Mantan Pemain Timnas Indonesia Ikut Bersaing di Pemilihan Waketum dan Anggota Exco PSSI

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Komite Pemilihan (KP) PSSI telah mengumumkan  lebih dari 100 nama bakal calon yang mendaftar di Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2203-2027.  Dari nama-nama yang mendaftar, ada sejumlah mantan pemain tim nasional yang ikut meramaikan persaingan pengurus PSSI.

Ketua Komite Pemilihan, Amir Burhannudin mengatakan total ada lima orang bakal calon Ketua Umum, 20 orang bakal calon wakil Ketua Umum, dan 83 orang bakal calon anggota Exco. 

Di posisi bakal calon ketua umum, ada nama AA Lanyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis. 

Di posisi bakal calon wakil ketua umum PSSI, ada mantan pemain tim nasional Indonesia yakni Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman yang ikut meramaikan persaingan. Menariknya, ada juga nama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin amali yang ikut bersaing.

Sementara, ada 83 orang bakal calon anggota Exco. Diantara nama-nama yang muncul, ada juga mantan pemain timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Ketua Komite Pemilihan PSSI, Amir Burhannudin mengatakan, setelah tahap penyampaian berkas pendaftaran, pihaknya akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen para kandidat serta dukungan calon.

Komite Pemilihan memiliki waktu satu bulan untuk menjalani tahapan sampai Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023. Setelah dilakukan verifikasi, Komite Pemilihan akan menyampaikan kepada anggota PSSI serta bakal calon Komite Eksekutif PSSI terkait kekurangan kelengkapan dokumen pada 19 Januari 2023 yang harus dilengkapi.

“Mulai 19 hingga 21 Januari 2023, para bakal calon dan pengusung dapat melengkapi dokumen kekurangan langsung ke Komite Pemilihan PSSI,” kata Amir.

Komite Pemilihan memiliki waktu 10 hari setelah tahap kelengkapan dokumen dari para bakal calon dan anggota Exco PSSI. Selanjutnya mereka akan mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI pada 31 Januari 2023.

Pada 1 sampai 3 Februari, para bakal calon dan anggota Exco PSSI dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding ke Komite Banding Pemilihan jika dinyatakan tidak lolos dalam pengumuman daftar calon sementara Komite Eksekutif anggota PSSI. Komite Banding Pemilihan lalu akan resmi mengumumkan Daftar Calon Tetap Komite Eksekutif PSSI pada 6 Februari 2023.

(GE – Oji)

Scroll to Top