Bisnis Franchise Dibawah 5 Juta, Mana Saja Pilihannya

Bagikan:

AshefaNews – Waralaba atau franchise adalah model bisnis di mana satu perusahaan mengalihkan kepada individu atau perusahaan lain hak untuk melakukan bisnis yang identik di bawah merek dagangnya dengan biaya yang sesuai. Setiap franchise ada biaya pembeliannya. Berikut daftar terbaik bisnis franchise dibawah 5 juta.

Apa Itu Bisnis Franchise

Pihak-pihak dalam transaksi waralaba disebut franchisor dan franchisee. Franchisor adalah perusahaan yang menyediakan franchise, franchisee, masing-masing, adalah pihak yang memperolehnya. Contoh yang bagus adalah restoran KFC. Semua kota memiliki makanan cepat saji ini, tetapi penyelenggaranya adalah pengusaha lokal yang telah membuka bisnis waralaba dan menghasilkan keuntungan.

Selain franchise, franchisor dan franchisee, ada konsep khusus lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu :

  • Pengetahuan adalah informasi yang membantu menjalankan bisnis dan hanya diketahui dalam organisasi ini. Ditransfer ke franchisee bersama dengan lisensi.
  • Lisensi adalah hak yang terdokumentasi untuk menjalankan bisnis. Bertindak sebagai objek waralaba bersama dengan merek dan pengetahuan.
  • Perjanjian waralaba dapat disebut perjanjian lisensi (dalam hal pengalihan kekayaan intelektual) atau perjanjian konsesi. Inti dari ini tidak berubah. Poin utama dari perjanjian semacam itu adalah biaya lump-sum – pembayaran untuk pembelian merek dagang atau stok barang tertentu. Biaya lump-sum dibayarkan setiap kali kontrak diperpanjang.
  • Selain pembayaran ini, pemilik waralaba juga menerima royalti. Royalti waralaba adalah biaya reguler dan berkala untuk menggunakan waralaba. Itu dapat dibayarkan sebagai jumlah tetap atau sebagai persentase dari keuntungan. Semua ini diatur dalam kontrak dan merupakan kepentingan utama franchisor, bersama dengan biaya lump-sum.

Paket yang diterima franchisee :

  • Starter kit yang diterima franchisee disebut paket franchise. Kumpulan dokumen ini meliputi:
  • Dokumen hukum yang mengatur jenis kegiatan ini (lisensi, izin, dll.);
  • Buku merek, yang dengannya ruang ritel dirancang;
  • Kebijakan manajemen personalia;
  • Panduan manajer.

Selain itu, paket waralaba dapat mencakup berbagai pelatihan untuk karyawan, perangkat lunak, manual bisnis, dan banyak lagi. Semua dokumen ini bertujuan untuk memastikan bahwa penerima waralaba memahami semangat korporat perusahaan sesegera mungkin dan mulai bekerja sesuai dengan standar.

Perusahaan waralaba menawarkan layanan mereka secara online. Orang dapat berkenalan dengan penawaran mereka, membandingkan kondisi, dan meninggalkan aplikasi dengan sumber daya khusus.

Selain waralaba utama, ada juga system franchise dimana pengusaha yang membelinya tetap menjadi satu-satunya pemilik di wilayah tertentu (kota, wilayah, wilayah). Wajar saja, kontribusi lump sum dan royalti akan besar , tetapi pendapatan pengusaha juga lebih tinggi .

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise

Pada intinya, waralaba adalah salah satu jenis program afiliasi. Seperti halnya kegiatan bisnis, bisnis waralaba memiliki plus minus. Keuntungan membeli waralaba:

  • Risiko minimal. Membeli waralaba, seorang pengusaha melewatkan tahap penciptaan dan promosi. Sebelum dia, ini sudah dilakukan oleh pemiliknya. Dengan demikian, keuntungan tidak harus menunggu bertahun-tahun. Dan hampir tidak mungkin untuk membuat kesalahan dalam manajemen, salah menilai situasi pasar, karena bisnis diatur oleh pemilik waralaba.
  • Merek yang sudah mapan. Pengenalan merek sudah ada, sehingga tidak akan menghabiskan uang untuk iklan.
  • Keuntungan pertama cepat. Karena tidak ada biaya yang terkait dengan pembukaan perusahaan baru (seperti iklan, sewa, dll.), keuntungan pertama mulai mengalir di bulan pertama operasi.
  • Biaya iklan berkurang. Karena fakta bahwa merek dagang perusahaan sudah “dipromosikan” bagian terbesar dari anggaran disimpan. Lagi pula, diketahui bahwa lebih dari 40% laba pada periode pertama operasi perusahaan digunakan untuk biaya iklan.
  • Kemungkinan pelatihan dan konsultasi di pemilik waralaba. Ketertarikan pada kesuksesan cabang tidak hanya di antara para franchisee, tetapi juga di antara pemilik merek dagang. Oleh karena itu, kontrol dan koreksi kesalahan ada di semua tahap. Ada jaminan dukungan dan bantuan untuk membantu Anda mencapai tingkat penjualan yang sukses.

Sementara kekurangan yang melekat pada bisnis franchise diantaranya :

  • Kurangnya ruang bagi franchisee untuk bermanuver. Tidak mungkin membuat keputusan sendiri, karena seluruh proses diatur oleh penjual merek. Untuk memperkenalkan inovasi apa pun, mereka harus disetujui oleh pemilik waralaba.
  • Pembayaran wajib. Lump sum dan royalti, pembelian barang wajib minimum – pembayaran wajib ini harus selalu disesuaikan dengan keuntungan. Sedangkan seorang pengusaha bebas membuang pendapatan yang diterima atas kebijaksanaannya sendiri.
  • Biaya transaksi tinggi. Merek-merek terkenal mengenakan banyak biaya untuk merek dagang dan model bisnis mereka, terutama untuk waralaba master.
  • Kontrol penuh oleh franchisor. Selain, mungkin, konsesi gratis, pemilik merek dagang akan mengontrol secara ketat seluruh proses bisnis. Untuk pengusaha berpengalaman, ini sangat tidak diinginkan.
  • Ketidakmungkinan mengubah model saat ini. Sekalipun perangkat pemasaran Anda lebih berhasil dan strategi kerja Anda lebih baik, Anda tidak akan dapat menerapkannya. Semua proses diatur secara ketat.

Daftar Pilihan Bisnis Franchise Dibawah 5 Juta

Bilamana anda ingin meminimalkan risiko tinggi dalam merintis bisnis, anda dapat membina kerjasama  dengan membeli hak franchise. Kini, tersedia beragam bisnis franchise di bawah 5 juta yang balik modalnya cepat dan minim risiko. Berikut daftarnya :

  • Kebab Turki : pilihan pertama bisnis franchise dibawah 5 juta ini sangat menarik. Kuliner khas Timur Tengah ini tentu saja disukai banyak orang dari dulu. Sebagai langkah merintis kerjasama bisnis ini, anda cuma perlu menyediakan dana kira-kira Rp5 jutaan saja. Pastinya berkat potensi konsumen yang luas, anda akan dapat segera balik modal.
  • Crispy Crab : Snack yang satu ini pernah populer beberapa saat lalu. Bisnis franchise ini pun dapat anda pilih yang modal awalnya dari Rp3 jutaan. Yang cukup mengesankan, rantai franchise ini tak menggunakan royalti dari penjualan yang dihasilkan. Anda dapat memperoleh laba penuh.
  • Lima Warna : Bisnis franchise dibawah 5 juta ini berupa minuman kekinian berbentuk boba dan dalgona. Merek ini telah memiliki lebih dari 300 outlet di tanah air. Lima Warna menyediakan paket franchise yang modalnya dari Rp 5 jutaan sampai Rp 50 jutaan.
  • Nyoklat Super : bidang usaha minuman kekinian memang tak ada matinya. Franchise ini mengusungi merek Nyoklat Super yang telah ada dari 2013 silam. Hanya perlu dana dari Rp 4 juta, anda sudah dapat mulai berusaha. Yang cukup mengesankan, franchise ini pun tak memberlakukan fee royalti. Keuntungan pun maksimal didapat.
  • Mobo Thai Tea : untuk anda penggemar thai tea, ketimbang cuma sebagai pembeli, lebih asyik jika membuka bisnis minuman ini sendiri. Mobo Thai Tea adalah waralaba minuman boba dan thai tea kekinian yang menawarkan beraneka menu. Paket bisnis yang tersedia pun banyak dan murah, dengan dana dari Rp4,5 juta anda sudah dapat mulai berbisnis. Paket bisnis prospektif ini pun tak memungut royalti untuk mitra bisnis.

(GE – HKM)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top