5 Tempat Wisata Terdekat Di  Surabaya yang Cocok Untuk Menghilangkan Rasa Lelah

Bagikan:

AshefaNews – Siapa bilang Surabaya hanya memiliki kebun binatang saja?. Sama halnya seperti Batu dan Malang, kota ini juga mempunyai beragam destinasi menarik untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Bahkan tempat wisata terdekat di Kota Surabaya menyuguhkan pemandangan alam yang tak kalah indah dengan Pulau Bali. Meskipun letaknya berada di pusat kota tetapi udara sekitarnya masih terasa sejuk dan alami. 

Seperti yang Anda tahu, bahwasanya Surabaya adalah kota terpadat nomor dua setelah Jakarta. Dengan luas tanahnya mencapai 316,86 kilometer persegi dan dihuni sekitar 3,5 juta jiwa. Hampir setiap hari jalanan kota selalu sibuk dengan orang yang berlalu lalang untuk berangkat kerja. Mengingat kawasan ini merupakan sektor industri yang cukup berkembang. 

Di sini Anda bisa menemukan bermacam-macam jenis  pabrik seperti pengolahan makanan, tekstil, kimia, dan otomotif. Selain itu ada juga pelabuhan utama yang menjadikan kota ini sebagai pusat perdagangan di Indonesia. Supaya para pekerja tidak terlalu stres dengan pekerjaannya, pemerintah setempat telah menghadirkan  tempat wisata menarik untuk melepas penat.

Tempat Wisata Terdekat Di Surabaya Untuk Menghilangkan Rasa Lelah

Apakah Anda merasa jenuh dengan segudang aktivitas pekerjaan yang menumpuk di pabrik?. Sudah pasti semua karyawan merasakan hal itu. Di mana setiap harinya harus berjibaku dengan mesin-mesin dan bekerja tiada henti layaknya robot. Jika Anda sudah bosan dan lelah sebaiknya ambil cuti untuk pergi berlibur ke lokasi tempat wisata terdekat yang ada di Surabaya berikut.

1. Kampung Bulak

Tempat wisata terdekat dan termurah di Surabaya yang pertama ada Kampung Bulak. Tampilannya menyerupai Kampung Tridi yang ada di Kota Malang.  Konsepnya mengusung tema spot foto unik dengan latar belakang rumah warga yang dihiasi cat warna-warni. Bagi Anda yang suka hunting foto wajib datang ke wisata satu ini.

Menariknya lagi lokasi Kampung Bulak berdekatan dengan Pantai Ria Kenjeran. Jadi Anda bisa mengunjungi dua tempat sekaligus. Setelah puas berburu foto di Kampung Bulak berikutnya Anda bisa bersantai memandangi keindahan laut yang mempesona. Paling asyik kalau liburannya bersama teman atau keluarga. Suasana pun jauh lebih seru dan menyenangkan.

Kampung Bulak termasuk wisata yang murah meriah. Harga satu tiketnya saja hanya dikenakan tarif Rp2.000. Dengan harga segitu Anda sudah mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang lumayan lengkap. Untuk alamat lengkapnya ada di Kampung Bulak, Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya, Jawa Timur.

2. Hutan Bambu Keputih

Wisata Hutan Bambu Keputih dulunya hanya sebuah tempat pembuangan sampah. Di mana area itu terkenal dengan baunya yang tidak sedap sehingga membuat warga sekitar merasa risih. Namun kini  telah beralih fungsi menjadi objek wisata yang sangat populer. Banyak anak-anak muda datang ke sana untuk sekedar mengambil beberapa foto. Background yang ditawarkan berupa deretan tanaman bambu menjulang tinggi. 

Ada pula pohon sakura yang membuat Hutan Bambu Keputih kian tampak menarik. Rasanya pengunjung seperti tengah liburan ke Jepang. Wisata ini sangat cocok dijadikan tempat melepas penat. Suasananya benar-benar sunyi sehingga siapapun bisa bersantai dengan tenang. Berjalan-jalan seorang diri di tengah hutan sambil menghirup udara segar dapat merilekskan pikiran dan menghilangkan stres seketika.

Terlebih lagi ada hembusan angin sepoi-sepoi dan suara gesekan dedaunan yang membuat suasana kian bertambah syahdu. Semua kenikmatan  itu hanya akan Anda dapatkan di Hutan Bambu Keputih.  Lokasinya sendiri ada di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. Beruntungnya pihak pengelola tidak mengenakan biaya apapun kepada para pengunjung. Anda diperbolehkan menikmati segala fasilitasnya secara gratis.

3. Atlantis Land

Karena suhu di Surabaya tergolong panas, maka paling pas mengunjungi objek wisata air. Setidaknya dengan menceburkan diri ke kolam renang bisa menyejukkan tubuh walau hanya sebentar. Tempat wisatanya bernama Atlantis Land yang berlokasi di Jalan Sukolilo No. 100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya, Jatim. Jalan menuju kesana lumayan mulus dan mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi.

Atlantis Land mempunyai fasilitas kolam renang untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa bisa berenang di sini sepuasnya. Tentunya dengan tingkat kedalaman air yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, disediakan pula perosotan panjang bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin.

Selain kolam renang, pihak pengelola juga menyediakan wahana permainan seru. Salah satunya ada ayunan putar berbentuk jamur. Cara kerjanya mirip komedi putar yang bergerak mengelilingi sebuah poros. Sayangnya untuk menikmati semua fasilitas yang ada di Atlantis Land tidak gratis. Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp100.000 hingga Rp125.000.

4. Kampung Arab

Mau mengenal budaya Arab tidak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah. Di Surabaya sendiri ada tempat wisata bernama Kampung Arab. Kawasan wisata ini terletak di Jalan Ampel Kejeron I No. 4 RT. 006/ RW. 02, Ampel, Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Wisatawan yang datang tidak perlu membayar tiket masuk sama sekali.

Kampung Arab menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Mayoritas warga yang mendiami kawasan tersebut adalah orang Arab. Ada yang memang penduduk Arab asli dan sebagian lain adalah keturunan. Kebanyakan orang yang datang ke Kampung Arab karena ingin merasakan sensasi berwisata religi.

Begitu masuk ke wilayah perkampungannya,  Anda serasa tengah berada di tanah Arab. Anda akan melihat semua wanitanya memakai pakaian panjang lengkap dengan hijabnya. Sementara kaum pria kebanyakan memelihara jenggot dan mengenakan baju gamis. Sambil jalan-jalan jangan lupa membeli buah tangan khas Arab seperti minyak wangi, pakaian, perlengkapan sholat, dan lain-lain.

5. Ekowisata Mangrove

Rekomendasi tempat wisata terdekat di Surabaya kali ini banyak ditumbuhi tanaman mangrove. Lokasinya ada di Jalan Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Surabaya, Jatim.  Anda bisa menghirup udara segar sambil sesekali mengambil foto selfie di atas spot jembatan kayu. Nama tempat wisata ini tidak lain dan bukan adalah Ekowisata Mangrove.

Beberapa waktu belakangan Ekowisata Mangrove sempat viral di media sosial. Maka tak heran jika sekarang banyak orang berbondong-bondong ingin liburan ke sana. Dalam sekejap saja wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Walaupun harus menempuh perjalanan jauh tak jadi masalah bagi sebagian orang. Karena hal itu demi bisa melihat keindahan wisata mangrove yang menawan.

Memang sedikit melelahkan, tapi semua itu terbayar lunas begitu sampai di lokasi wisatanya. Suhu yang tadinya panas tiba-tiba tergantikan oleh hawa dingin nan sejuk. Di sini pula tersedia banyak spot foto menarik yang akan membuat hasil foto Anda tampak lebih bagus. Ada juga kolam pemancingan ikan untuk para orang tua yang hobi memancing. Untuk harga tiket masuk ke wisata ini hanya sebesar Rp25.000 per orang.

Itulah beberapa tempat wisata terdekat di Surabaya yang cocok untuk melepas penat sehabis bekerja. Meskipun harga tiketnya tergolong murah tetapi kualitasnya hampir sama seperti wisata luar negeri. Kalau semisal kesulitan mencari rute menuju tempat wisatanya bisa memanfaatkan jasa travel. Dengan begini Anda tidak perlu pusing memikirkan akomodasi dan daftar kegiatan selama liburan. Banyak wisata domestik yang bisa Anda nikmati, salah satunya di Surabaya.

(GE – Indri)

Scroll to Top