SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

3 Contoh Teks Ceramah Singkat

Bagikan:

AshefaNews – Teks ceramah singkat sangat diperlukan sebagai salah satu media pendukung agar inti daripada apa yang akan disampaikan tidak melanggar hukum Islam dan mengajak pada kebaikan.

Kita sering menjumpai ceramah dalam lingkungan masyarakat dengan beragam tema mengenai keagamaan, sosial, hingga akademik. Tujuan dari ceramah ini pada hakikatnya untuk syiar Islam. 

Berikut ini beberapa contoh teks ceramah singkat:

Teks Ceramah Singkat Tema Makna Ibadah 

Kita mungkin sudah terbiasa mendengar kata ibadah, dan akan langsung tertuju pada aktivitas seperti shalat dan puasa. Namun ternyata makna ibadah yang sebenarnya lebih luas. Berikut ini contoh teks ceramah singkat tentang makna ibadah.

Assalamualaikum warahmatullah

Beribadah kepada Allah Swt merupakan tujuan dari diciptakannya manusia di dunia ini, sebagaimana firman Allah dalam qur’an surah Adz-Dzariyat ayat 56‎, “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Ibadah yang biasa kita terjemahkan dengan bebas dalam bahasa kita dengan penghambaan diri atau berbakti menghambakan diri beribadah kepada Allah Swt. 

Makna ibadah dijelaskan lebih jauh oleh oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Maktabah Darul Balagh. Ialah bahwa ibadah merupakan suatu istilah yang mencakup segala sesuatu yang dicintai Allah dan diridhai-Nya, baik berupa perkataan maupun perbuatan, yang tersembunyi (batin) maupun yang nampak (lahir).

Dalam penjelasan tersebut, disebutkan jika hal yang bernilai ibadah bukan sekedar ibadah mahdah atau ibadah yang wajib saja, namun juga ibadah ghairu mahdah, salah satunya seperti perbuatan yang baik. Sehingga kita bisa menilai bahwa cakupan ibadah di dunia ini sangatlah luas. 

Namun perlu kita ketahui pula jika sesuatu bisa bernilai ibadah apabila caranya sesuai syariat dan niatnya karena Allah Swt. Sehingga niat menjadi salah satu pijakan, bahkan menjadi pijakan awal dalam aktivitas yang kita lakukan agar sampai pada akhirnya akan bernilai ibadah atau tidak.

Dalam sebuah hadis riwayat Muttafaq ‘alaihi, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak menikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Oleh karenanya, latihlah diri kita untuk benar-benar menjadi hamba Allah Swt yang sebenarnya. Cukup dengan senantiasa mengingat semua nikmat, kekuatan, kemampuan yang bisa kita perbuat dalam berbagai urusan kebaikan agama, tidak mungkin kita bisa melakukannya kalau bukan karena dengan taufik dari Allah Swt.

Bahkan para penduduk surga pun mengakui kebesaran Allah Swt. Maka selalu nisbakan kebaikan dengan petunjuk-Nya agar kita selalu mensyukuri nikmat-Nya, agar kita semakin mencintai Allah Swt atas karunia kebaikan-kebaikan yang dilimpahkan-Nya. Senantiasalah merendah diri di hadapan Allah Swt, karena kita adalah hamba yang lemah serta tidak mungkin kita mampu menutupi kekurangan kita atau memperbaiki keburukan yang dalam diri kita jika bukan karena rahmat dan karunia dari Allah Swt.

Semoga Allah Swt senantiasa membimbing kita dalam kebaikan, memberi kemudahan bagi kita untuk menjadi hamba-Nya yang sejati, yang selalu memiliki semangat dalam mengamalkan kebaikan karena kita merasa cinta dan mampu merasakan kenikmatanNya. Aamiin ya Rabbal alamin

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Teks Ceramah Singkat Tema Jodoh

Jodoh merupakan rahasia Allah Swt, namun setiap makhluk berhak untuk berikhtiar atau berusaha menemukan jodohnya dengan cara yang sesuai dengan syariat Islam, bukan sembarang mencari sehingga berakibat buruk nantinya.

Nah, berikut ini contoh ceramah singkat tema jodoh yang bisa digunakan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan nikmat iman serta Islam kepada kita selaku hamba-Nya. Kedua nikmat tersebut harus selalu kita syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada waktu yang penuh keberkahan ini saya akan menyampaikan sepatah dua patah tentang jodoh.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwasannya Allah Swt sudah mengatur jodoh setiap manusia. Tidak ada satupun yang tahu siapa yang akan menjadi jodoh kita, bahkan sampai di hari pernikahan pun, kita belum tentu mengetahui apakah orang yang kita nikahi adalah jodoh kita atau orang yang diciptakan untuk kita.

Jodoh sering diartikan sebagai teman hidup yang mencerminkan diri kita sendiri. Kita bisa mengetahui bahwa orang tersebut merupakan pasangan kita atau bukan melalui tiga landasan berikut ini. Pertama, carilah orang yang matang secara emosional sehingga ketika kita berbuat salah ia mudah memaafkan dan bisa diajak berkomunikasi dengan baik. 

Kedua, pilih orang yang bisa menerima kita apa adanya, namun bukan berarti membiarkan kita berada dalam keburukan. Karena pada dasarnya manusia itu tidak ada yang sempurna, namun setiap manusia bisa berproses menjadi jauh lebih baik lagi. Ketiga, pilih orang yang mampu memotivasi kita, sebab roda kehidupan terus berputar bisa jadi kita berada dalam keadaan yang terpuruk, maka keberadaan orang disekitar kita seperti pasangan dapat menjadi motivator dan menjadi support system.

Maka bisa kita ambil kesimpulan dari tema kita hari ini ialah, disaat memilih jodoh kita harus bisa memastikan jika dia mampu menuntun kita ke arah yang lebih baik dan dapat mendorong kita dalam kebaikan dan beribadah kepada Allah SWT. Sehingga dengan demikian kita bisa menemukan jodoh yang tepat dan berakhlak mulia.

Sekian ceramah hari ini, semoga terdapat hikmah yang bisa diambil dan dijadikan sebagai bekal untuk mencari calon pasangan terbaik.

Wassalamualaikum wr.wb.

Teks Ceramah Singkat Tema Kematian

Kematian memang menjadi pengingat terbaik bagi setiap manusia. Sebab tidak ada satupun yang mampu menghindarinya.  Sehingga ceramah tentang kematian pun kerap kali menjadi hal yang sengaja dicari oleh orang-orang sebagai pengingat bagi dirinya.

Oleh karenanya berikut ini merupakan contoh ceramah singkat tema kematian.

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Semoga dengan hadirnya kita di tempat yang penuh berkah ini akan senantiasa menjadi wasilah bagi kita untuk mendapatkan nikmat serta karunia-Nya. Nikmat tersebut harus senantiasa kita syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada kesempatan ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebaik-baik pengingat bagi setiap manusia yakni tentang kematian.

Allah Swt telah berfirman dalam Qur’an surat Ali Imran ayat 185 yang mana sudah jelas jika kematian pasti akan menghampiri setiap manusia yang hidup di dunia. Namun mengenai waktunya, tidak ada satupun manusia yang mengetahui kapan ajalnya akan menjemput. Kita hanya perlu mengingat jika kehidupan di dunia ini hanyalah sementara.

Maka mulailah untuk memupuk kebaikan dan amalan untuk bekal di akhirat kelak. Sebab tidak ada yang bisa menolong diri kita nantinya, selain dari amal perbuatan baik yang kita perbuat selama di dunia. Allah SWT bahkan telah mempersiapkan surga bagi orang – orang yang senantiasa berbuat baik. Namun Allah SWT mempersiapkan neraka bagi manusia yang lalai selama menjalankan amanah yang telah diberikan ketika di dunia.

Oleh karena itu, jangan pernah kita terlena dengan keadaan di dunia yang fana ini. Hakikatnya itu semua hanyalah bersifat sementara sebab Allah Swt akan mengambil kapanpun apa yang kita miliki. Sekian penjelasan tentang kematian dari saya, inilah sebaik-baik nasihat bagi kita semua. Semoga kita semua senantiasa berada dalam lindungan Allah Swt dari siksa api neraka. Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian 3 contoh teks ceramah singkat yang bisa digunakan sebagai referensi ketika hendak berceramah. Semoga bermanfaat!

(GE – DIN)

Scroll to Top