Piala Dunia 2022: Swiss Lolos ke 16 Besar Setelah Bekuk Serbia 3-2

Bagikan:

AshefaNews – Swiss vs Serbia yang bertemu pada laga terakhir Grup G Piala Dunia 2022 di Stadium 974, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB, berlangsung sengit dan menegangkan. 

Swiss yang sempat tertinggal 1-2 mampu mengatasi perlawanan sengit dari Serbia yang akhirnya menutup laga dengan menang 3-2.

Swiss unggul lebih dulu lewat Sherdan Xhaqiri pada menit ke-20. Namun setelahnya, Serbia bisa balik memimpin dari gol Aleksandar Mitrovic dan Dusan Vlahovic. 

Swiss bisa memaksa babak pertama berakhir imbang usai Breel Embolo bikin gol.

Swiss memastikan meraih kemenangan dari gol Remo Freuler saat babak kedua berjalan tiga menit. 

Pada babak pertama, Swiss langsung menggebrak. Mereka punya dua peluang beruntun kala laga baru berjalan satu menit. 

Vanja Milinkovic-Savic tapi tampil gemilang menggagalkan peluang Breel Embolo dan bola muntah yang disambar Granit Xhaka.

Serbia merespon di menit ke-11. Andrija Zivkovic menusuk dari sisi sayap lalu melepas sepakan melungkung. 

Percobaannya belum membuahkan hasil karena masih menerpa mistar.

Swiss bisa memecah kebuntuan di menit ke-20. Bola sapuan bek Serbia justru ke Djibril Sow di kotak penalti. 

Sow menyodorkannya ke Shaqiri yang langsung melepas sepakan keras yang tak kuasa dibendung Vanja.

Serbia hanya butuh enam menit untuk membalas. Bola umpan silang terukur Dusan Tadic dari sisi kiri ditanduk Aleksandar Mitrovic menuju pojok gawang Gregor Kobel. Skor berubah 1-1 di menit ke-26.

Tadic kembali jadi kreator gol Serbia. Ia menusuk dari lini tengah sebelum melepas umpan terobosan. Bola bisa dijangkau Dusan Vlahovic yang langsung melepas tembakan mendatar. Serbia balik unggul usai Kobel mati langkah.

Swiss lalu menyetarakan angka di menit ke-44. Umpan mendatar Silvan Widmer bisa disambar Embolo yang berdiri di depan gawnag. Skor 2-2 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Swiss kembali memimpin pertandingan. Umpan menggunakan tumit yang dilakukan Ruben Vargas pada menit ketiga babak kedua, bisa dioptimalkan Remo Feuler menjadi gol pada menit ke-48.

Serbia tak punya pilihan lain kecuali tampil menekan. Tadic membuang peluang di menit ke-60 saat dirinya gagal memanfaatkan umpan silang Filip Kostic menjadi gol.

Si Elang kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Swiss juga sesekali menyerang memanfaatkan celah di lini belakang Serbia yang fokus menyerang.

Christian Fassnacht punya peluang di menit akhir. Namun tembakannya masih bisa dibendung Vanja. Skor 3-2 untuk Swiss mengakhiri laga.

Kemenangan ini mengamankan langkah Swiss ke 16 besar.

Mereka menempati peringkat kedua Grup G dengan enam angka. Swiss mendampingi Brasil yang sudah lebih memastikan lolos.

Brasil menjadi juara grup berkat keunggulan selisih gol. Sementara, Serbia tersingkir usai menempati posisi juru kunci dengan satu poin.

(RM – Alam)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top