Piala Dunia 2022: Belanda Ditahan Ekuador 1-1

Bagikan:

AshefaNews – Tim Oranje Belanda versus La Tricolor Senegal bermain imbang 1-1 pada laga kedua Grup A piala dunia 2022 Qatar. Laga penentuan untuk lolos ke babak selanjutnya bagi kedua tim digelar di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Jumat (25/11/2022) malam WIB.

Lewat gol Cody Gakpo di babak pertama, Belanda unggul lebih dulu. Sepakan Enner Valencia, membuat Ekuador menyamakan skor menjadi 1-1 di awal paruh kedua.

Belanda sudah unggul saat pertandingan baru berjalan enam menit. Cody Gakpo membawa Belanda memimpin 1-0 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti.

Davy Klaassen mampu memotong bola di depan kotak penalti Ekuador sebelum menyodorkannya kepada Gakpo. Gakpo kemudian melepaskan tembakan keras dengan kaki kiri untuk menjebol gawang Ekuador.

Ekuador mencoba membalas. Enner Valencia melepaskan tembakan voli yang mengarah ke gawang. Namun bola bisa dihalau oleh Nathan Ake dengan sundulan.

Ekuador kemudian beberapa kali mendatangkan ancaman untuk pertahanan Belanda. Namun, lini belakang Belanda tampil solid untuk menghalau serangan-serangan Ekuador.

Valencia! Penyerang Ekuador kembali menebar ancaman ke gawang Belanda. Dia melakukan tusukan dari kiri sebelum melepaskan tembakan keras ke arah gawang. Kiper Belanda Andries Noppert masih bisa membaca arah bola dan menepisnya.

Ekuador sempat membobol gawang Belanda di injury time babak pertama. Dari tendangan sudut, bola dihalau barisan pertahanan Belanda. Bola yang dibuang itu kemudian disambar Gonzalo Plata dan dibelokkan Pervis Estupinan.

Pemain Ekuador sempat merayakan gol tersebut. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena menilai Jackson Porozo berada dalam posisi offside meski tidak menyentuh bola.

Ekuador langsung menggebrak di awal babak kedua. Enner Valencia membobol gawang Belanda pada menit ke-49 untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Estupinan mendapat ruang dan melepaskan tembakan mendatar dengan kaki kiri dari depan kotak penalti. Bola sempat ditepis oleh Noppert, tapi Valencia dengan cepat menyambar bola muntah untuk menjebol gawang Belanda.

Ekuador nyaris berbalik unggul pada menit ke-59. Tendangan Valencia diblok oleh Van Dijk dan bola muntah disambar oleh Plata. Sial bagi Ekuador, bola tendangan Plata membentur mistar gawang.

Belanda kesulitan menciptakan peluang. Sebaliknya, Ekuador tampil lebih agresif.

Ekuador mendapat pukulan pada menit ke-90 menyusul cederanya Enner Valencia. Kapten Ekuador itu mengalami cedera lutut dan harus ditandu keluar lapangan.

Dengan hasil ini, Belanda masih memimpin klasemen Grup A dengan empat poin, ditempel oleh Ekuador dengan jumlah poin sama. Sedangkan tuan rumah Qatar dipastikan tersingkir.

(RM – Alam)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top