SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Niat zakat fitrah, Hukum, Waktu, dan keutamaannya

Bagikan:

AshefaNews – Niat zakat fitrah memang sangat diperlukan saat ini. Pembayaran zakat fitrah adalah sebuah ibadah yang perlu ditunaikan di bulan Ramadhan.

Selain untuk bisa mensucikan diri, zakat juga diartikan sebagai bentuk dari kepedulian terhadap sesama. Informasi kali ini akan membahas tentang zakat fitrah yang perlu diketahui umat Islam.

Niat Zakat Fitrah yang perlu Diketahui 

Saat melaksanakan zakat fitrah, maka sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk membaca doa Niat zakat fitrah. Berikut ini sudah ada beberapa doa niat dari zakat fitrah yang wajib kamu dan keluarga ketahui:

1. Niat Zakat untuk Diri dan Keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaitu an ukhrija zakaatal-fitri anni wa an jami’il ma yalzamuni nafaqat uhum syar’an fardhan lillahi ta’ala”.

2. Niat Zakat untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala”

3. Niat untuk Anak Perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala”

4. Niat Zakat untuk Anak Laki-laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala”

5. Niat untuk Orang yang Diwakilkan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaitu an ukhrija zakaatal-fithri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala”

6. Niat Zakat Fitrah untuk Istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaitu an ukhrija zakaatal-fithri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala”

Hukum dari Membayar Zakat Fitrah

Setelah mengetahui Niat zakat fitrah, selanjutnya perlu diketahui Nasional zakat fitrah disebut sebagai zakat al-fitr. Ini merupakan salah satu zakat yang diwajibkan untuk lelaki dan perempuan Muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

Hukum membayar zakat fitrah sebenarnya wajib. Perihal hukum wajib membayarnya sudah ada pada firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 42-43.

Waktu Tepat Membayar Zakat Fitrah

Waktu yang tepat membayar zakat fitrah saat memasuki futur pada Idul Fitri. Para ulama telah berpendapat, muslimin diutamakan membayar di hari terakhir Ramadhan.

Sementara itu, sunnah hukumnya membayar zakat setelah Subuh menjelang salat Idulfitri dan membaca Niat zakat fitrah. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara membayar zakat fitrah sesuai dengan ajaran Islam.

Diketahui, bahwa zakat fitrah diberikan dalam bentuk beras atau makanan pokok sekitar 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Kualitas beras atau makanan pokok harus dapat disesuaikan dengan konsumsi sehari-hari.

Akan tetapi, beras atau makanan pokok tersebut bisa diganti dalam bentuk uang dengan nilai yang setara 2,5 kg atau 3,5 liter beras. Jadi jangan sampai kurang jika ingin lebih boleh.

Tata Cara dari Zakat Fitrah

Ada beberapa tata cara pembayaran zakat bulan Ramadhan yang perlu diketahui. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait tata cara selain Niat zakat fitrah.

1. Bayar dengan Makanan Sehari-hari

Zakat dapat diambil dari makanan pokok sehari-hari. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan dan mengingat-ingat, makanan apa saja yang sering dikonsumsi sehari-hari.

Apabila kamu setiap hari makan nasi, maka berarti makanan pokok yang perlu dizakatkan yaitu beras terbaik. Selain dengan beras, zakat fitrah juga dapat dibayarkan menggunakan uang tunai dengan nominal harga yang setara.

2. Menentukan Tanggungan Zakat

Orang yang harus membayar zakat yaitu diri sendiri. Namun, apabila ada tanggungan keluarga, harus juga membayarkan zakat untuk mereka. Seseorang juga dapat membayar zakat untuk orang tuanya maupun orang lain.

3. Menentukan Amil yang Terpercaya

Tata cara membayar zakat di bulan Ramadhan selain Niat zakat fitrah selanjutnya mencari dan menemukan amil yang bisa dipercaya. Amil merupakan salah satu dari lembaga atau seseorang yang bantu mengurus segala kepentingan umat Islam. 

4. Melakukan Niat Zakat

Tata cara membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan berikutnya yaitu jangan lupa membaca niat sebelum membayar. Hal ini harus disesuaikan dengan tanggungan zakat tersebut dibayarkan.

5. Memperhatikan Batasan Waktu Membayar

Apabila kamu membayar zakat di masjid, maka bisa langsung diserahkan dalam bentuk beras atau uang tunai. Batas akhir pembayaran zakat sebaiknya yaitu pagi hari sebelum shalat Idul Fitri. 

6. Berdoa setelah Membayar Zakat

Setelah menyerahkan zakat, maka tata cara membayar selanjutnya yaitu dengan berdoa kepada Allah SWT. Niat zakat fitrah yang dapat dipanjatkan yaitu: Rabbanaa taqabbal minna innaka antas samii’ul ‘aliim(u).

7. Ikhlas dan Tidak Pernah Mengungkit

Setelah berhasil menunaikan ibadah zakat, alangkah baiknya bila kamu mengikhlaskannya. Jangan pernah mengungkit mengenai jumlah nominal zakat yang dibayarkan.

Keutamaan dari Membayar Zakat Fitrah

Ketika ingin membayar zakat fitrah, seseorang akan memperoleh keutamaan dan manfaat yang tak terhingga. Berikut ini sudah ada beberapa keutamaan zakat fitrah, antara lain:

1. Dapat Menghilangkan Keburukan Diri

Melaksanakan niat zakat fitrah juga mempunyai sebuah keutamaan atau manfaat. Salah satunya yaitu untuk menghilangkan kejelekan yang ada pada diri manusia.

2. Dapat Diampuni Segala Dosa

Keutamaan zakat yang lainnya, yakni menghapuskan kesalahan. Seorang muslim yang akan membayar zakat nantinya dibukakan pintu rezeki dan dihapuskan kesalahannya.

Manfaat dari sedekah seringkali disebutkan Allah SWT dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 245, Allah telah  berfirman:

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Artinya:

“Barang siapa telah meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka akan melipatgandakan dan ganti kepadanya dengan banyak. Allah akan menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah untuk dikembalikan.”

3. Memperoleh Petunjuk Allah SWT

Salah satu manfaat zakat fitrah yaitu diberikan petunjuk oleh Allah SWT dalam setiap kesulitan atau kebimbangan. Hal ini seringkali disebutkan Allah SWT dalam Alquran surah At- Taubah ayat 18, Allah telah berfirman:

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ ۗفَعَسٰٓى اُولٰۤىِٕكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ

Artinya:

“Sungguh yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang telah beriman kepada Allah”.

Dimana umat Islam di hari kemudian, harus (tetap) melaksanakan shalat, menunaikan zakat, serta tidak takut (kepada apapun) kecuali kepada Allah. Nantinya, mudah-mudahan mereka termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

4. Harta Menjadi Lebih Berkah

Keutamaan zakat selanjutnya, yakni bisa menjadikan harta yang dimiliki menjadi lebih berkah. Dengan begitu, setiap muslim yang menunaikan zakat maka hartanya akan bermanfaat.

Penutup 

Berdasarkan penjelasan diatas, Niat zakat fitrah dapat dijadikan referensi untuk menunaikan zakat di bulan ramadhan. Ada pula waktu dan keutamaan dari zakat fitrah yang perlu kamu ketahui sebelum menunaikannya. 

(GE – RIS)

Scroll to Top