Memanfaatkan Tanah Kosong untuk Bisnis

Bagikan:

AshefaNews Memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis menjadi salah satu ide yang cemerlang di dalam menambah sumber dana pemasukan. Sayangnya, tidak semua pemilik lahan kosong bisa memanfaatkan asetnya untuk membangun usaha tertentu.

Memang menyulap lahan kosong menjadi suatu yang bermakna memang sangat membingungkan. Akan tetapi, ketika dilakukan dengan tekun dan penuh usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Biasanya para pemilik tanah kosong akan menyewakan kepada orang lain. Sehingga, asetnya menjadi sumber passive income. Simak dibawah ini mengenai cara memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis.

Cara Memanfaatkan Tanah Kosong Untuk Bisnis 

Tanah kosong bisa menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Setidaknya, ada beberapa ide untuk memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis sebagai berikut:

1. Bisnis Tanah Kavling

Bisnis tanah kavling sangat menjanjikan, karena investasi tanah semakin lama semakin naik harganya. (Foto: Istimewa)

Bisnis jual beli kavling adalah salah satu bentuk bisnis yang sangat menarik. Terlebih, ketika Anda mempunyai lahan yang tidak terpakai dengan ukuran luas. Untuk jenis bisnis tanah kavling ini bisa memakan biaya yang relatif lebih kecil dibandingkan membeli rumah, apartemen dan properti lainnya. Jenis bisnis yang satu ini sangat mudah dimanfaatkan oleh pemilik lahan kosong. 

2.Membuat Rumah Kontrakan 

Bisnis rumah kontrakan banyak terjadi di kota-kota besar, dan banyak peminatnya di masyarakat. (Foto: Istimewa)

Dengan mempunyai lahan kosong, Anda sudah mempunyai modal besar untuk memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis. Apalagi, ketika lahan kosong yang dibeli harganya masih murah. 

Rumah kontrakan kini semakin banyak diminati oleh kalangan masyarakat, karena banyak orang yang ingin hidup mandiri setelah memasuki kehidupan pernikahan. Di dalam hal tersebut, menyewa rumah menjadi pilihan yang benar. Tidak perlu menyewa rumah kontrakan, karena masih banyak rumah minimalis sederhana dijual dengan harga miring.

3. Membangun Kos-Kosan 

Memanfaatkan tanah kosong untuk kos-kosan sangat menjanjikan dan banyak peminatnya untuk daerah yang dekat dengan universitas atau pabrik. (Foto: Istimewa)

Peluang bisnis ini bisa diterapkan ketika Anda mempunyai lahan kosong dan berada di lokasi strategis. Contohnya, lahan di sekitar kampus bisa di manfaatkan lahan kosong untuk bisnis kos-kosan.

Semahal apapun kos-kosan di lokasi yang strategis, maka masih tetap mempunyai permintaan pasar yang tinggi. Ketika dibandingkan, untuk penghasilan pemilik kos-kosan jauh lebih besar dibandingkan harus menyewa rumah secara kontrak.

Apalagi di saat kos-kosan Anda mempunyai fasilitas yang lengkap, seperti wifi, water heater, wifi dan televisi. Maka, banyak sekali dari kalangan masyarakat yang memilih pada bisnis kos-kosan yang Anda miliki.

4. Dijadikan Lahan Parkir 

Bentuk memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis lainnya, yaitu dijadikan lahan parkir. Terlebih lagi ketika lahan tersebut berada di perkotaan, dimana hunian semakin sempit. Maka tidak ada lagi lahan untuk parkir kendaraan roda empat.

Untuk Anda tertarik menjalani bisnis yang menjanjikan ini, maka harus mencari lahan kosong di lokasi yang strategis. Selain itu, bisa juga dengan menyewa tanah kosong yang berdekatan dengan pemukiman pada penduduk.

Pasalnya, banyak masyarakat yang tinggi di kawasan tersebut untuk tidak mempunyai tempat parkir kendaraannya. Itulah beberapa contoh bisnis yang bisa ditiru, ketika Anda mempunyai tanah yang luas.

Contohnya, kalau lahan kosong ditempati lima mobil dengan biaya sewa Rp200.000,00 – Rp250.000,00 per bulan. Maka, Anda bisa mendapatkan penghasilan sebesar Rp1.000.000,00 – Rp1.250.000,00 per bulannya.

Belum lagi, ketika Anda mempunyai lahan parkir yang bisa ditempati sepuluh kendaraan atau lebih. Maka, semakin banyak passive income yang bisa Anda dapatkan disetiap bulannya.

5. Membuat Tempat Budidaya Tanaman dan Binatang 

Anda bisa memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis sebagai tempat budidaya tanaman maupun binatang. Tanaman rambat atau sayuran juga menjadi salah satu ide yang bagus memulai bisnis di lahan kosong.

Ketika halaman rumah relatif sempit, Anda bisa membuat taman secara vertikal. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan tanaman didalam pot dan ditata secara rapi. Anda juga bisa memanfaatkan halaman belakang untuk memelihara hewan ternak, khususnya ikan lele maupun nila.

Memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis ini sangat memberikan banyak keuntungan. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa bekerja sama dengan orang yang paham dengan budidaya ikan lele.

Dengan pembagian yang adil dan proporsional, untuk budidaya ikan di lahan kosong menjadi sumber pendapatan alternatif. Selain itu, lahan kosong ini bisa menjadi lebih produktif dengan adanya budidaya ikan.

6. Mengembangkan Industri Kecil 

Saat ini, hadir tren home grading bisa memberikan peluang usaha menarik bagi Anda yang mempunyai halaman kecil dirumah. Dengan memproduksi sekam bakar dan pupuk kompos misalnya, yang bisa digunakan untuk penyubur tanaman. Selain untuk dijual, Anda juga bisa menggunakannya sendiri jika sedang budidaya tanaman di rumah.

7. Lapak Usaha 

Ketika Anda bingung memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis, maka bisa menjadikannya lapak usaha. Cara mudah yang bisa digunakan, Adalah menyewa tanahnya kepada orang lain yang lebih siap melakukan berbisnis.

8. Pujasera 

Lahan kosong yang mempunyai lokasi berhadapan langsung dengan jalan besar, maka cocok digunakan untuk usaha pujasera. Anda juga bisa mengajak para penjual makanan kaki lima untuk bergabung berjualan di lahan kosong tersebut.

Nantinya bisa diambil uang sewa tempat di setiap bulannya. Jangan mematok uang sewa yang terlalu mahal agar tetap banyak penjual makanan tertarik bergabung di usaha pujasera ini.

9. Ruang Industri dan Kreatif 

Bekembangnya ide lain yang menggirukan ketika memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis adalah membuat studio kantor maupun fotografi di luar ruangan. Konsep ide ruang industri ini bisa dilakukan sendiri untuk membuat konten digital.

Apalagi, untuk fenomena ini lagi berkembang saat ini adalah influencer, blogger, youtuber dan masih banyak lainnya lagi. Pengambilan gambar juga tidak perlu lagi pergi jauh-jauh menuju lokasi syuting.

Apalagi, di masa seperti sekarang dilakukan pembatasan untuk berkumpul di dalam jumlah lebih banyak . Selain itu, produksi konten juga tetap bisa berjalan dengan baik dan tetap aman.

10. Menjadikan Lahan Kosong Sebagai Apotek Hidup 

Apotek hidup atau obat-obatan alami adalah salah satu pilihan obat alternatif dengan khasiat yang tidak kalah dengan obat pabrikan. Anda bisa memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis untuk memproduksi obat-obatan herbal.

Beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan, yaitu jahe, kunyit, curcuma dan masih banyak lainnya lagi. Setelah itu, Anda juga harus memanfaatkan internet maupun sosial media sebagai media promosi dan pemasaran produk.

Kesimpulan

Pilih salah satu cara memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis yang sudah disebutkan di atas. Akan lebih baiknya, Anda menyesuaikan budget yang dimiliki agar tidak berhenti di tengah-tengah jalan.

Ketika memang di kondisi yang kepepet dan membutuhkan dana, maka bisa mengajukan pinjaman di bank. Sesuaikan juga pinjaman yang diajukan berdasarkan pendapatan yang didapatkan setiap bulan agar tidak terjadi kendala di kemudian hari.

Sekian penjelasan mengenai beberapa 10 ide memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis dan semoga bisa memberikan banyak manfaat!

(FR – ANG)

Scroll to Top