SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Keajaiban Doa Setelah Sholat Tahajud yang Bikin Hati Damai

Bagikan:

AshefaNews – Sholat tahajud merupakan salah satu amalan sunnah yang bisa Anda kerjakan untuk menambah pahala. Agar amalan sholat tahajud yang Anda kerjakan menjadi lengkap, jangan lupa untuk membaca doa setelah sholat tahajud. Karena, selain mendapatkan pahala Anda juga akan memperoleh banyak sekali keutamaannya.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah ibadah sholat tahajud tersebut secara sungguh-sungguh. Anda harus fokus dalam mengerjakan salah satu perintah Allah yang hukumnya sunnah ini. 

Sholat tahajud dengan segala keutamaannya ini akan terasa lebih mudah untuk dikerjakan dengan niat yang tulus dari hati. Namun, akan menjadi berat ketika terpaksa dalam mengerjakannya. Alhasil, Anda menjadi tergesa-gesa dan tidak fokus karena ingin cepat selesai.

Sholat tahajud selain menambah pahala juga menambah keimanan Anda dengan Allah. Anda bisa mencurahkan semua keluh-kesah kehidupan ini dan memohon suatu permintaan dengan sang Khalik tersebut. Karena, Allah akan selalu senantiasa mendengarkan curahan hati hambanya.

Kira-kira apa saja yang membuat sholat tahajud beserta doa sholat tahajud ini menjadi begitu istimewa? Mari simak pembahasan mengenai doa dan keutamaan sholat tahajud pada artikel berikut ini. 

Doa Setelah Sholat Tahajud

Di bawah ini merupakan penjelasan dari doa setelah sholat tahajud baik secara tulisan arabnya, latinnya, dan terjemahannya. Anda bisa menjadikannya sebagai bahan referensi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Bacaan Arab Doa ketika Selesai Melakukan Sholat Tahajud

Adapun bacaan doa setelah sholat tahajud sesuai sunnah rasul lengkap dengan huruf arabnya yaitu sebagai berikut.

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ  

 اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Tulisan arab di atas merupakan bacaan doa yang sesuai dengan anjuran Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. Jangan lupa untuk membaca doa tersebut dengan baik agar Anda mendapatkan berbagai jenis kebaikan dan keistimewaan dari sholat tahajud.

2. Bacaan Latin Doa Setelah Melakukan Ibadah Sholat Tahajud

Bagi Anda yang tidak bisa sama sekali membaca huruf arabnya, kini sudah tersedia  solusinya secara mudah dan praktis. Anda bisa membaca teks latin yang biasanya telah ada pada bagian bawah huruf arabnya. Berikut ini merupakan bacaan doa setelah sholat tahajud latin yang bisa Anda baca.

“Allahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimussamaa waati wal ardi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qaula haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru hoqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallam haqqun wassaa’atu haqqun.”

“Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika hakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu, wama asrartu, wamaa a’lantu, wama anta a’lamu bihi minni. Antal muqaddimu, wa antal muakhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

3. Terjemahan dari Bacaan Doa Sesudah Melangsungkan Sholat Tahajud

Membaca doa setelah sholat tahajud saja tanpa mengetahui makna yang sesungguhnya pada ayat tersebut pasti rasanya kurang lengkap. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengetahui apa terjemahan dari doa yang Anda ucapkan ketika selesai sholat tahajud. 

Karena, disamping ilmu Anda akan bertambah tentunya hati dan pikiran menjadi jauh lebih tenang serta damai. Terjemahan dari bacaan doa sesudah mengerjakan sholat tahajud yaitu seperti yang terdapat di bawah ini.

“Ya Allah. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji Mu lah yang benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, perkataan Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

“Ya Allah. Hanya kepadaMu lah aku berserah diri, hanya kepadaMu lah aku beriman, hanya kepadaMu lah aku bertawakal hanya kepadaMu lah aku kembali, hanya kepadaMU lah kuhadapi musuhku dan hanya kepadaMulah aku berhukum. Oleh sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan Selain Engkau dan tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Keistimewaan Sholat Tahajud

Terdapat beberapa keistimewaan yang akan Anda dapatkan ketika melaksanakan sholat tahajud secara rutin setiap malamnya. Simak ulasan yang ada berikut ini ya!

1. Doa Menjadi Lebih Cepat Terkabul

Pada saat Anda menyempurnakan ibadah wajib tersebut dengan ibadah sunnah seperti sholat tahajud. Apalagi jika Anda membaca doa setelah sholat tahajud agar keinginan terkabul maka Allah akan mendengar dan mengabulkan semua doa-doa hambanya. 

2. Semua Dosa akan diampuni oleh Allah

Sebanyak apapun dosa yang telah Anda perbuat selama di dunia ini bisa diampuni oleh Allah. Salah satunya adalah melalui membaca doa setelah sholat tahajud yang banyak sekali manfaatnya. Allah akan mengampuni semua dosa-dosa hambanya bahkan memberikan nikmat yang luar biasa.

3. Allah akan Mengangkat Derajat Hambanya

Keistimewaan dari doa setelah sholat tahajud agar keinginan terkabul ini bisa Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari. Pasalnya, tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak. Allah akan mengangkat derajat hambanya yang selalu taat menjalankan perintahnya dengan baik. 

4. Badan Menjadi Lebih Sehat dan Bugar

Sholat tahajud sangat baik untuk menjaga kesehatan maupun kebugaran tubuh Anda. Bagi Anda yang mengidap penyakit tertentu bisa melakukan sholat tahajud secara rutin. Selain itu, memohonlah kepada Allah agar penyakit tersebut bisa sembuh secara total. Sehingga, badan Anda menjadi lebih sehat, bugar, dan terasa fresh. 

5. Mampu Membuat Hati Lebih Tenang dan Damai

Salah satu keajaiban doa setelah sholat tahajud adalah dapat membuat hati dan pikiran terasa jauh lebih tenang. Kemudian, Anda akan merasakan hati menjadi lebih damai. Hal ini karena keimanan Anda semakin bertambah dan hubungan dengan Allah terjalin dengan sangat baik. 

Penutup

Demikianlah informasi seputar keistimewaan dari membaca doa setelah sholat tahajud yang bisa diberikan kepada Anda. Semoga semua informasi yang diberikan bisa bermanfaat untuk Anda dan senantiasa bisa meningkatkan keimanan Anda sepanjang waktu.

(GE – RIS)

Scroll to Top