Piala Dunia 2022: Portugal Menang Tipis Dengan Ghana 3-2

Bagikan:

AshefaNews – Membuka fase Grup H piala dunia 2022 Qatar, Portugal bertemu Ghana di Stadion 974, Doha, Kamis (24/11) malam. Laga berlansgung dramatis. Kedua tim saling menyerang hingga skor berakhir 3-2 untuk kemenangan Ronaldo cs.

Peluang Portugal muncul pada menit ke-10, dimana Cristiano Ronaldo yang mendapat umpan terobosan dari Bernardo Silva, belum maksimal menuntaskan peluang. Aksi Ronaldo masih bisa diblok kiper Ghana, Lawrence Ati-Zigi.

Begitu juga pada peluang kedua, Ronaldo yang mendapat umpan Raphael Guerreiro, tandukannya masih melenceng dari gawang.

Sementara Ghana mencoba memanfaatkan keberadaan Inaki Williams dan Mohammed Kudus di depan. Ghana tak bisa sering memainkan bola, karena Portugal bisa menjaga penguasaan bola.

Ronaldo sempat menjaringkan bola ke gawang pada menit ke-31, namun wasit menganulirnya karena pemain 37 tahun itu melakukan pelanggaran Alexander Djiku.

Mendekati menit ke-40, Ghana mencoba memaksimalkan bola mati dari tendangan sudut. Ronaldo turut membantu pertahanan dan melakukan sapu bersih dengan sundulan.

Memasuki babak kedua Portugal coba mempertahankan gaya main seperti pada babak pertama, namun kali ini mereka harus bertemu Ghana yang bermain lebih berani dalam menyerang.

Ghana mencoba merepotkan pertahanan Portugal, namun Ruben Dias dan kawan-kawan masih cukup kukuh dalam membentengi gawang.

Ronaldo kembali mendapat peluang pada menit ke-55. Kali ini sepakannya diblok pemain bertahan Ghana. Berselang sesaat kemudian giliran Kudus yang mencoba membobol gawang Portugal. Sepakan mendatarnya masih melenceng dari gawang Portugal.

Joao Felix mengirim umpan ke kotak penalti. Ronaldo yang berduel dengan Mohamed Salisu terjatuh. Wasit menunjuk titik putih. Protes pemain Ghana tak membuat sang pengadil mengubah keputusan.

Ronaldo maju sebagai algojo dan menaklukkan Ati-Zigi. Portugal memimpin 1-0 pada menit ke-65.

Gol Ronaldo membuat Ghana tersentak dan mencoba bangkit. Sebuah peluang didapat Kudus yang melepas tembakan pada menit ke-72. Diogo Costa masih bisa mengamankan gawangnya.

Semenit kemudian Costa tak berdaya ketika serangan Ghana dari sisi kiri kemudian sampai di kotak penalti. Bola dikirim Kudus ke depan gawang dan Andre Ayew melakukan penyelesaian simpel setelah Danilo Pereira dan Raphael Guerreiro gagal menyetop pergerakan si kulit bundar.

Portugal langsung merespons. Skor imbang hanya bertahan lima menit. Serangan balik Portugal dari Bernardo Silva dituntaskan Joao Felix pada menit ke-78. Portugal kembali memimpin.

Dua menit kemudian serangan cepat Portugal lagi-lagi berbuah gol. Bola yang dicolong di lini tengah kemudian diberikan Ronaldo ke Bruno Fernandes. Gelandang serang MU itu kemudian melepas bola ke Rafael Leao yang membuat skor menjadi 3-1.

Ghana tak menyerah begitu saja. Satu menit sebelum waktu normal berakhir, Abdul Rahman Baba mengirim umpan kepada Osman Bukari. Tanpa penjagaan, Bukari menyundul bola masuk ke gawang Portugal.

Sempat terjadi kemelut di kotak penalti Portugal karena kiper Costa ceroboh, namun gawang Selecao das Quinas aman dari kebobolan.

Hingga wasit meniup peluit akhir tidak ada gol lagi yang tercipta. Portugal mengemas tiga poin pertama di Piala Dunia 2022.

Berkat kemenangan tersebut, Portugal sementara memuncaki Grup H dengan koleksi tiga poin. Ghana menempati juru kunci dengan nol poin, di bawah Uruguay dan Korea Selatan yang sama-sama mencetak satu poin.

(RM – Alam)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top