5 pemain timnas prancis yang memiliki penampilan terbanyak di ajang piala dunia

Bagikan:

AshefaNews – Timnas prancis merupakan negara yang cukup sering tampil sepanjang sejarang ajang piala dunia. Timnas ini juga tergolong cukup sukses pada gelaran akbar sepak bola 4 tahunan ini. Prancis telah berhasil memenangkan sebanyak 2 kali juara piala dunia dari 5 kali kesempatan menembus babak final sepanjang sejarang piala dunia yang berhasil ia ikuti. Namun, sayangnya mereka kalah sebanyak tiga kali di babak final, mereka kalah di final dari, timnas brasil, timnas jerman, serta timnas italia. Edisi terakhir ajang piala dunia pada tahun 2018 mereka berhasil menjadi juara. Sehingga, pada piala dunia 2022 di Qatar tahun ini mereka akan datang sebagai juara bertahan. Sejumlah pemain kunci yang membantu timnas prancis menjuarai piala dunia 2018 sedang mengalami cedera seperti ngolo kante serta paul pogba yang terbaru ialah kiper andalan klub ac milan yakni mike maignan yang kemungkinan gagal tampil karena mengalam cedera saat membela klub ac milan di liga italia. Terlepas dari badai cedera yang sedang menerjang timnas prancis, terdapat 5 daftar pemain timnas prancis yang paling sering tampil di ajang piala dunia yakni, sebagai berikut:

1. Thierry Hienry

Thierry hienry merupakan pemain striker prancis yang memiliki rekor penampilan terbanyak sepanjang piala dunia berlangsung legenda asal klub arsenal serta Barcelona ini telah mencatatkan sebanyak 17 penampilan sejak piala dunia edisi 1998 hingga 2010 lalu. Pencapaian terbaiknya ialah membawa timnas prancis menjuarai dunia pada tahun 1998. Selain itu, henry berhasil menjadi top skorer timnas prancis dengan torehan sebanyak 51 gol.

2. Fabian Barthez

Pemain ini memiliki jumlah penampilan yang sama dengan Thierry hienry yakni sebanyak 17 kali penampilan untuk timnas prancis di ajang piala dunia. Kiper legendaris ini hanya tampil pada 3 edisi saja yakni piala dunia 1998, 2002, hingga 2006. Kemampuannya dalam menjaga gawang sudah tidak diragukan lagi yang membuat ia menjadi kiper pilihan pertama di bawah mistar gawang les blues julukan bagi timnas prancis. Walaupun hanya 3 edisi piala dunia, dari 17 kali penampilannya bersama timnas prancis ia hanya kebobolan sebanyak 8 kali. Rekor clean sheet tersebut menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah piala dunia, yang membuatnya sejajar dengan kiper legenda asal timnas inggris yakni, peter shilton.

3. Liilan Thuram

Lilian thuram merupakan pemain legenda dengan posisi bek asal prancis yang memiliki sebanyak 16 kali penampilan untuk timnas prancis. Pada edisi piala dunia tahun 1998 ia tampil dengan percaya diri serta impresif di lini pertahanan yang membuat timnas prancis berhasil menjuarai piala dunia pada tahun 1998. 

4. Maxime Bossis

Pemain dengan posisi bek ini memang sedikit kurang dikenal oleh publik luas, karena ia hanya bermain di liga prancis hingga ia gantung sepatu. Namun, ia berhasil mencatatkan sebanyak 15 penampilan pada ajang piala dunia bersama timnas prancis. Pencapaian terbaiknya ialah saat ia berhasil mengantarkan timnas prancis ke babak semi final piala dunia 1982 dan 1986. 

5. Hugo Lloris

Hugo Lloris telah berhasil mencatatkan sebanyak 15 penampilan bersama timnas prancis hingga saat ini. Jumlah ini masih dapat ditambah, pasalnya ia masih menjadi pilihan utama penjaga mistar timnas prancis hingga saat ini. Dia hanya membutuhkan 3 penampilan saja untuk mencampai rekor penampilan yang dimiliki oleh henry serta barthez. Pencapaian terbaik Lloris ialah Bersama timnas prancis ketika kylan mbappe serta kawan kawan berhasil menjuarai piala dunia pada tahun 2018 di rusia edisi lalu.

(GE – FKR)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top