Bagaimana Memulai Bisnis Konstruksi dan Properti untuk Pemula

Bagikan:

AshefaNews – Real estate atau properti sebagai bisnis adalah salah satu bidang investasi dan kewirausahaan yang menjanjikan dengan kemungkinan laba bersih antara 30-800% di tahun pertama. Bagaimana cara memulai bisnis konstruksi dan properti yang cepat menghasilkan bahkan untuk pemula?

Properti adalah salah satu objek investasi yang paling padat modal. Tentu saja, Anda dapat menggunakan dana pinjaman, tetapi opsi ini akan menghasilkan lebih sedikit keuntungan, selain itu, Anda harus menjual kembali objek sesegera mungkin, sampai pembayaran pinjaman menutupi keuntungan dari transaksi. Jika Anda tidak memiliki modal awal, Anda dapat menggunakan strategi menarik investor atau mencari pembeli terlebih dahulu dan kemudian membeli properti itu menggunakan dana mereka.

Ada berbagai cara untuk memulai bisnis konstruksi dan properti atau real estate, tergantung pada strategi bisnis mana yang cocok untuk Anda. Ada lebih dari selusin ide bisnis real estat yang menghasilkan keuntungan yang mengesankan. Dan semuanya jauh lebih mudah diterapkan bila memang tahu ilmunya.

Bisnis Penjualan Kembali Apartemen, Rumah dan Properti Komersial

Ide paling sederhana untuk masuk ke bisnis ini didasarkan pada pembelian suatu objek properti di pasar lelang yang biasanya diadakan pihak bank atau instansi pemerintah. Harga properti ini biasanya dengan diskon yang cukup besar dari nilai pasar sebenarnya. Di lelang ini Anda dapat membeli perumahan, properti komersial maupun industri.

Tentu saja, investor terlebih dahulu perlu mempelajari semua seluk-beluk membeli properti hasil sitaan dan memperhitungkan adanya persaingan. Aturan sederhana berlaku di sini: semakin cair objeknya, semakin banyak orang yang ingin membelinya. Menurut mayoritas, real estat seperti itu dapat disebut cair bila terletak di pusat atau daerah terdekat, tidak memerlukan investasi besar, perbaikan, sehingga cepat dijual. Namun memang kenyataannya sedikit lebih rumit sebab akan ada banyak investor yang berminat dengan properti yang berharga murah itu.

Selain investasi dalam bentuk dana, Anda pun perlu: keterampilan untuk berpartisipasi dalam proses lelang properti; kemampuan untuk menganalisis pasar dan lot tertentu untuk menghitung harga pembeliannya; kemampuan untuk mengidentifikasi properti yang liquid atau potensial dengan sedikit persaingan menggunakan data awal yang minimal.

Menyewakan Properti Komersial atau Residensial.

Jika Anda memiliki modal awal dan waktu minimal enam bulan, maka Anda dapat membangun pusat perbelanjaan, gudang, atau gedung perkantoran. Untuk mengimplementasikan ide bisnis seperti itu, Anda perlu mengurus semua izin, memesan proyek, mengatur konstruksi. Namun yang lebih menarik adalah alternatifnya yaitu membeli real estat komersial yang bangkrut (objek siap pakai) di lelang dan kemudian disewakan. Dalam hal ini, bukan lagi likuiditas yang dikedepankan, melainkan potensi profitabilitas.  Ada beberapa kriteria pemilihan objek antara lain: periode pengembalian; permintaan dari penyewa; dan kondisi teknis. Penting untuk memastikan proporsi antara jumlah investasi dan ukuran sewa, sehingga objek properti tetap menarik bagi penyewa, kompetitif dan menguntungkan bagi investor. Jika Anda membutuhkan penghasilan yang stabil dari properti, maka solusi terbaik bagi adalah mencari objek untuk sewa jangka panjang, misalnya, keluarga muda, pelajar, atau karyawan.

Menyewakan Kembali Properti untuk Tujuan Komersial

Sepintas terlihat sederhana: Anda hanya tinggal menyewa properti atau fasilitas komersial lainnya semurah mungkin, sehingga nantinya Anda bisa menyewakannya kepada pihak lain semahal mungkin. Bahkan bila ukuran properti itu besar, maka akan lebih menguntungkan untuk menyewakannya bukan kepada satu, tetapi ke beberapa penyewa (pendekatan ini dipraktikkan di mal modern).

Jual Beli Lahan

Macam bisnis properti lain yang dapat digeluti yaitu jual beli tanah. Apabila jual beli perumahan memprioritaskan bangunannya maka bisnis yang satu ini cukup menjual lahan saja. Bisnis ini dinamakan pula jual beli kavling. Bisnis jual beli tanah sering dijumpai di berbagai kota atau wilayah dengan penduduk yang padat. Akibat terbatasnya lahan maka bisnis jual beli tanah pun terus berkembang.

Mengontrakkan Rumah

Di samping melakukan jual beli lahan dan perumahan, anda pun dapat memasuki bisnis konstruksi dan properti dengan menyewakan rumah. Usaha ini dapat dengan mengontrakkan rumah dengan pembayaran  harian, bulanan atau tahunan. Sesuai perjanjian dengan konsumen yang akan mengontrak. Untuk menjalankan bisnis ini, anda cuma berpromosi supaya rumah yang hendak dikontrakkan menarik minat konsumen. Umumnya, bisnis kontrakan rumah ini tumbuh pesat di kawasan yang ramai, misalnya perkotaan atau daerah yang memiliki mobilitas tinggi seperti di dekat kawasan perkantoran, kampus, sekolah dan juga pabrik.

Konstruksi Bangunan

Adapun untuk bisnis konstruksi, Anda dapat memasuki bisnis pembangunan perumahan. Pada bisnis ini, anda memiliki tugas membangun gedung untuk sekolah, rumah sakit, hotel, ruko, perkantoran, atau tempat tinggal. Bisnis konstruksi biasanya bukan untuk perorangan namun di bawah perusahaan. Proyek yang ditangani pun biasanya membutuhkan modal yang cukup besar. DI perusahaan konstruksi ada beberapa tenaga ahli yang dibutuhkan mulai dari teknik sipil, arsitek, desain interior dan juga bagian keuangan.

Renovasi Rumah

Dikenal pula bisnis konstruksi dan properti yang mengambil spesialiasi hanya pada renovasi rumah. Bisnis konstruksi dan properti ini memiliki tugas merenovasi berbagai kerusakan dari sebuah bangunan. Umumnya, perusahaan yang menggarap proyek renovasi ini hanya perusahaan berskala kecil. Kendati demikian, para pekerjanya adalah tenaga ahli di bidangnya. Di sini diperlukan keahlian untuk menghitung biaya perbaikan dari sebuah bangunan termasuk memperhitungkan harga-harga bahan bangunan saat ini. Dengan begitu tak akan mengalami kerugian gara-gara salah menghitung. Karena itu relasi dengan toko bahan bangunan sangatlah penting sebab dengan begitu anda dapat mengetahui dengan pasti berapa harga bahan bangunan yang akan digunakan untuk merenovasi.

Memulai Bisnis Konstruksi dan Properti dengan Sedikit Investasi

Sulit jika Anda hanya bertindak secara acak, jadi kita harus menggunakan skema yang telah terbukti dan algoritma analisis yang bahkan dapat ditangani oleh pemula, karena teknik itu sudah terbukti mampu memilih properti yang likuid. Apartemen dengan satu dan dua kamar tidur adalah properti yang paling diminati dan paling cocok untuk memulai bisnis yang satu ini.  

Saran utama untuk pemula adalah jangan takut membeli apartemen atau properti dalam kondisi tidak sempurna. Tentu saja, kita tidak berbicara tentang perumahan yang bobrok yang tidak layak untuk ditinggali. Harus diingat bahwa struktur pendukung properti yang dijual kembali harus dalam kondisi baik mulai dari fondasi bangunan, dinding luar dan dalam, dan langit-langit.

Anda pun dapat membeli objek properti pada tahap konstruksi yang kemudian teruskan pembangunannya dan lalu dijual ketika sudah jadi sepenuhnya. Secara teoritis, membeli properti pada tahap masih pembangunan adalah sepertiga lebih murah daripada harga pasar ketika sudah jadi. Kemudian temukan pembeli untuk properti yang jadi itu. Anda pun dapat mencoba mengalihkan fungsi dari properti itu. Sebagai hasil dari konversi perumahan menjadi kantor atau fasilitas komersial maka harga real estat akan meningkat secara dramatis.

(GE – HKM)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top