Piala Dunia 2022: Inggris ke Perempat final Usai Lumat Senegal 3-0

Bagikan:

AshefaNews – Pasukan The Three Lion bermain gemilang di babak 16 besar piala dunia 2022 Qatar. Bermain di Al Bayt Stadium, Senin (5/12/2022) dini hari WIB, Inggris melumat Senegal dengar skor 3-0.

Tiga gol The Three Lion masing-masing disumbangkan oleh Jordan Henderson, Harry Kane, dan Bukayo Saka.

Di awal babak, Senegal sempat membuat Tiga Singa terdesak, tapi sebuah serangan cepat dituntaskan Henderson jadi gol pada menit ke-38.

Kane menggandakan keunggulan itu jelang babak pertama berakhir, tepatnya di menit ketiga injury time. Bukayo Saka menegaskan keunggulan Inggris lewat gol pada menit ke-57.

Keunggulan itu dijaga Inggris dengan baik hingga menutup laga dengan kemenangan meyakinkan 3-0. Skuad Gareth Southgate lolos ke perempatfinal dan menantang Prancis.

Selama pertandingan, Senegal mencoba menusuk dan umpan terobosan diarahkan ke Boulaye Dia pada menit keempat. Tapi Harry Maguire melakukan sentuhan krusial untuk mengirim bola ke kiper Jordan Pickford.

Inggris lebih dominan dalam penguasaan bola dan beberapa kali mencoba membangun serangan. Hanya saja belum ada ancaman berarti dari sejumlah serangan yang dibangun.

Tandukan John Stones menyambut umpan sepak pojok Phil Foden belum menemui sasaran pada menit ke-21. Bola melesat jauh di samping kanan gawang.

Kesalahan nyaris berbuah fatal buat Inggris pada menit ke-24, saat umpan ceroboh dari belakang berujung hilang penguasaan. Senegal menyerang dari kanan, dengan umpan silang Krepin Diatta disambar Dia dan membentur Stones.

Bola liar lantas disambut oleh Ismailan Sarr dan sepakannya melambung. Senegal sempat mengklaim penalti karena handball Stones, tapi VAR mematahkan klaim tersebut.

Peluang bagus dari Senegal pada menit ke-32! Sarr bergerak memotong dari kiri, lalu menyodorkan umpan terobosan ke Dia. Dia punya ruang tembak di sisi kiri di dalam kotak penalti dan sepakannya ditepis oleh Jordan Pickford.

Inggris akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-39, di tengah tekanan yang dibangun Senegal. Jude Bellingham lolos di sisi kiri dan mengirim umpan tarik yang disambar dengan ringan oleh Jordan Henderson ke dalam gawang.

Peluang lain dari Inggris dua menit kemudian! Bukayo Saka merangsek di kanan dan mengirim umpan silang yang disambut sepakan Harry Kane. 

Tapi upayanya masih melambung saja.

Inggris menebar ancaman lagi pada menit ke-43, dari serangan cepat di sisi kiri. Kali ini Luke Shaw yang lolos menerima umpan dari Bellingham. Shaw menahan bola sejenak sebelum memutuskan mengoper, tapi bola membentur Edouard Mendy yang maju.

Inggris lalu menggandakan keunggulan pada masa injury time babak pertama. Bellingham memimpin serangan balik, lalu mengoper ke Phil Foden di kiri.

Foden meneruskannya ke Kane yang bebas di kanan. Dengan dingin, Kane melepaskan tembakan keras yang tak kuasa dibendung Mendy. Babak pertama tuntas.

Senegal memulai babak kedua dengan lebih berinisiatif. Tapi Inggris merespons dengan baik. Sepakan jarak jauh Kane memberikan terapi kejut untuk Senegal. Mendy menghalaunya, lalu mengamankan bola yang sempat lepas.

Inggris memperlebar selisih pada menit ke-57 dengan 1 gol lagi. Lagi-lagi dari sisi kiri, Foden mengambil bola yang lepas dari Kane dan mengirim umpan silang. Saka dengan cerdik menuntaskannya dengan sedikit mengangkat bola, membuatnya melewati jangkauan Mendy.

Senegal mendapatkan tendangan bebas pada menit ke-74. Eksekusi Pape Sarr melebar tipis di sisi kanan gawang.

Inggris membangun serangan pada menit ke-80. Umpan silang Marcus Rashford tampak menggoda, tapi gagal dicocor oleh Kane.

Umpan silang Shaw dari kiri mengarah ke tiang jauh pada menit ke-91. Rashford menyambarnya, tapi berakhir tipis di kanan gawang. Tak ada gol lain sampai peluit panjang berbunyi, Inggris menang 3-0.

(RM – Alam)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top