SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Ide & tips Memulai Usaha Tanpa Modal

Bagikan:

AshefaNews – Siapa yang bilang memulai usaha membutuhkan modal yang besar? Buktinya, ada banyak usaha tanpa modal yang bisa dicontoh dan pastinya memberikan keuntungan besar. Cara usaha tanpa modal saat ini bukan menjadi hal yang sulit. 

Anda bisa menjual jasa keahlian yang dimiliki, contohnya jual barang bekas layak jual. Meski dianggap sepele, akan tetapi contoh usaha tanpa modal ini bisa memberikan peluang cuan yang besar. 

Pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa ide usaha tanpa modal yang paling menguntungkan. Penasaran? Simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini. 

Ide Usaha Tanpa Modal 

1. Toko Baju Preloved 

Menjual baju bekas menjadi inspirasi usaha tanpa modal yang menjanjikan. Buktinya, mulai dari tahun 2018-2022 jual baju bekas mengalami peningkatan sampai dengan 53,5%. Artinya, menjual baju preloved menjadi salah satu usaha yang layak untuk dicoba. 

Untuk memulai usaha toko baju preloved ini sangat mudah. Anda bisa menjual dengan memanfaatkan media sosial. Jadi, hanya perlu foto beberapa baju, berikan deskripsi dan upload. 

2. Bisnis Dropship 

Menjadi dropshipper adalah salah satu ide bisnis tanpa membutuhkan modal yang sangat menarik. Ketika memilih usaha dropship, Anda hanya perlu menjual produk milik orang lain tanpa harus melakukan stock barang terlebih dahulu. 

Dengan sistem dropship, di saat ada yang membeli produk Anda bisa langsung menghubungi pihak supplier agar mengirimkan barang ke konsumen. Artinya, Anda tidak perlu yang namanya membeli produk. 

3. Bergabung dengan Afiliasi 

Ide usaha tanpa modal hasil melimpah selanjutnya adalah bergabung dengan salah satu afiliasi. Afiliasi adalah program yang memberikan komisi kepada Anda setelah berhasil menjualkan suatu produk. 

Makin banyak produk yang Anda jual, maka makin besar komisi yang didapatkan. Supaya bisnis afiliasi bisa menghasilkan banyak komisi, Anda harus rajin melakukan promosi menggunakan kode afiliasi agar mendorong banyak orang untuk membeli produk. 

4. Membuka Jastip 

Ketika bertanya modal Rp50.000,00 bisa dibuat usaha apa? Untuk jawabannya adalah membuka jasa titip atau sering disebut dengan jastip. Pada ide usaha tanpa modal yang satu ini hanya membutuhkan ongkos jalan di membelikan pesanan dari konsumen. 

Ketika ingin memulai usaha jastip, Anda bisa mencari event yang masih berlangsung di kota. Setelah itu, promosikan usaha jasa titip menggunakan media sosia. Untuk mendapatkan keuntungan, Anda bisa mematok fee setiap barang yang dipesan oleh konsumen. 

5. Usaha Rental Kaset Game

Mempunyai tumpukan koleksi kaset game konsol di rumah, bisa menjadi ide usaha yang menjanjikan. Sebab, untuk usaha satu ini bisa memberikan Anda keuntungan dengan menyewakan koleksi kaset game. 

Sekarang, kaset game konsol mempunyai harga yang semakin mahal. Bagi para gamers yang ingin bermain game hanya sekali, harus membeli kaset dengan harga ratusan ribu rupiah. 

Disinilah muncul peluang usaha rental kaset game. Anda juga bisa memulai bisa memulai usaha satu ini dengan menyewakan kaset game dengan durasi harian atau mingguan. Untuk memulai usaha ini, Anda juga harus bisa menawarkan langsung kepada teman dan tetangga sekitar atau promosi menggunakan media sosial. 

Ada juga sistem sewa kaset game dengan deposit sejumlah uang di terlebih dahulu. Cara tersebut bertujuan agar kaset game yang dipinjam bisa kembali seperti awal di saat meminjam. 

Tips Memulai Usaha Tanpa Modal

Setelah mendapatkan ide usaha tanpa modal, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memulainya: 

1. Memanfaatkan Apa yang Telah Dimiliki 

Untuk memulai usaha, Anda bisa memanfaatkan apa yang sedang dipunyai di saat itu juga. Contohnya barang-barang yang tidak terpakai dan digunakan, maka Anda bisa menjual atau menyewakan. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan keahlian yang dimiliki. Misalnya mempunyai skil menulis programming dan memasak ini bisa menjadi bekal untuk memulai usaha tanpa modal

2. Mempertahankan Pekerjaan Utama 

Bagi Anda yang sudah punya pekerjaan utama, maka coba untuk mempertahankan karir tersebut. Ketika Anda berhenti di awal memulai usaha, justru bisa meningkatkan resiko berkurangnya pemasukan bulanan. 

Dengan adanya penghasilan tetap, Anda bisa tetap fokus di dalam mengembangkan bisnis. Sekalipun di saat usaha yang dimiliki mengalami penurunan pendapatan tidak membuat Anda bingung. 

Ibaratnya, untuk pekerjaan utama merupakan jaring pengaman yang bisa membantu Anda di saat terjadi krisis keuangan. Maka dari itu, Anda sangat disarankan tidak boleh melupakan begitu saja terhadap pekerjaan utama. 

3. Rela Susah Payah 

Merintis bisnis usaha tanpa modal memang bukan menjadi hal yang mudah. Akan tetapi, seperti kata pepatah “berakit-rakit kehulu, bersenang-senang kemudian”. Selama Anda sudah berusaha semaksimal mungkin, pasti bisa memetik hasil dan jerih payah tersebut. 

Seperti kisah Dhika dan Haeni yang sekarang sukses di dalam membangun web design agency. Dengan awal sebagai usaha sampingan dengan modal kecil, saat ini sudah berhasil memberikan untung melimpah. 

4. Menggunakan Platform Online 

Ada banyak cara untuk memulai usaha tanpa modal dan salah satunya adalah menggunakan platform online. Keuntungan di saat menggunakan platform online, sebagai berikut:

  • Mempunyai jangkauan target pasar yang lebih luas dengan menggunakan jaringan internet. Sebab, 70% orang lebih suka menggunakan internet untuk mencari tahu mengenai produk daripada iklan konvensional. 
  • Biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan promosi produk menjadi lebih murah. 
  • Dengan adanya berbagai fitur platform online, Anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga dibandingkan harus melakukan promosi secara offline. 

Seperti yang diketahui, untuk sekarang banyak sekali platform media online bisa digunakan kegiatan promosi. Beberapa platform online yang efektif untuk promosi adalah Whatsapp, Instagram, Facebook dan masih banyak lainnya lagi.; 

5. Menjelajahi Crowdfunding 

Crowdfunding adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan dana secara kolektif. Selain itu, crowdfunding dilakukan oleh para pelaku UMKM dan startup yang ada di Indonesia. 

Ada banyak sekali website crowdfunding yang dapat dipilih, yaitu Kitabisa dan Ayopeduli. Pada saat menggunakan Crowdfunding, maka harus memastikan terlebih dahulu produknya kreatif dan inovatif. 

Dengan ide usaha tanpa modal yang menarik ini bisa membuat kalangan masyarakat untuk memberikan donasi. Selain itu, untuk Anda yang ingin melakukan crowdfunding bisa menyusun proposal usaha menarik terlebih dahulu. Tidak ada salahnya, Anda meminta bantuan kepada pihak lain yang telah berhasil mendapatkan dana crowdfunding. 

Meski ada beberapa ide usaha tanpa modal yang dijalankan secara online. Akan tetapi, menggunakan platform online tidak boleh ditinggalkan begitu saja di era yang terus berkembang seperti sekarang ini. 

Anda bisa memanfaatkan beberapa platform media online, seperti media sosial atau website. Ketika memilih menggunakan website, Anda harus memastikan hosting yang digunakan sudah mempunyai kualitas terbaik!

Nah itu dia ide usaha tanpa modal yang bisa kamu coba sekarang juga!

(GE – ANG)

Scroll to Top