5 kiper dengan penyelamatan gemilang di ajang piala dunia

Bagikan:

AshefaNews – Dapat berada pada turnamen sekelas paial dunia merupakan impian banyak pemain professional sepak bola dari seluruh dunia. Pemain yang bermain di piala dunia tentu memiliki harga diri yang harus mereka jaga Bersama rekan satu timnya. Apabila kalah dan tersingkir, maka peluang untuk dapat bergabung Kembali pada turnamen 4 tahun sekali itu sangat kecil. Pasalnya, mereka harus melewati babak kualifikasi yang sangat ketat demi mendapat posisi sebagai peserta turnamen piala dunia. Sehingga tak heran pemain yang tampil pada ajang piala dunia akan tampil mati matian untuk membuat negaranya terhindar maupun tersingkir dari ajang piala dunia ini. Berikut merupakan daftar 5 kiper yang berhasil pemnyelamatan gemilang di ajang piala dunia yakni, sebagai berikut:

1. Gianluigi Buffon (Piala Dunia 2006)

Pada pertandingan final, legenda asal Juventus tersebut berhasil melakukan penyelamatan gemilang pada saat berhasil menhalau sundulan dari pemain timnas prancis zinadine Zidane. Hal itu membuat, itala kemudian keluar sebagai juara piala dunia pada edisi tahun 2006 yang lalu. 

2. Oliver Kahn (Piala Dunia 2002)

Nama oliver kahn pastinya tidak asing ditelinga pecinta sepak bola karena pasalnya dirinya merupakan sosok penting bagi kesuksesan jerman menjadi juara piala dunia edisi tahun 2002 di korea selatan dan jepang. Penyelamatan itu terjadi saat jerman menghadapi irlandia, kendati menghadapi gempuran dari Robbie keane serta rekannya, kahn tampil begitu mengesankan dengan mampu mementahkan tendangan tendangan keras dari para pemain irlandia tersebut. Oliver kahn tercatat menjadi pemenang trofi golden gloves serta dinyatakan sebagai kiper terbaik pada sepanjang turnamen piala dunia 2002.

3. Gordon Banks (Piala Dunia 1970)

Gordon banks merupakan kiper legendarais asal timnas inggris, dirinya tercatat pernah melakukan penyelamatan luar biasa pada ajang piala dunia yakni saat berhasil mengahalau sundulan dari pemain asal brasil yakni pele ketika ia mengalami sedikit kesalahan dalam membaca umpan silang yang datang. Namun, secara mengejutkan dengan posisi yang tidak teduga ia mampu menepis sundulan tersebut.

4. Iker Casillas (Piala Dunia 2010)

Pada edisi piala dunia 2010, pertandingan partai final mempertemukan antara timnas spanyol vs belanda pada saat itu. Satu satunya gol yang tercetak ialah dari andres Iniesta pada babak perpanjangan waktu. Akan tetapi, terjadi aksi penyelamatan heroic yang dilakukan oleh Casillas, yakni saat dirinya sedang dalam situasi satu lawan satu dengan pemain belanda arjen robben, Casillas berhasil menepis bola hasil sepakan robben menggunakan kakinya ketika posisi Casillas telah tertipu oleh robben. Hal ini membuat belanda gagal untuk mencetak gol dan harus mengakui kehebatan timnas spanyol pada piala dunia saat itu. 

5. Kossi Agassa (Piala Dunia 2006)

Penyelamatan yang dilakukan kossi ialah melakukan 3 penyelamatan brilian sekaligus yang membuat prancis gagal mencetak gol pada pertandingan saat itu. Penyelamatan pertama terjadi saat ia berhasil menghalau tembakan jauh Sidney govou, bola terpental ke arah trezeguet namun ternyata bola masih dapat ditepis. Kemudian bola Kembali bergerak maju kea rah gawang namun dengan refleknya yang cepat kossi berhasil mengamankan bola tersebut. Meski tampil gemilang pada saat itu, namun kossi tenggelam akibat keberhasilan Gianluigi buffon yang mampu mengantarkan italia sebagai jawara piala dunia pada saat itu.

(GE – FKR)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top