SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Wisata Pantai di Lamongan yang Cocok Buat Melihat Sunset

Bagikan:

AshefaNews – Bicara soal pantai memang tidak ada habisnya. Hampir semua orang  menyukai destinasi satu ini karena keelokan dan keindahan alamnya. Apalagi wisata pantai di Lamongan yang tidak perlu Anda ragukan lagi pesonanya. Di mana saat menjelang sore hari akan tampak panorama sunset yang memukau.

Lamongan  merupakan bagian dari wilayah  Jawa Timur yang memiliki luas perairan laut sekitar 902,4 kilometer persegi. Serta berada di antara garis pantai sepanjang 47 kilometer. Potensi alam yang luar biasa  ini menjadikan Lamongan mempunyai wisata pantai yang sangat banyak.

Dan beberapa tahun belakangan wisata pantai di Lamongan Jawa Timur mulai naik daun. Khususnya di kalangan anak muda yang punya hobi jalan-jalan-jalang dan traveling.  Berkat kepiawaiannya bermain media sosial, secara tidak langsung  telah ikut mempromosikan wisata pantai di Lamongan ke seluruh penjuru dunia. 

Wisata Pantai Di Lamongan Untuk Melihat Sunset

Biasanya tujuan orang-orang  datang ke pantai tidak lain karena ingin melihat panorama sunset di sore hari. Bahkan ada sebagian wisatawan yang rela menempuh perjalanan jauh demi menyaksikan momen langka tersebut. Dan dari semua objek wisata di Indonesia ternyata hanya Pantai Kuta Bali yang terkenal di kalangan turis asing.

Padahal  masih banyak wisata pantai di provinsi lainnya yang menyuguhkan keindahan sunset  serupa. Hanya saja kegiatan promosinya kurang digencarkan oleh pemerintah daerah. Salah satunya yang jarang terekspos media adalah beberapa tempat wisata pantai di Lamongan berikut ini.

Pantai Tanjung Kodok

Wisata pantai di Lamongan yang pertama adalah Tanjung Kodok. Seperti namanya, objek wisata ini banyak dikelilingi bebatuan cadas yang bentuknya menyerupai kodok. Dan dari situlah awal mula mengapa warga sekitar menyebutnya Pantai Tanjung Kodok. Destinasi satu ini menjadi favorit pelancong saat berkunjung ke Lamongan.

Pantai Tanjung Kodok menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Anda bisa melihat gulungan ombak menari-nari di atas atap langit berwarna kebiru-biruan. Suasana sekitar pantainya pun terasa sejuk karena ada hembusan angin sepoi-sepoi dari arah laut. Terlebih lokasinya berdekatan dengan taman bermain WBL (Wisata Bahari Lamongan).

Selain menikmati keindahan alam, Anda juga bisa menjajal beragam wahana permainan seru. Tapi sebelum itu siapkan nyali Anda karena wahana di WBL lumayan ekstrem. Menariknya   kawasan ini mempunyai  Menara berukuran besar yang biasa digunakan untuk mengamati hilal. Warga setempat sering menyebutnya dengan sebutan Menara Rakyat.

Panorama  Pantai Tanjung Kodok  menjelang sore hari jauh lebih indah ketimbang saat pagi hari. Dari arah barat pengunjung akan disuguhkan keindahan cahaya mentari berwarna kuning keemasan.  Untuk melihat keindahannya Anda harus datang ke lokasinya di Jalan Raya Paciran, Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Pantai Lamongan Kutang

Nama wisata pantai di Lamongan satu ini mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang. Meski begitu Pantai Kutang menjadi tempat paling pas buat melihat panorama sunset. Pihak pengelola telah menyediakan  fasilitas gazebo bambu yang bisa dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat bersantai. Letaknya berada  di pinggir jembatan  warna-warni.

Pesona Pantai Kutang hampir sama indahnya dengan Pantai Kuta di Bali. Panorama alamnya benar-benar bisa memanjakan mata wisatawan dengan laut biru memesona dan aliran ombak yang cukup tenang. Bersantai di sini seolah beban dalam pikiran pergi begitu saja dan badan terasa lebih rileks.

Pantai ini memang tempat paling pas bagi Anda yang ingin mencari ketenangan.  Terlebih kawasan sekitarnya banyak ditanami pohon Mangrove yang membuat udara sekitar bertambah sejuk. Lokasinya sendiri ada di Kentong, Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Pantai Brondong

Pantai Brondong memang tidak sepopuler Tanjung Kodok. Namun pemandangan alamnya juga sama indahnya seperti wisata pantai di Lamongan lainnya. Pengunjung yang datang bisa menyewa kapal tradisional milik warga setempat untuk berkeliling area sekitar pantai.

Saat menaiki kapal pengunjung bisa merasakan angin berhembus pelan menyentuh kulit wajah. Serta sesekali terkena cipratan air laut hingga membasahi pakaiannya. Selama menjelajah Pantai Brondong akan terlihat gugusan awan putih menghiasi langit biru yang sangat luas. 

Bisa dibilang Pantai Brondong masih jarang mendapat kunjungan wisatawan. Karena lokasinya agak tersembunyi dan susah juga untuk dijangkau. Tetapi itulah yang membuat objek wisata ini justru memiliki keunikan tersendiri dibandingkan tempat lainnya. Suasananya yang tenang pasti membuat siapa pun betah berlama-lama hingga lupa waktu.

Bagi pasangan yang baru menikah mungkin Pantai Brondong adalah tempat paling pas untuk menghabiskan waktu bersama. Di sini Anda bisa melihat panorama sunset bersama pasangan hanya berdua saja. Anda dan pasangan bisa menikmati suasana romantis tanpa adanya gangguan sama sekali. Alamat lengkap wisata ini berada di Kentong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Pantai Lorena

Pantai di Lamongan yang bagus selanjutnya ada Lorena. Letaknya sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi. Posisinya berada di pinggir Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Saat melewatinya banyak pengguna jalan yang berhenti sejenak hanya untuk sekedar melihat keindahannya.

Daya tarik  Pantai Lorena terletak dari terumbu karangnya yang berusia ratusan tahun. Ketika air laut surut akan terlihat bongkahan batu karang berwarna kecoklatan. Teksturnya sedikit kasar tetapi masih aman untuk pijakan kaki. Sebagai upaya antisipasi  Anda  tetap harus menggunakan alas kaki saat menapaki batu karang tersebut.

Wisata pantai di Lamongan ini sering mendapat kunjungan warga sekitar yang ingin mencari ikan. Peralatannya pun sangat sederhana dan menggunakan umpan seadanya. Pemandangan seperti ini biasa dimanfaatkan fotografer untuk mengambil gambar berlatar belakang keindahan Pantai Lorena.

Warga yang datang tidak semuanya mencari ikan. Ada  sebagian orang yang  duduk-duduk santai atau sekedar bermain air di tepi pantai.  Di tempat ini pula Anda bisa menyaksikan sunset begitu menjelang sore hari. Sejauh mata memandang terlihat Sang Surya meninggalkan persinggahannya secara perlahan-lahan.

Pantai Maldive Kemantren

Terakhir ada wisata Pantai Maldives Kemantren yang berlokasi di Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Ombaknya yang tenang membuat kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan.  Hampir setiap hari wisata ini tidak pernah sepi kunjungan bahkan di hari biasa.

Pantai Maldive mempunyai beberapa spot keren yang akan menjadikan hasil foto Anda tampak  Instagramable. Salah satunya ada jembatan bambu warna-warni yang letaknya ada di tengah-tengah laut. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang  laut biru dan kondisi langit yang cerah. 

Pesonanya semakin terpancar saat air laut tengah surut. Di mana terlihat batuan karang berjejer rapi menciptakan pemandangan alam yang eksotis. Bagi Anda yang ingin bersantai bisa memanfaatkan saung-saung di tepi pantai yang terbuat dari bambu. Warga Lamongan biasa menyebut gubuk tersebut dengan istilah branjang.

Wisata pantai di Lamongan ini menawarkan fasilitas yang lumayan lengkap. Mulai dari toilet, tempat ibadah, lahan parkir yang luas, dan wisata kuliner yang identik dengan makanan laut. Harganya menu makanan dan minumannya pun cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah. Bagaimana, wisata pantai di Lamongan tidak kalah kan dengan yang ada di Pulau Bali?. Malahan ada sebagian pantai yang jarang terjamah tangan manusia sehingga membuatnya masih terlihat begitu alami. Dan perlu Anda ketahui bahwasanya objek wisata seperti itu  menjadi incaran banyak orang yang ingin mencari ketenangan.

(GE – INDRI)

Scroll to Top