Motivasi Bisnis Online bagi Yang Baru Merintis

Bagikan:

AshefaNews – Ketika menggulir di jejaring sosial Anda akan melihat ratusan wajah muda menunjukkan kehidupan yang kaya dengan pendapatan besar dari Internet. Percayalah, Anda pun memiliki peluang besar untuk mengulang dan bahkan melampaui kesuksesan mereka. Bagaimana cara memulai bisnis online? Anda membutuhkan motivasi bisnis online dan tips terperinci untuk itu. 

Kalimat Motivasi Bisnis Online

Menemukan kalimat-kalimat motivasi bisnis online merupakan bagian dari langkah memulai bisnis daring. Bagi anda yang akan atau sedang merintis, kalimat motivasi bisnis online berikut akan membuat semangat anda selalu penuh :

“Merintis sebuah bisnis online tak seperti berjudi. Sebuah bisnis adalah pilihan yang bisa sebagai keputusan terbaik di masa yang akan datang. Meskipun anda menderita kerugian, gunakan pengalaman tersebut menjadi pelajaran berharga. Ketika anda telah sukses, gunakan kegagalan tadi sebagai pelajaran supaya dapat semakin maju.”

“Selangkah lagi aku pasti sukses! Katakan kalimat tersebut bila sedang malas, bosan, atau tak memeiliki semangat dalam mengembangkan bisnis. Anda mesti mengerti jika di sekeliling tidak sedikit orang yang bermimpi untuk sukses, akan tetapi tak memiliki kondisi yang sama dengan anda.”

“Ucapkan kepada diri sendiri jika anda mesti berani mencoba bisnis online yang anda yakini bisa sukses. Mantap dengan skill yang anda kuasai. Apabila tak pernah mencoba, anda tak akan pernah tahu keberhasilan.”

Mengapa Membuka Bisnis Online Menguntungkan

Keuntungan utama dari bisnis online yang utama adalah :

  • Kemampuan untuk menjangkau banyak pelanggan potensial – dari berbagai kota, wilayah, negara, dan bahkan benua.
  • Kemampuan untuk memulai dengan modal minimum – dalam banyak kasus, uang hanya diperlukan untuk meluncurkan situs, promosi (iklan).
  • Manajemen sederhana – seorang pengusaha terus mengikuti bisnisnya sendiri, berada di mana saja di dunia.
  • Tidak ada jadwal yang ditetapkan, hanya ada pekerjaan yang menyenangkan.
  • Sebuah kesempatan untuk mewujudkan ide-ide sendiri.
  • Tidak ada batasan jumlah kemungkinan keuntungan dari bisnis online – ide dapat ditingkatkan, dimodernisasi untuk melipatgandakan pendapatan.
  • Staf minimum yang dibutuhkan, tidak ada biaya untuk menyewa ruang kantor, gudang.

Bisnis apa saja yang bisa dibuka di Internet? Masih banyak wilayah yang belum tersentuh online atau tidak berjalan dengan baik di dunia maya. Jangan ragu untuk mengambil “kekurangan” pesaing, memperbaikinya, dan menuai hasil dari usaha Anda. Strategi seperti itu sering kali bekerja lebih baik daripada mengulangi ide-ide yang sudah diterapkan.

Cara Memilih Niche untuk Bisnis Online

Memilih ceruk adalah tempat Anda harus memulai bisnis online Anda sendiri. Penting bahwa ceruk cocok untuk Anda secara khusus dan tidak bertentangan dengan permintaan pengguna. Cara termudah untuk fokus pada kriteria tersebut:

  • Pilih niche yang menginspirasi Anda : Inspirasi memunculkan sejumlah besar motivasi, keinginan, keinginan untuk bekerja meningkatkan ide, membantu melanjutkan apa yang telah dimulai. Pikirkan beberapa kegiatan yang membuat Anda terpesona untuk waktu yang lama dan minat di dalamnya tidak hilang. Meskipun ide awalnya tampak tidak menguntungkan atau sama sekali tidak menjanjikan. Ide bagaimana mengubah hobi menjadi bisnis yang menguntungkan akan datang kemudian. Misalnya: gairah untuk game papan dengan mudah berubah menjadi anti-cafe; hobi makanan lezat – ke sekolah memasak, hobi bermain skateboard – ke toko yang menjual papan skateboard terbaik.
  • Pikirkan tentang keterampilan : Selain hobi, analisis keterampilan, kemampuan, bakat Anda sendiri. Pengetahuan adalah keahlian yang diperlukan untuk mempromosikan bisnis, atau produk/layanan independen. Mungkin ketika masih menjadi mahasiswa Anda juga nyambi bekerja sebagai pelayan, dan sekarang Anda dapat menawarkan ide restoran untuk memodernisasi manajemen personalia.
  • Menilai permintaan potensial : kehadiran penjual mapan dari produk / layanan yang dipilih akan meningkatkan minat pelanggan potensial, membuat mereka ragu, memilih penawaran terbaik. Menggunakan pengalaman pesaing, Anda dapat meningkatkan penawaran, tampaknya merupakan opsi yang paling menguntungkan bagi audiens target. Jangan mencoba untuk memilih ceruk dalam semalam. Tugas tersebut adalah yang paling penting dalam proses memulai bisnis online. Tidak apa-apa jika butuh berbulan-bulan, terkadang bertahun-tahun, untuk menetaskan sebuah ide yang brilian.

Jenis-Jenis Bisnis Online

Secara konvensional, kewirausahaan online dibagi menjadi dua kategori yaitu penawaran layanan dan barang.

Bisnis jasa : Menemukan bisnis jasa yang diminati di antara khalayak luas pelanggan adalah apa yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis online. Saat ini, beberapa jenis bisnis jasa berikut cukup relevan dan diminati :

  • Pemasaran — menerbitkan ulasan/tautan, menyiapkan iklan bertarget, menulis teks SEO, merancang jejaring sosial, membuat buletin untuk bot obrolan.
  • Desain — pengembangan/gambar spanduk, logo, halaman untuk situs web perusahaan, kartu nama.
  • Terjemahan – teks individu, situs web, komunikasi dengan klien asing.
  • Call center – menelepon basis klien pelanggan.
  • Dukungan teknis – menyiapkan program, aplikasi, pelatihan staf.
  • Merealisasikan bisnis – membuat rencana bisnis, mengelola situs web, memikirkan logistik toko online.

Bisnis menjual barang : Kategori bisnis online ini mencakup semua toko online yang ada. Bagi yang tertarik dengan ide bisnis online, disarankan terlebih dahulu untuk mempertimbangkan kategori barang berikut ini:

  • Peralatan – rumah tangga, gadget seluler, aksesori.
  • Grocery – Menjual kategori makanan tertentu atau menawarkan berbagai macam produk sehingga pelanggan bisa mendapatkan semua yang mereka butuhkan di satu tempat.
  • Kosmetik – dalam hal ini, Anda juga dapat berkonsentrasi pada produk dari satu produsen, segmen tertentu, atau menjual kosmetik, produk perawatan, pemijat untuk setiap selera.
  • Produk untuk tukang kebun – benih, tanaman, bibit, peralatan, pupuk, furnitur taman.
  • Barang anak-anak – mainan, pakaian, makanan, kelas master / kuliah untuk orang tua, kegiatan rekreasi.
  • Pakaian – sepatu, jaket, pakaian dalam, topi, sarung tangan, aksesoris.
  • Benda seni – barang antik, buatan tangan, pernak-pernik untuk interior rumah, hadiah.

Sebelum Anda memulai bisnis online, pikirkan tentang platform untuk melakukan penjualan. Ini dapat berupa situs web Anda sendiri atau menggunakan layanan situs marketplace. Untuk terakhir, Anda tidak perlu memikirkan promosi, aspek teknis pengoperasian toko. Biaya layanan situs akan dimasukkan dalam jumlah biaya bulanan. 

Apa yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online dari awal adalah tugas yang sulit dan berisiko. Karena itu, sebelum meluncurkan bisnis, pikirkan hal-hal berikut:

  • Permintaan produk yang akan Anda jual. Menganalisis keberhasilan pesaing, permintaan untuk layanan yang ditawarkan. Cobalah untuk mencari tahu bagaimana pesaing mempromosikan toko online, berapa banyak biaya keuangan dan waktu yang dibutuhkan mengirimkan produk ke pelanggan. Menganalisis ceruk akan memungkinkan layanan analitik mesin pencari Google, Yandex. Jumlah permintaan per bulan akan memungkinkan Anda untuk setidaknya membayangkan secara kasar apakah ide bisnis Anda memiliki peluang.
  • Temukan pemasok. Dianjurkan untuk mencari beberapa mitra untuk menghindari gangguan pasokan barang ketika usaha sudah maju. Mengevaluasi kualitas pekerjaan pemasok menurut ulasan pelanggan. Perhatikan baik-baik produknya.
  • Pertimbangkan untuk membangun staf. Memikirkan cara membuka bisnis di Internet, banyak orang berpikir bahwa mereka akan dapat mengatasinya sendiri. Pada tahap awal, seorang wirausahawan benar-benar dapat mengatasinya sendiri. Namun lambat laun Anda tidak akan lagi punya waktu untuk memproses permintaan yang masuk, beberapa tugas harus didelegasikan kepada pekerja yang andal dan terlatih. Staf toko online biasanya meliputi administrator, manajer konten, manajer penjualan, akuntan, penggerak / pengepakan, kurir.
  • Bekerja dengan freelancer. Disini anda bisa memesan pembuatan logo, desain situs, penulisan deskripsi produk, dan artikel. Penting bahwa semua konten situs yang diposting itu unik – jika tidak, Anda akan ditinggalkan mesin pencari.

(GE-HKM)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top