SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

7 Kesalahan dalam Berbisnis Pemula yang Harus di Hindari

Bagikan:

AshefaNews – Seorang pebisnis terutama yang masih pemula harus tahu apa saja kesalahan dalam berbisnis yang harus dihindari. Pada dasarnya memang kesalahan dalam bisnis itu bisa saja terjadi. 

Kesalahan bisnis adalah hal yang wajar karena tidak ada jalan yang mulus untuk meraih kesuksesan bisnis. Namun, masih ada beberapa kesalahan dalam bisnis yang bisa Anda hindari. 

Apa saja kesalahan tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

7 Kesalahan dalam Berbisnis yang Terabaikan 

Kesalahan dalam berbisnis adalah suatu hal yang wajar dan pasti akan terjadi ketika Anda menjalankan bisnis. Namun tidak semua masalah terjadi karena ketidaksengajaan. 

Karena masih ada beberapa hal yang sengaja pebisnis abaikan sehingga dapat menimbulkan permasalahan. Maka dari itu jika masih ada kesalahan yang dapat dicegah, segera cegah seperti beberapa kesalahan berikut. 

1. Tidak Menyiapkan Rencana Bisnis 

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan pelaku usaha yang tidak menyiapkan rencana bisnis. Ada banyak faktor yang mengakibatkan hal ini terjadi seperti terlalu terburu-buru dan tidak sabar memulai bisnis. 

Padahal memulai merintis bisnis bukanlah sesuatu hal yang mudah apalagi bagi Anda pemula yang baru terjun ke dunia bisnis. Sehingga akan cenderung terburu-buru hingga tidak memikirkan konsekuensi kedepannya. 

Bisnis yang dari awal merintis adalah hasil terburu-buru tanpa adanya perencanaan yang matang cenderung sulit bertahan dalam waktu lama. Maka tidak heran jika masih banyak bisnis yang lebih cepat gulung tikar. 

Hal ini terjadi karena Anda tidak tahu langkah apa yang akan diambil kedepannya. Apalagi setiap bisnis pasti akan mengalami fase naik turun. 

Tanpa adanya perencanaan Anda tidak akan tahu upaya apa yang harus dilakukan ketika bisnis sedang turun. Dan juga tidak tahu upaya untuk mempertahankan agar bisnis tetap berada pada fase naik. 

Perencanaan bisnis yang baik dan matang dapat menjadi panduan dalam menjalankan bisnis. Seperti sudah tahu segmen pasar dan mendapatkan konsumen yang tepat untuk bisnis Anda. 

2. Tidak Riset Pasar 

Kesalahan dalam berbisnis yang cukup fatal adalah para pelaku bisnis tidak melakukan riset pasar. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa kegiatan riset pasar tidak terlalu berpengaruh ke bisnis. 

Padahal hal ini tidak boleh Anda abaikan begitu saja, karena Anda masih perlu melakukan uji produk sebelum mulai berbisnis. Tanpa adanya riset pasar, Anda tidak akan tahu apakah orang akan membeli produk tersebut nantinya. 

Kenyataan ini sering kali disangkal oleh para pelaku bisnis terutama pemula. Hal ini karena sudah merasa bahwa apa yang dipasarkan sudah sesuai dengan minat masyarakat. 

Beranggapan bahwa produk bisnis adalah produk terbaik dan banyak masyarakat butuhkan memang tidak salah. Namun apa Anda benar-benar sudah memastikan bahwa masyarakat juga berpikir demikian. 

Bisa saja apa yang Anda pikirkan dan luncurkan tidak sesuai dengan apa yang masyarakat butuhkan. Meskipun masih ada yang merasa butuh tetapi tidak keseluruhan sehingga penjualan tidak dapat maksimal. 

Rasanya akan percuma jika Anda hanya fokus mengembangkan produk yang justru tidak ada yang menginginkan.  Bahkan Anda saja tidak dapat menentukan segmentasi pasar yang tepat. 

3. Mengabaikan Kompetisi

Pasti akan banyak pihak yang berusaha memberikan Anda nasihat untuk tidak terpengaruh dengan apa yang dilakukan orang lain. Hal ini tentu saja benar, karena tujuan setiap orang pasti tidak sama. 

Sehingga sudah sebaiknya jika Anda lebih fokus ke diri sendiri jangan membandingkan dengan orang lain. Namun tidak secara 100% Anda harus fokus ke bisnis sendiri. 

Karena ada saatnya jika Anda juga harus tepat mengawasi pergerakan kompetitor. Anda harus tahu bisnis mana yang bisa menjadi pesaing dekat kategori produk yang Anda jual. 

Sebenarnya menjual produk yang sama dengan kompetitor lain adalah hal yang lumrah. Namun, jangan sampai produk tersebut memiliki kualitas yang sama dengan bisnis lain dan harganya justru jauh lebih mahal. 

Jika ini Anda lakukan, tentu saja akan kalah dengan kompetitor lain dalam pasaran. Maka dari itu Anda perlu melakukan riset terhadap kompetitor sebelumnya. 

Tidak lupa untuk meriset kejenuhan pasar, apalagi jika produk kurang bervariasi. Sehingga ini bisa menjadi pertimbangan untuk pembaruan bisnis kedepannya. 

4. Salah Menetapkan Harga

Kesalahan dalam berbisnis selanjutnya adalah salah dalam menetapkan harga. Tentukan harga yang tepat jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah. 

Jika harga terlalu tinggi, maka tidak akan mendatangkan konsumen. Begitu sebaliknya, jika harga terlalu rendah Anda akan justru hanya akan mendapatkan kerugian. 

Hitung seluruh biaya dan bagaimana harga dapat mempengaruhi laba bersih usaha tersebut. Pastikan jika harga yang Anda pilih adalah harga yang sudah sesuai sehingga tetap mendapatkan keuntungan. 

5. Malas Belajar dari Usaha Orang Lain

Hingga saat ini masih banyak pebisnis pemula yang malah belajar dari usaha orang lain dengan alasan apapun. Tentu saja kondisi ini menjadi salah satu kesalahan dalam berbisnis yang tidak banyak orang sadari. 

Kebanyakan orang merasa terlalu bangga sehingga tidak suka meminta nasihat dari orang lain. Bahkan justru merasa takut jika idenya dicuri oleh orang lain, namun masih ada juga yang tidak tahu bantuan dari luar yang tersedia. 

Bagi Anda pebisnis pemula perlu berkumpul dengan para pebisnis yang telah memiliki banyak pengalaman. Tujuannya agar dapat menyerap banyak pengetahuan dari pengalaman-pengalaman pebisnis tersebut. 

Melakukan diskusi dan meminta nasihat ke orang yang memang sudah berpengalaman dalam bisnis akan sangat bermanfaat. Salah satunya dapat membantu Anda untuk terhindar dari kegagalan usaha yang sama. 

6. Pengelolaan Keuangan Kurang Tepat 

Salah satu kesalahan dalam berbisnis yang sering orang abaikan adalah dalam segi pengelolaan keuangan yang kurang tepat. Padahal untuk bisnis yang masih berskala kecil tidak terlalu rumit dalam mengelola keuangan. 

Namun saat Anda sudah memegang bisnis dalam skala yang besar, harus memanajemen keuangan dengan baik. Pengelolaan keuangan yang baik akan sangat menguntungkan bagi bisnis. 

Selain itu, Anda juga dapat melihat berbagai aspek keuangan seperti laba, rugi, modal dan lain sebagainya. Dengan pengelola keuangan yang baik, Anda bisa mengambil keputusan yang lebih akurat. 

Maka dari itu Anda sangat perlu melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Agar seluruh usaha bisa berjalan lancar dan dapat mencapai target pasar. 

7. Kurang Memahami Apa yang Dijual 

Kesalahan dalam berbisnis pasti tetap ada, namun kesalahan yang satu ini sering diabaikan oleh para pebisnis. Apa kesalahan tersebut? Yaitu kurang memahami apa yang dijual. 

Sehingga dalam hal ini Anda masih perlu berhati-hati untuk menentukan apa yang akan Anda jual. Satu hal penting yang harus Anda ketahui adalah memahami produk sendiri secara lebih dalam. 

Tentunya hal ini bertujuan untuk dapat menyusun proposisi penjualan yang unik. Pasti akan menimbulkan masalah jika Anda hanya mengikuti trend bisnis tanpa mendalaminya terlebih dahulu. Seorang pebisnis sudah seharusnya mengetahui dan menghindari 7 kesalahan dalam berbisnis diatas. Ini penting untuk Anda lakukan agar mendapatkan keuntungan dan mencapai kesuksesan bisnis.

(GE – DS)

Scroll to Top