7 Ide Bisnis Modal Kecil Paling Menjanjikan

Bagikan:

AshefaNewsIde bisnis modal kecil untung besar seringkali menjadi banyak kendala karena itu dilakukan oleh mereka yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis. Padahal di zaman serba canggih sekarang ini, hal tersebut itu pun bukanlah menjadi kendala besar lagi.

Karena memulai bisnis ini tidak harus selalu punya modal besar sampai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Asal kamu sendiri memiliki niat dan perencanaan yang baik untuk memulai nya, maka kamu sudah bisa memulai bisnis dengan modal hanya Rp 1 juta.

Bahkan dengan modal sekecil itu, kamu bisa meraup keuntungan yang berlipat jika memiliki perencanaan usaha yang baik.

Ide Bisnis Modal Kecil 

Zaman sekarang ini banyak sekali bisnis yang modal kecil tapi untung besar bahkan sangat menjanjikan dan cocok dilakukan oleh pemula atau bisa menjadi pebisnis rumahan. Rupanya belakangan ini juga, banyak sekali bisnis dengan modal kecil untung besar. Namun bisa menjadi usaha trend yang diminati banyak kaum milenial. Tapi, tidak dipungkiri banyak diminati juga oleh kaum lainnya.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan fleksibilitas untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran sendiri, uang yang didapatkan jauh lebih besar, serta mempunyai hak untuk menyusun jam masuk dan pulang kerja sendiri. Karena alasan-alasan tersebutlah yang patut disadari dan dapat memacu kita untuk membuka bisnis dari rumah sendiri.

Namun, jika kamu masih saja bingung harus membuka bisnis apa dengan modal segitu,maka kamu bisa mencoba contoh bisnis dibawah, carilah yang sesuai minat kamu.

1. Usaha Salon Rumahan 

Jika kamu memiliki keahlian dalam urusan rambut, maka bisnis yang satu ini akan sangat menjanjikan. Karena salon bisa saja dimulai dengan modal yang terbatas, yaitu dengan menyediakan layanan seperti potong rambut dan creambath saja.

Sementara untuk memulainya dengan modal yang murah, kamu bisa mengawali bisnis salon ini dengan sistem booking online, jadi kamu cukup menyiapkan alat-alat nya saja yang bisa dibawa untuk ke rumah pelanggan atau yang sudah menyewa jasamu.

2. Jual Menu Sarapan

Untuk memulai bisnis modal kecil ini tidak dibutuhkan ruangan yang spesifik. Karena bisnis menu sarapan yang dengan modal minim ini bisa saja memanfaatkan halaman depan rumah untuk menjual makanan tersebut. Kamu cukup menyediakan menu yang sederhana dan tidak memakan waktu yang lama untuk mengolahnya. Seperti Bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, hingga gorengan, terus ditambah kopi sebagai pelengkap menu sederhana yang punya nilai jual tinggi.

Modalnya pun juga terbilang kecil untuk memulai usaha ini, yaitu bisa sekitar Rp4 juta per bulan. Dari angka tersebut, sekitar 80%-nya kamu akan digunakan untuk membeli bahan baku seperti telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran lainnya. Sisanya bisa untuk membeli minyak goreng, gas, dan juga biaya transportasi.

3. Aneka Minuman Kekinian

Minuman merupakan salah satu bidang bisnis yang masih sangat menjanjikan, Karena dengan mengingat semua orang sangat membutuhkan minum bahkan ada yang suka minuman unik.

Maka dari itu,kamu bisa membuka usaha minuman yang kekinian sesuai target pasar yang dituju, misalnya aneka teh, es kopi susu, minuman rasa buah, rasa sirup atau varian minuman lainnya.

4. Jasa Membuat Hampers

Sebuah permintaan akan berbagai hampers yang menarik untuk kado pernikahan maupun perayaan lainnya semakin tinggi. Pasalnya isi hampers sendiri juga sangat beragam, bisa berupa kosmetik, pakaian, aksesoris hingga berbagai makanan bahkan kue yang unik dan lezat.

Agar lebih mudah menjangkau pelanggan,kamu bisa menjualnya dengan pemasaran online melalui media sosial dan email tentu yang bisa dimaksimalkan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sampingan ini tidak banyak yakni modal kecil ini bisa dimulai dari Rp1 juta – Rp3 juta untuk biaya kemasan, alat-alatnya, pita, isian dari hampers dan uang pengirimannya.

5. Bisnis Laundry

Bisnis laundry atau jasa cuci yang satu ini tidak harus selalu bermodalkan puluhan juta rupiah karena harus beli mesin cuci.  Namun kamu bisa memulai usaha laundry dengan modal Rp 1 jutaan saja.

Caranya, kamu bisa bekerja sama dengan usaha laundry yang sudah lebih besar. Disana kamu dapat berperan sebagai pihak yang mencarikan pelanggan laundry, menjadikan tempat kamu sebagai lokasi menampung pakaian-pakaian pelanggan, atau menyetrika dan melipat baju. Nah dari situ, kamu bisa mendapatkan komisi per pesanan atau bahkan per potong pakaiannya.

6. Jasa Cuci Motor

Masih tentang usaha cuci-mencuci, selain usaha laundry  kamu juga bisa mencoba usaha cuci motor. Tempatnya juga bisa di depan rumah kamu sendiri, yang terpenting kamu cukup siapkan alat-alat pembersih dan pastikan dekat dengan sumber aliran air.

Dan jika usaha kamu sudah berkembang, kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan kompresor untuk kebutuhan mencuci motor lainnya.

Selain dalam bentuk tempat cuci motor, kamu dapat menjalankan usaha ini dengan model home care atau datang ke rumah pelanggan.

7. Menjual Jajanan Sekolah

Berbagai jenis jajanan sekolahan ini biasanya cukup populer, terutama di kalangan anak-anak hingga anak muda. Selain citra rasanya yang lezat, jajanan sekolahan  biasanya juga terbilang cukup mudah untuk dibuat. Hal ini yang akan sangat membantu dan mempermudah kamu untuk memulai usaha rumahan ini, bahkan meskipun ini baru akan menjadi usaha pertama yang akan kamu jalankan.

Manfaatkan Peluang, Memaksimalkan Keuntungan

Untuk yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil atau usaha sampingan dengan modal kecil, kamu harus tau berbisnis bukan hanya sekedar memiliki modal dan berjualan saja. Tapi berbagai faktor bahkan hal yang terkecil pun atau hal yang tidak terduga sama sekali bisa mempengaruhi kesuksesan dalam sebuah bisnis.

Salah satunya adalah peluang, jadi untuk kamu yang mulai usaha selalu pantau trend dan hal menarik apa saja yang sedang diminati oleh banyak orang saat ini, lalu manfaatkanlah hal tersebut sebagai langkah awal untuk memulai bisnis pertama kamu sampai sukses.

Itulah ide bisnis modal kecil yang dapat Kamu coba. Dengan modal yang minim, kamu tentunya masih bisa meraup keuntungan yang besar jika pandai dalam mengelola bisnis tersebut.

(GE – GUR)

Scroll to Top