SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Mengulik Trend Bisnis Tanaman

Bagikan:

AshefaNews – Pilihan usaha dewasa ini semakin berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat kita. Tipe masyarakat yang semakin sibuk berkutat dengan teknologi, tuntutan pekerjaan yang mewajibkan kita berpikir cepat dan instan, tak jarang membuat kita mencari hal-hal yang membuat kita rileks, nyaman, dan tenang. Bisnis tanaman sebenarnya sudah bukan hal baru. Salah satu contohnya adalah Anthurium. Tanaman ini pernah menjadi trend dan mencapai harga hingga ratusan juta rupiah. Lalu bertahun setelah itu  trend jenis tanaman yang diincar oleh masyarakat pun mulai berubah. 

Bagaimana sebetulnya peluang bisnis tanaman ini di kalangan para pengusaha pemula. Dengan range keuntungan sangat lebar, antara puluhan ribu hingga jutaan rupiah per satu buah tanaman yang anda jual, bisnis ini bisa dibilang cukup menggiurkan sebagai sekedar pemasukan tambahan ataupun bagi anda yang menjadikan ini sebagai penghasilan utama. Namun  ada baiknya sebelum anda menekuni bisnis ini, anda melakukan survey ringan terlebih dahulu.

Berikut beberapa tips survey yang dapat anda lakukan dan persiapkan sebelum anda memulai bisnis ini. 

Tentukan jenis  tanaman 

Lakukan survei kecil-kecilan untuk mengamati jenis tanaman apakah yang sedang diincar oleh konsumen. Kita bisa membagi jenis tanaman ini menjadi beberapa bagian, misalnya, jenis tanaman yang dicari oleh kolektor tanaman, jenis tanaman yang dapat digunakan untuk obat- obat herbal, tanaman hias, atau tanaman yang berbuah atau berbunga. Dengan mengenali dan mengkategorikan maka anda dapat memilih mana yang sesuai dengan passion anda, budget yang anda miliki, dan  calon customer yang menjadi incaran anda. 

Tentukan  strategi pemasaran

Banyaknya pilihan  media sosial dan marketplace saat ini tentu akan sangat membantu anda dalam memasarkan produk yang anda jual. Tentu saja anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana mekanisme setiap platform media social ini, mulai dari perlukah membuat akun khusus, pengambilan foto yang menarik, menawarkan dengan live sale,  dan bagaimana metode pembayaran serta pengklaiman hasil penjualan anda. 

Tentukan keunggulan toko anda

Banyaknya usaha serupa di bisnis ini mengharuskan anda mempunyai ciri khas yang akan menjadi unggulan toko anda dibandingkan dengan yang lain. Anda dapat memilih apa yang ingin anda tampilkan. Misalnya, harga yang bersaing, jaminan kualitas, jenis tanaman yang jarang didapatkan, menyediakan customer service untuk berkonsultasi, membuat grup pecinta tanaman, menggunakan aplikasi untuk pemesanan, dan lain sebagainya. Dengan adanya ciri khas ini maka anda akan mempunyai pelanggan setia dan mereka akan dengan senang hati ikut mempromosikan toko anda.

Persiapkan modal

Setelah anda menentukan tiga poin diatas, anda dapat memperhitungkan perkiraan modal yang anda perlukan untuk memulai usaha ini. Jika anda mempunyai modal cukup besar, maka anda dapat memilih jenis tanaman langka yang diminati oleh para kolektor, tetapi jika modal awal anda tidak terlalu besar, maka anda dapat memilih tanaman herbal ataupun tanaman hias yang tidak terlalu mahal sebagai usaha anda. Sisihkan juga dana anda untuk kemungkinan memperluas usaha ataupun menambah jenis tanaman anda.

Lakukan inovasi secara rutin

Supaya bisnis tanaman anda tidak monoton dan menarik, anda perlu mencari ide kreatif untuk melakukan inovasi supaya customer anda selalu bersemangat dan selalu menanti hal-hal baru yang ditawarkan oleh toko anda. Anda dapat berinovasi dengan memberi opsi media tanam yang lebih mudah perawatannya,  memberikan paket tanaman hias, memberikan reward kepada customer loyal, mengadakan lomba ataupun pameran tanaman hias, dan lain-lain. Dengan begitu customer anda akan merasa terservice dengan baik dan kemungkinan anda mendapatkan customer baru juga akan lebih terbuka.

Update pengetahuan

Untuk tetap berada di suatu bisnis maka mau tidak mau anda harus selalu mengikuti perkembangan ilmu di bidang bisnis tersebut. Dengan rajin mencari sumber informasi terkait perawatan tanaman, trend tanaman, dan bahkan informasi peluang ekspor, maka bisnis tanaman anda akan bertahan lama dan sukses.

Selamat mencoba semoga bermanfaat dan berhasil menghasilkan cuan yang fantastis.

(GE – IC)

Scroll to Top