SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Wisata Edukasi Di Jawa Timur yang Aman Buat Anak-anak

Bagikan:

AshefaNews – Tak terasa akhir pekan akan segera tiba. Setiap orang pasti tengah membuat rencana liburan bersama keluarganya. Kalau bisa memilih tempat rekreasi itu yang ada sisi edukasinya. Selain liburan Anda juga bisa belajar hal-hal baru. Sekarang ini banyak sekali bermunculan wisata edukasi di Jawa Timur yang ramah anak.

Tempat wisata edukasi di Jawa Timur mempunyai beragam bentuk dan konsep yang unik. Ada yang mengusung tema satwa, transportasi, pertanian, perkebunan, museum sejarah, dan masih banyak lagi. Tapi tidak semua tempat wisata tersebut aman untuk anak-anak. Jadi sebelum pergi berlibur pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang keamanan di objek wisata tersebut.

Tujuannya   tidak lain demi menjaga buah hati Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena biasanya tempat umum  rawan tindak kejahatan. Semenarik apapun sebuah tempat wisata kalau keamanannya kurang terjamin pastinya membuat para pengunjung tidak nyaman dan  merasa was-was. 

Wisata Edukasi di Jawa Timur yang Ramah Anak

Apakah Anda merasa bingung mencari wisata edukasi di Jawa Timur yang ramah anak?. Tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini Anda akan diberikan beberapa rekomendasi objek wisata edukasi anak di Jawa Timur. Semuanya sudah terangkum dalam penjelasan sub bab berikut.

Mojosemi Forest Park

Anda ingin tahu bagaimana bentuk hewan dinosaurus yang sebenarnya?. Datanglah ke objek wisata Mojosemi Forest Park di Jalan Raya Sarangan Cemoro Sewu Km.5, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Wisata edukasi di Jawa Timur ini menawarkan sensasi bertualang sambil melihat-lihat replika hewan dinosaurus. 

Mojosemi Forest Park mengusung konsep alam terbuka dengan pemandangan alam yang memukau. Areanya banyak dipenuhi pepohonan hijau berukuran besar dan menjulang sampai ke atas langit. Pengunjung seolah-olah seperti tengah berada di hutan belantara yang sangat asing.

Wisata ini mempunyai wahana permainan yang sangat lengkap. Diantaranya ada Dinosaurus Park, outbond, dan glamping. Dari ketiga wahana tersebut yang menjadi favorit wisatawan adalah wahana Dinosaurus Park. Karena di dalamnya terdapat 20 replika dinosaurus yang memiliki bentuk seperti hewan aslinya.

Di wahana Dinosaurus Park pengunjung bisa belajar banyak hal tentang hewan dinosaurus. Wahana ini masih dibagi lagi menjadi tiga area, yaitu Taman Dino, Dino Hunter, dan Dino Show. Khusus untuk Dino Show hanya ada di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur Nasional. 

Kampung Susu Dinasty

Wisata edukasi di Jawa Timur yang kedua ini bergerak dalam bidang peternakan. Khususnya dalam pengolahan susu sapi menjadi produk siap jual. Dulunya Kampung Susu Dinasty hanyalah  peternakan sapi biasa. Dan  pada tahun 2013 berkembang menjadi tempat yang memproduksi susu sapi pasteurisasi.

Karena keuntungan yang diperoleh tidak terlalu besar,  pihak pengelola terpaksa memutar otak agar peternakan ini bisa tetap beroperasi. Akhirnya tercetuslah ide membuat wisata pembelajaran “Kampung Susu Dinasty”. Di mana pengunjung yang datang bisa belajar  cara membuat susu pasteurisasi langsung dari tempat pengolahannya.

Pertama, pengunjung akan diajak belajar memerah susu sapi. Kedua, mengenal biogas dan manfaatnya. Ketiga, memberi makan sapi dan belajar cara merawatnya. Keempat, belajar memasak susu sapi yang sudah diperah tadi. Dan terakhir melakukan kegiatan bercocok tanam menggunakan pupuk kandang.

Pihak pengelola mencoba mengemasnya semenarik mungkin agar mudah dipahami oleh masyarakat umum. Terutama pengunjung anak-anak. Karena kebanyakan wisatawan yang datang adalah sekumpulan anak-anak sekolah. Untuk alamat lengkapnya ada di Jalan Raya Gondang, Bakalan, Sidem, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Museum Satwa

Kalau yang pertama tadi Anda hanya melihat replika dinosaurus. Tetapi di museum satwa akan menampilkan wujud aslinya. Tidak perlu takut, karena dinosaurusnya sudah berubah menjadi fosil. Artinya hewan tersebut tidak hidup dan hanya tinggal tulang belulangnya saja.

Wisata edukasi di Jawa Timur satu ini tidak hanya menampilkan fosil-fosil dinosaurus. Ada pula satwa lainnya dari seluruh penjuru dunia. Kurang lebih jumlah koleksinya mencapai 1000 spesies. Dan pihak pengelola terus berupaya untuk terus menambah satwanya agar wisata ini terus berkembang.

Hewan-hewan yang diawetkan tersebut mati secara alami. Bukan dari hasil perburuan liar atau dibunuh. Jadi semua binatang yang ada di Museum Satwa itu legal dan sudah mengantongi izin dari pemerintah. Selain satwa ada pula koleksi serangga yang diawetkan. Jumlahnya lebih banyak ketimbang satwa liar, yaitu sekitar 10.000 ekor.

Untuk memudahkan para pengunjung mengenali setiap hewan, pihak pengelola telah memasang  papan keterangan di bagian depannya. Atau jika ada  yang belum dimengerti bisa bertanya langsung kepada petugasnya.  Lokasi Museum satwa masih satu lokasi dengan Jatim Park 2. Letaknya berada di Jalan Raya Oro-oro Ombo No. 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Fish Garden Blitar

Fish Garden Blitar merupakan wisata di Jawa Timur untuk anak SD yang ingin mengenal dunia perikanan. Sebenarnya tidak untuk anak-anak saja, orang dewasa juga boleh mengunjungi wisata ini. Lokasinya berada di Jalan Bengawan Solo 101, Kota Blitar, Jawa Timur.

Berbagai jenis ikan dari seluruh dunia bisa Anda jumpai. Namun yang paling mendominasi adalah ikan yang berasal dari Indonesia. Misalnya seperti arwana, koi, dan tapah.  Mulai dari ikan berukuran kecil hingga yang terbesar semuanya ada. Salah satu ikan paling besar adalah Arapaima Gigas dari Sungai Amazon.

Pihak pengelola mengizinkan pengunjung memberi makan ikan secara langsung. Disediakan pula seorang pemandu yang akan memberi penjelasan seputar dunia ikan. Setelah puas berkeliling area Fish Garden Blitar jangan lupa mencoba fasilitas lainnya. Misalnya taman sayur, taman kelinci, fish spa, kolam renang anak, dan playground.

Berlibur ke Fish Garden Blitar tidak hanya  menyaksikan sekumpulan ikan-ikan cantik. Melainkan juga bisa untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Jika ingin berlibur ke wisata edukasi di Jawa Timur ini harus datang pada waktu yang tepat. Jam operasionalnya sendiri antara Pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo termasuk wisata edukasi Batu yang paling terkenal di Indonesia. Objek wisata ini masih satu manajemen dengan Jatim Park 1,2, dan 3. Yang mana dikelola oleh perusahaan Jatimpark Group. Luas lahannya kurang lebih sekitar 14 hektare dan sudah dibangun sejak tahun 2008 lalu.

Kawasan ini baru diresmikan pada tahun 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Semenjak saat itu kebun binatang ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dan kini koleksinya terus bertambah setiap tahunnya.

Terdapat beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi di Batu Secret Zoo. Salah satunya melihat-lihat binatang dari seluruh penjuru dunia. Contohnya kuda nil, gajah, buaya, dan masih banyak lagi. Wisata edukasi di Jawa Timur ini juga menyediakan beberapa wahana permainan. Misalnya ada fantasy land, log flume, dan river adventure. Alamat lengkapnya di Jalan Raya Oro-oro Ombo No. 9, Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Wisata edukasi di Jawa Timur tadi hanya sebagian saja. Sebenarnya masih ada tempat wisata lainnya yang tak kalah seru. Mungkin salah satunya ada di kota atau kabupaten Anda?. Karena di luaran sana  masih banyak tempat wisata yang belum terpublikasi.

(GE – INDRI)

Scroll to Top