SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Tempat Menarik Di Indonesia yang Pas Buat Bersantai

Bagikan:

AshefaNews – Indonesia adalah negara kepulauan yang terkenal eksotis dan kaya akan sumber daya alam. Bahkan orang-orang luar sampai menjulukinya sebagai surga dunia. Sangking kayanya, negeri ini mempunyai banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, taman bermain, dan masih banyak lagi. Apa pun jenis tempat wisata bisa Anda temukan dengan mudahnya di Indonesia.

5 Tempat Menarik Di Indonesia yang Pas Buat Bersantai
Raja ampat (Foto : dog.gae)

Namun dari sekian banyaknya objek wisata yang paling terkenal adalah wisata alamnya. Di mana sebagian besar kondisinya masih perawan dan jarang tersentuh tangan manusia. Sejauh mata memandang Anda akan melihat hamparan laut berhiaskan awan putih.  Ada pula deretan bukit dan pegunungan yang dipenuhi pepohonan hijau. Hal inilah yang membuat wisatawan asing begitu mencintai negeri seribu pulau ini.

Bisa dibilang Indonesia merupakan negara paling pas buat para turis  menghabiskan libur akhir pekan. Sebab biaya penerbangan ke Indonesia tergolong masih relatif terjangkau jika dibandingkan ke Eropa atau Amerika. Selain itu pilihan tempat wisatanya juga sangat beragam. Biasanya daerah yang  menjadi destinasi wisata adalah Bali, Yogyakarta, Malang, Lombok, Batu, dan Papua.

Daftar Tempat Menarik Di Indonesia Buat Bersantai

Kebanyakan turis asing yang liburan ke Indonesia bertujuan ingin melepas penat dari padatnya aktivitas pekerjaan. Harapannya setelah pulang pikiran jadi lebih rileks dan segar kembali. Maka jangan heran jika sebagian besar  turis asing lebih menyukai wisata alam seperti Bali. Anda ingin tahu apa saja objek wisata di kota-kota lainnya?. Berikut daftar objek wisatanya untuk Anda.

Danau Toba

Tempat menarik pertama yang patut dikunjungi oleh turis asing adalah Danau Toba. Wisata alam satu ini merupakan danau vulkanik terbesar se-Asia Tenggara. Sekaligus terbesar nomor dua di dunia setelah Danau Victoria. Luasnya kurang lebih sekitar 1.145 km2. Sejak tahun 1980 namanya sudah populer di kalangan masyarakat dunia. 

Setiap tahunnya wisatawan asing berlomba-lomba datang ke sana hanya demi menyaksikan bagaimana keindahan alamnya secara langsung. Perlu Anda ketahui, Danau Toba adalah salah satu destinasi favorit turis asing setelah Pulau Bali. Karena pemandangan alamnya benar-benar memanjakan mata. 

Dari ujung ke ujung tampak gunung-gunung berkelok berwarna hijau menghiasi Pulau Samosir yang terletak di bagian tengah. Lalu di depannya ada  perairan luas bagaikan sebuah panorama laut biru. Bersantai di sini serasa  berada di area pribadi mengingat suasananya yang sunyi dan jauh dari keramaian. 

Raja Ampat

Dari Sumatera mari terbang menuju pulau paling timur Indonesia, yaitu Papua Nugini. Di sana ada objek wisata bernama Raja Ampat yang terkenal akan keeksotisan darat dan lautnya. Wisata alam ini berlokasi di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Sebuah tempat  favorit para turis asing untuk melakukan kegiatan snorkeling maupun diving.

Raja Ampat memiliki empat pulau utama dengan hiasan lukisan batu kuno yang sangat indah. Keempatnya adalah Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo. Nama-nama tersebut berasal dari mitos atau cerita rakyat yang berkembang di masyarakat sekitar  Raja Ampat. Keindahan yang dimiliki keempat pulau utama mampu menghipnotis semua kalangan. 

Siapapun yang datang pasti selalu ketagihan dan enggan pergi. Dengan luas tanah dan lautnya mencapai 4,6 juta hektar, wisatawan bisa menemukan berbagai macam flora dan fauna. Diantaranya ada 540 jenis karang, 700 Moluska, dan 1.511 spesies ikan laut. Hampir 75% biota laut  dunia ada di sini.

The Great Asia Afrika

Apakah Anda mau menjelajahi dunia dalam satu hari?. Jika iya mari berkunjung ke salah satu tempat menarik di Bandung bernama The Great Asia Afrika. Wisata ini mengusung konsep taman yang menyuguhkan  miniatur bangunan ikonik dari seluruh dunia. Misalnya India, China, Korea Selatan, Indonesia, dan lain-lain.

Di sini pengunjung bisa berfoto sepuasnya sambil mengenakan pakaian tradisional dari masing-masing negara. Tentunya tidak gratis, ada biaya tambahan yang dikenakan oleh pihak pengelola. Tak usah khawatir karena harganya masih cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah. Selain bangunan ada juga wisata kuliner  khas Bandung yang enak-enak.

Kalau mau datang ke sana  jangan pas cuaca lagi mendung. Biasanya jalan menuju The Great Asia Afrika agak susah dilalui. Sebaiknya pilihlah waktu saat cuaca sedang cerah yang mana kondisi alamnya sangat mendukung buat berfoto. Wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 9 pagi hingga 6 sore. Alamat lengkapnya di Jalan Raya Lembang – Bandung No. 71, Desa Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Air Terjun Tumpak Sewu

Tempat wisata selanjutnya ada Air Terjun Tumpak Sewu yang  berlokasi di Jalan Raya Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi utamanya memerlukan waktu perjalanan yang lumayan lama. Dari pintu gerbang wisatawan masih harus jalan kaki melewati medan yang sedikit melelahkan. Waktu tempuhnya sekitar 30 – 60 menit kalau tidak ada hambatan.

Banyak orang menyukai tempat wisata ini karena memiliki sejumlah daya tarik. Salah satunya bisa mengeluarkan cahaya pelangi pada saat menjelang siang hari. Jika Anda  tidak mau ketinggalan fenomena langka tersebut sebaiknya datang lebih pagi. Dan daya tarik lainnya pengunjung bisa melihat kemegahan Gunung Semeru dari jauh. Mengingat lokasinya berseberangan dengan Air Terjun Tumpak Sewu.

Menurut beberapa sumber terpercaya, wisata ini mendapat julukan sebagai air  terjun paling indah di Indonesia. Hal itu bukan tanpa alasan karena memang pemandangan alam di sekitarnya sungguh menakjubkan. Berada pada ketinggian lembah yang sangat curam dengan dikelilingi berbagai jenis tumbuhan hijau. Membuat kawasan ini tampak seperti surga tersembunyi.

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan tempat wisata yang biasa Anda lihat di pecahan uang dua ribuan. Wisata ini  berasal dari patahan lempengan bumi yang membentuk bukit besar  dengan panjang sekitar 15 kilometer dan lebar 200 meter. Lokasinya ada di Provinsi Sumatera Barat.  Keberadaannya sendiri menjadi pemisah antara Kota Gadang dan Kabupaten Bukittinggi. 

Tempat menarik terdekat yang ada di Ngarai Sianok ada sebuah sungai  jernih yang aliran airnya mencapai Samudera Hindia. Warga setempat biasa menyebutnya dengan sebutan Sungai Sianok. Posisinya tepat berada di tengah-tengah lembah. Di sana sering ada kegiatan olahraga seru dan menantang. Contohnya seperti arung jeram, kano, dan kayak. 

Di pinggir Sungai Sianok pengunjung bisa melihat kecantikan Bunga Rafflesia Arnoldi. Sebuah tanaman yang terkenal dengan baunya yang menyengat. Selain itu ada pula sekumpulan hewan mamalia di hutan sekitar sungai yang akan mengejutkan Anda.  Misalnya seperti Siamang, babi hutan, rusa, dan kera berekor panjang.

Itulah sekumpulan tempat menarik di Indonesia yang bisa Anda kunjungi dan dijadikan area bersantai bersama teman atau keluarga. Karena sebagian besar adalah wisata alam maka akses jalannya terkadang lumayan susah jika musim penghujan. Oleh sebab itu maka datanglah saat cuaca sedang cerah saja.

(GE – Indri)

Scroll to Top