SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Rekomendasi Wisata Pantai Di Malang Paling Eksotis

Bagikan:

AshefaNews – Setiap orang mempunyai selera berbeda-beda tentang tujuan wisata. Ada  yang suka mendaki gunung, mengunjungi museum, seru-seruan di taman bermain, dan masih banyak lagi. Meski tersedia berbagai macam destinasi tetapi wisata pantai tetap yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Mungkin wisata pantai di Malang bisa menjadi referensi liburan Anda.

Kebanyakan tempat wisata pantai di Malang memiliki kondisi jalan yang lumayan susah untuk dilalui. Namun hal itu tidak mengurangi antusias wisatawan yang ingin pergi berlibur ke sana. Awalnya memang sedikit melelahkan karena harus melewati jalan berliku dan sedikit curam. Tetapi begitu sampai di lokasinya, kerja keras Anda akan terbayarkan dengan pemandangan alamnya yang memesona.

Sebagian besar wisata pantai di malang berada pada posisi bagian selatan. Lebih tepatnya ada di wilayah Kabupaten Malang. Di mana letaknya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Apabila ditarik garis lurus maka akan terlihat  gugusan pantainya sejajar dengan  pantai-pantai  yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daftar Wisata Pantai Di Malang Paling Eksotis

Selama ini wisata pantai yang terkenal di Malang hanyalah Balekambang dan Sendang Biru. Padahal sebenarnya masih banyak wisata pantai di Malang Selatan yang tak kalah eksotis. Di antaranya ada Pantai Watu Leter, Batu Bengkung, Kondang Merak, Ngantep, dan Wediawu. Penjelasan lengkap terkait kelima pantai tersebut bisa Anda simak pada keterangan berikut ini.

Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Tetapi wisata pantai di Malang satu ini sudah terkenal seantero Malang Raya. Kawasan ini memiliki panorama alam yang sama indahnya dengan Pantai Sendang Biru. Menariknya di sini pengunjung bisa melihat sekumpulan penyu abu-abu yang sedang bertelur. 

Keunikan lain dari  Watu Leter adalah  batu karang berukuran kecil di tepi pantainya. Ada pula sekumpulan hutan bakau dekat sungai Sitiarjo yang bisa ditelusuri menggunakan perahu sewaan. Aliran ombaknya pun cenderung tenang sehingga pengunjung bisa berenang sepuasnya. Tetapi hanya di sekitar tepi pantainya saja. Jangan berenang terlalu jauh hingga ke tengah laut.

Suasana Watu Leter tidak jauh berbeda  dengan Pantai Gua China. Pemandangan alamnya lebih banyak didominasi batuan karang  dan hamparan pasir berwarna kuning agak kecoklatan. Untuk menuju kesana Anda tinggal mengikuti rute perjalanan ke Pantai Gua China. Yang mana alamatnya ada di Dusun Rowotatre, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Batu Bengkong

Pantai Batu Bengkung termasuk wisata pantai di Malang yang bagus dan eksotis. Tidak seperti Pantai Watu Leter yang memiliki ombak tenang. Di Pantai Batu Bengkung gulungan ombaknya lumayan besar dan menakutkan. Sehingga tidak aman untuk dijadikan tempat berenang bagi wisatawan. 

Walaupun tidak bisa berenang tetapi Anda masih bisa menikmati pesona alamnya. Sepanjang tepi pantai Anda akan melihat deretan batu karang berpadu dengan air laut yang sangat  jernih. Keberadaan batuan tersebut berfungsi untuk memecah ombak laut di tepi pantai. Seperti Anda ketahui bahwasanya  Samudera Hindia terkenal akan ombaknya yang super ganas.

Rute menuju Batu Bengkung  tidak terlalu sulit, karena jalurnya searah dengan  Sendang Biru. Ikuti saja rute yang ada lalu melanjutkan perjalanan ke arah Gua China dan Bajulmati. Wisata pantai di Malang ini terletak pada Jalan Jalur Lintas Selatan, RT.42 / RW.05, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak sama populernya seperti Balekambang dan Sendang Biru. Kondisinya masih sangat alami dan seperti jarang terjamah oleh tangan manusia. Sepanjang garis pantai Anda akan disuguhkan hamparan pasir putih dan tarian ombak yang menggulung-gulung. Serta beberapa pepohonan hijau yang membuat udara sekitar bertambah sejuk.

Nama wisata pantai di Malang ini mungkin kedengarannya  sedikit aneh. Tetapi itulah yang menjadikannya unik dan selalu membuat orang penasaran.   Menurut kabar  dari penduduk sekitar, katanya dulu pernah terlihat seekor burung merak meminum air tawar di sekitar pantai. Dan dari situlah  mengapa pantai ini lebih dikenal dengan sebutan  Kondang Merak.

Jika Anda  mencari tempat buat bersantai maka  Kondang Merak adalah tempatnya. Suasana pantainya benar-benar sunyi seperti tidak ada orang. Anda bebas duduk santai  tanpa perlu berdesakan dengan pengunjung lain. Areanya tergolong luas dan memiliki gelombang yang tidak terlalu tinggi.

Anda juga akan menemukan batu koral dan beberapa ganggang laut di sekitar tepi pantainya. Lokasi  Kondang Merak berdekatan dengan Balekambang. Kurang lebih jaraknya  sekitar 64 kilometer. Lebih tepatnya ada di Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Pantai Ngantep

Objek wisata pantai di Malang kali ini juga jangan sampai Anda lewatkan.  Sebab di sana terdapat perbukitan batuan karang yang sangat indah. Nama pantainya sendiri adalah Pantai Ngantep. Kawasan ini kurang cocok sebagai tempat berenang. Karena pergerakan ombaknya lumayan besar sehingga pihak pengelola terpaksa melarang pengunjung berenang di sekitar bibir pantai.

Walau tidak ada aktivitas berenang, Anda masih bisa melakukan kegiatan lainnya.  Misalnya saja bermain pasir atau jalan-jalan  santai mengelilingi area pantai.  Hamparan pasir di sini berwarna putih dan bertekstur halus. Begitu kaki Anda menapakinya rasanya sangat nyaman dan terasa lembut di kulit. 

Wisata pantai di Malang ini banyak dikelilingi tebing karang berukuran besar. Perkiraan tingginya kurang lebih sekitar 50 meter. Pada bagian atas tebing dipenuhi oleh pepohonan hijau nan rindang. Dari sana pengunjung bisa melihat pemandangan Pantai Ngantep dari ketinggian. Namun untuk sampai ke atas diperlukan perjuangan  keras karena harus melewati jalan yang sedikit terjal.

Lokasi Pantai Ngantep ada di Dusun Sukorejo,  Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kalau dari Kota Malang jaraknya hanya sekitar 72 kilometer. Sementara jika Anda berangkat dari Pantai Balekambang cuma membutuhkan waktu 16 menit dengan jarak 6,6 km. 

Pantai Wediawu

Wisata pantai di Malang yang terakhir ada Pantai Wedi Awu. Destinasi satu ini masih belum dikenal luas oleh masyarakat. Jadi belum sepopuler  Sendang Biru, Balekambang, dan Kondang Merak. Karena jarang ada wisatawan yang berkunjung membuat kawasan sekitar pantai masih terlihat alami. 

Ada satu hal menarik  dari Pantai Wediawu yang tidak ada di wisata pantai mana pun. Yaitu memiliki bentuk cekung dan dikelilingi oleh dua tebing yang besar. Luasnya sendiri kurang lebih sekitar 800 meter persegi. Hampir sepanjang garis pantai terdapat hamparan pasir putih menyelimuti permukaan tanahnya.

Dari semua pantai sebelumnya bisa dibilang Pantai Wediawu yang paling eksotis. Pesona langit birunya yang luas begitu memanjakan mata. Belum lagi suara ombaknya yang nyaring membuat pikiran terasa lebih tenang. Air lautnya tampak  bening seperti  mata air pegunungan dan yang terpenting tidak ada sampah sama sekali. 

Panorama Pantai Wediawu hampir sama indahnya seperti pantai-pantai di Pulau Dewata. Bagi Anda yang ingin pergi ke Bali tapi terkendala biaya, mungkin alternatifnya bisa liburan dulu ke Pantai Wedi Awu. Lokasinya ada di  Dusun Balearjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Itulah beberapa wisata pantai di Malang yang paling eksotis untuk referensi liburan Anda. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi kelima pantai tersebut?. Kira-kira mana yang akan Anda datangi terlebih dahulu?. 

(GE – INDRI)

Scroll to Top