SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Dzikir Pagi dan Petang

Bagikan:

AshefaNews – Dzikir merupakan salah satu amalan yang memberikan banyak manfaat diantaranya ialah ketenangan hati. Dzikir pun menjadi ikhtiar bagi seorang muslim agar senantiasa mengingat Allah dan menghindarkannya dari kelalaian.

Terdapat dzikir khusus yang dibaca di pagi dan petang hari. Adapun waktu spesifiknya, dzikir pagi dibaca mulai waktu subuh hingga matahari terbit. Sedangkan dzikir petang dibaca mulai dari waktu ashar hingga terbenam matahari.

Berikut ini kumpulan dzikir pagi dan petang, diambil dari hadis yang lebih shahih.

1. Membaca ayat kursi

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا ‏بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ‏ٱلْعَظِيمُ

Keterangan: Syaikh al-bani menshahihkan hadis riwayat al-Hakim dalam Shahih at-Targhib wa At Tarhib n0 655, yang menyatakan jika bagi siapa yang membacanya ketika petang, maka dia akan Allah lincungi dari berbagai gangguan hingga pagi. Sedangkan bagi dia yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang hari.

Catatan: Baca dzikir ini sebanyak satu kali di waktu pagi hari dan petang hari.

2. Membaca surah al-ikhlas, al-falaq, an-nas 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيم

قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ‌ . اَللّٰهُ الصَّمَدُ‌ ۚ‏. لَمۡ يَلِدۡ ۙ وَلَمۡ يُوۡلَدۡ ۙ. وَلَمۡ يَكُنۡ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ‏‎ ‎

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ. وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ. وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ‏‎ ‎

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ. مَلِكِ النَّاسِ. إِلٰهِ النَّاسِ. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ. الَّذِى يُوَسْوِسُ فِى صُدُوْرِ النَّاسِ. مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Keterangan: Al-Hafidz Abu Thohir mengatakan bahwa hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud no 5082, Tirmidzi no 3575 ini ialah hadis hasan, yang menyatakan jika bagi siapa yang mengucapkannya masing-masing tiga kali ketika pagi dan petang, maka segala sesuatu akan dicukupkan untuknya. Namun tetap bisa digunakan jika dalam kebutuhan dzikir harian.

Catatan: Baca dzikir ini sebanyak tiga kali di waktu pagi hari dan petang hari.

3. Membaca Doa meminta kebaikan serta terhindar dari keburukan

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Keterangan: Terdapat dalam Syarh Hisnul Muslim, Hadis riwayat Muslim no 2732 ini memiliki faedah sebagai bentuk permohonan kepada Allah agar diberikan kebaikan serta dihindarkan dari keburukam pada hari ini dan setelahnya. Juga permintaan agar terhidnar dari rasa malas agar Allah mampukan untuk beramal dan terhindar dari kejelekan di masa tua. Tidak terlewat juga meminta agar diselamatkan dari siksa terberat di hari kiamat kelak yakni siksa kubur serta siksa neraka.

Catatan: Baca dzikir ini sebanyak satu kali di waktu pagi hari dan petang hari.

4. Membaca Doa meminta rahmat dan pertolongan

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Keterangan: Al-Hafidz Abu Thohir mengatakan bahwa hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi no 3391 dan Abu Daud no 5068 ini ialah hadis shahih.

Catatan: Baca dzikir ini sebanyak satu kali di waktu pagi dan petang.

5. Membaca sayyidul istighfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

Keterangan: Hadis riwayat Bukhari no 6306 ini memiliki faedah bagi siapa yang membaca dzikir ini pada siang hari dengan penuh keyakinan, lalu ia meninggal pada hari tersebut sebelum petang hari, maka ia termasuk penghuni surga. Juga bagi siapa yang mengucapkannya pada malam hari dengan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum pagi, maka ia termasuk penghuni surga.

Catatan: Baca dzikir ini sebanyak satu kali di waktu pagi hari dan petang hari.

6. Membaca doa meminta perlindungan dan keselamatan pada agama, dunia, keluarga dan harta

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Keterangan: Al-Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad dari hadis riwayat Abu Daud no 5074 dan Ibnu Majah no 3871 ini merupakan hadis shahih. Dzikir ini merupakan doa yang selalu Rasulullah SAW baca di pagi dan petang hari. Sebab terdapat doa meminta perlindungan dan keselamatan pada agama, dunia, keluarga dan harta dari berbagai gangguan yang datang dari berbagai arah.

Catatan: Baca dzikir ini sebanyak satu kali di waktu pagi hari dan petang hari.

7. Membaca dzikir sebagai bentuk mengakui memegang agama Islam serta kalimat syahadat yang berdiri di atas jalan yang lurus

أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ اْلإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ اْلإِخْلاَصِ، وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ، حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

Keterangan: Syaikh Syu’aib al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadis riwayat Ahmad ini shahih sesuai syarat Bukhari Muslim. Namun dzikir ini hanya dibaca di pagi hari, sedangkan riwayat yang menyatakan dibaca pada petang hari adalah riwayat yang lemah sebagaimana dinyatakan Syaikh Abdul Aziz Ath-Thorifi dalam Adzkar Ash Shobaah wal Masaa.

8. Membaca dzikir yang memberikan 10 kebaikan serta menghapus 10 kesalahan

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Keterangan: Hadis riwayat Anasai Al Kubra memiliki faedah bagi yang membacanya sepuluh kali maka Allah akan membaginya 10 kebaikan, menghapus 10 kesalahan, juga mendapatkan kebaikan semisal memerdekakan 10 budak, serta Allah SWT akan melindunginya dari gangguan setan hingga petang hari. Begitupula bagi mereka yang mengucapkannya di petang hari akan mendapat keutamaan yang sama.

Catatan: Baca dzikir ini sebanyak sepuluh kali di waktu pagi hari dan petang hari.

Itulah beberapa dzikir yang dibaca pagi hari dan petang hari sebagai salah satu ikhtiar kita agar senantiasa mengingat Allah serta memohon pertolongan darinya. 

Wallahu a’lam bishawab.

(GE – DIN)

Scroll to Top