah istimewa dibalik pendirian Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Berdasarkan cerita sejarah yang berkembang di masyarakat sekitar. Konon pembangunannya banyak melibatkan tokoh-tokoh penting dari tiga kerajaan besar di Jawa. Diantara dari Kerajaan Majapahit, Cirebon, dan Demak. Bahkan untuk arsitektur masjidnya dirancang sendiri oleh Sunan Kalijaga.

Ada satu tradisi di Masjid ini yang masih dipertahankan hingga sekarang. Orang-orang biasa menyebutnya dengan sebutan tradisi Adzan Pitu. Di mana tujuh orang muazin mengumandangkan azan dengan sangat lantang secara bersamaan. Biasanya tradisi ini dilakukan saat hendak memasuki waktu shalat Jumat. 

Itulah wisata Cirebon yang mungkin keberadaannya masih belum banyak orang yang tahu. Dari kelima wisata tadi mana yang mau Anda kunjungi pertama kali?. Kalau waktunya memungkinkan akan lebih baik jika Anda mengunjungi semua tempat wisata tersebut. Namun pastikan dulu budget Anda mencukupi jika liburannya bersama keluarga. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat liburan.

(GE – Indri)

Scroll to Top