3 negara dengan kartu merah terbanyak di ajang piala dunia

Bagikan:

AshefaNews – Kartu merah merupakan kartu yang dilkeluarkan oleh wasit yang memimpin jalannya sebuah pertandingan akibat terjadinya pelanggaran serta sebagai tanda pengusiran ke luar lapangan baik itu pemain maupun pelatih sekaligus. Pertandingan yang terjadi barusan antara osasuna vs Barcelona, membuat publik terkejut pasalnya pemain andalan lini depan klub Barcelona Robert Lewandowski terkena kartu merah pada laga tersebut, ini merupakan kartu merah yang ketiga kalinya sepanjang ia berkarir professional di klub. Pertama, Robert Lewandowski mendapat kartu merah pada tahun 2007 hingga 2008, saat bermain di Znich pruszkow divisi kedua liga polandia. Kedua, ia diusir dari lapangan saat membela Borussia Dortmund pada musim 2012 hingga 2013. Ketiga, kejadian saat ini di Barcelona, sehingga muncul berbaga teori konspirasi bahwa Robert Lewandowski sengaja mencari masalah agar dihadiahi kartu merah oleh wasit, supaya dapat beristirahat jelang penampilannya pada piala dunia 2022 di Qatar yang menyisakan beberapa hari lagi. Oleh karena itu akan menarik untuk mengetahui negara dengan kartu merah terbanyak pada ajang piala dunia yaitu, sebagai berikut:

3. Uruguay

Timnas Uruguay berhasil mendapatkan sebanyak 9 kartu merah sejak ia mengikuti ajang piala dunia pada tahun 1962 lalu. Timnas Uruguay mendapatkan kartu merah pertama mereka diajang ini ialah saat tergabung di ajang piala dunia 1962 di chile ketika melanggar angel Cabrera. Kemudian pada piala dunia 1986 di meksiko, timnas Uruguay menjadi tim yang menerima kartu merah tercepat yakni dalam hitungan detik saja setelah kick off dimulai. Namun, kartu merah yang membekas ialah pada saat piala dunia 2010 di afrika selatan, saat itu luis suarez melakukan upaya penghadangan bola dengan menggunakan tangannya untuk menggagalkan gol kemenangan bagi timnas ghana, hal ini jelas sebuah pelanggaran yang fatal. 

2. Argentina

Timnas Argentina merupakan salah satu negara kuat pada persaingan di ajang piala dunia, namun sayangnya itu tidak berjalan mulus sesuai yang diharapkan, mereka hanya menjuarai ajang piala dunia sebanyak dua kali pada tahun 1978 dan 1986. Salah satu faktor mengapa mereka sering gagal dalam ajang piala dunia ialah banyaknya jumlah kartu merah yang mereka dapatkan. Timnas Argentina tercatat telah mengumpulkan sebanyak 10 kartu merah dari 81 pertandingan di ajang piala dunia yang telah mereka ikuti sejak piala dunia 1966 di inggris. Diego Maradona sang legenda Argentina juga pernah mengantongi kartu merah pada ajang piala dunia 1982 saat menghadapi timnas brasil. Karena aksi tersebut, Argentina harus menyerah atas timnas brasil dengan skor 3-1 untuk timnas brasil.

1. Brazil

Timnas brazil merupakan salah satu negara paling sukses dalam ajang perhelatan piala dunia. Timnas brasil telah berhasil memenangkan lima trofi piala dunia yakni 1958, 1962, 1970, 1994, serta 2002. Namun, torehan gemilang timnas ini harus sedikit tercoreng akibat jumlah perolehan kartu merah yang timnas ini dapatkan sepanjang mengikuti piala dunia, yaitu sebanyak 11 kartu merah dari 109 pertandingan. Menariknya pada saat kualifikasi piala dunia 2022 zona amerika selatan antara brasil vs ekuador, wasit sempat mengeluarkan sebanyak 2 buah kartu merah dalam satu pertandingan.

(GE – FKR)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top