SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

12 Ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2023

Bagikan:

AshefaNews – Pada umumnya, merintis usaha sendiri memang tidak mudah. Seringkali kita dihadapkan pada situasi ragu atau bingung dalam mencari peluang bisnis.Nah, bagi sobat yang berencana untuk membuka usaha, berikut ini ada beberapa peluang usaha di tahun 2023 yang bisa sobat coba ya.

Franchise

Bagi Sobat yang ingin memiliki bisnis sendiri namun takut untuk memulainya dari nol, sobat bisa memilih bisnis franchise sebagai alternatifnya lho!

Bisnis franchise merupakan sebuah sistem bisnis yang dimana sobat membeli hak kepemilikan berupa merek dagang, produk dan lainnya kepada franchisor (pemilik franchise. Bisnis ini mulai dari makanan, minuman, jasa, layanan keuangan, ritel dan masih banyak lagi.

Adapun keuntungan dari usaha franchise ini berupa pelatihan terkait manajemen bisnis dan pemasaran yang baik. Usaha franchise juga memiliki peluang keberhasilan yang lebih tinggi dengan modal usaha yang cenderung bervariatif dan bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. 

Blogger

Ternyata bisnis satu ini sudah termasuk dalam perhitungan budget marketing dari beberapa perusahaan besar. Namun, tidak perlu khawatir. Sobat bisa mencoba usaha ini terlebih jika memiliki hobi menulis. Sobat bisa mendapatkan penghasilan melalui kemampuan membuat sebuah konten menarik dengan menulis di blog pribadi. 

Bahkan beberapa blogger memiliki tim khusus untuk membantu pekerjaan dan jadwal kerjanya. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, banyak dari blogger yang mendaftarkan dirinya ke Google Adsense.

Event Organizer

Sobat gemar membuat acara atau gemar berkontribusi dalam suatu acara? Nah jika iya, Sobat bisa untuk memahami bisnis event organizer ini lebih dalam dan memperkaya diri dengan pengalaman di bidang ini.  Lalu, mulai membentuk suatu tim event organizer, menjalin kerja sama dengan vendor-vendor yang dibutuhkan, serta mempromosikan ke lingkungan pertemanan dan keluarga terlebih dahulu dan sebaiknya mulai dari event berskala kecil dahulu.

Usaha ini memang membutuhkan modal yang cukup besar, karena hal ini akan berpengaruh terhadap berjalannya suatu event. Dengan begitu, Sobat bisa menggunakan modal pribadi dari masing-masing tim, donasi, sponsor dan lainnya.

Bisnis ini mempunyai peluang yang besar karena hampir setiap acara, baik itu acara pernikahan,event musik, hingga workshop membutuhkan event organizer.

Tour Travel

Bagi Sobat yang ingin memulai bisnis tour travel, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan bisnis ini. Hal ini dikarenakan, industri travel mulai bertumbuh kembali dari dampak pandemi. Sebelum memulai bisnis ini, tentu sobat perlu mempersiapkan konsep bisnis yang jelas, menentukan destinasi wisata yang menarik, mempersiapkan armada transportasi ataupun akomodasi, serta mencari partner bisnis yang tepat dan membuat sosial media usaha tour travel agar semakin luas dan banyak calon klien yang akan memakai jasa travel Sobat.

Bisnis Frozen Food

Makanan beku atau frozen food semakin digemari oleh masyarakat. Selain awet dan dan harganya terjangkau, makanan beku memiliki beragam pilihan. Mulai dari makanan siap goreng, daging hingga sayuran.

Untuk memulai bisnis ini diperlukan modal yang cukup, hal ini guna untuk membeli bahan-bahan dagangan, lemari pendingin dan peralatan lainnya. Serta untuk menyewa tempat jika Sobat tidak memiliki tempat untuk berdagang. Serta, jangan lupa untuk aktif melakukan promosi secara offline dan online.

Rental atau Penyewaan Peralatan Outdoor

Ternyata ada loh penyewaan peralatan outdoor bagi orang yang senang mendaki ataupun berkegiatan outdoor. Saat ini, semakin tinggi minat wisata adventure yang membutuhkan peralatan outdoor, oleh karena itu rental atau penyewaan peralatan outdoor ini bisa menjadi salah satu opsi untuk memulai bisnis.

Peluang bisnis ini cukup menjanjikan, sebab kebanyakan orang lebih suka menyewa alat-alat untuk mendaki atau berkegiatan outdoor dibandingkan membeli. Hal ini dikarenakan, banyak orang yang tidak setiap hari berkegiatan outdoor dan memilih untuk menyewa. 

Namun, untuk modal awal yang dibutuhkan ini terbilang cukup besar karena harga-harga peralatan outdoor memang cukup mahal. Akan tetapi, untung yang akan didapatkannya nanti pun tidak kalah besar.

Makeup Artist (MUA)

Tidak heran, jika MUA hingga saat ini masih menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena, peluang bisnis ini memiliki pertumbuhan yang cukup bagus, yang dimana penampilan selalu menjadi sorotan dalam berbagai acara penting. Banyak orang yang ingin terlihat cantik dan menarik namun tidak begitu ahli dalam berhias, maka mereka membutuhkan jasa MUA untuk membantu merias wajah dan mengaplikasikan make up. Jika Sobat memiliki keterampilan yang bagus dalam berhias, tentu akan menjadi reputasi yang baik juga di kalangan pelanggan.

Rental Motor dan Mobil

Apakah Sobat tinggal di pusat kota dan wisata? Nah, peluang bisnis satu ini akan menguntungkan Sobat, yakni rental motor dan mobil. Terlebih jika Sobat memiliki kendaraan yang cukup banyak, bisa sobat rentalkan ke pelanggan yang membutuhkan untuk keperluannya, baik itu berwisata ataupun yang lain.Bisnis ini termasuk usaha yang tidak akan pernah sepi peminatnya, terutama di hari-hari besar saat banyak orang memilih untuk mudik atau berlibur bersama keluarga, teman maupun pasangan.

Crafters atau Pengrajin

Jika kamu seorang yang kreatif dan mahir di bidang desain, kamu bisa coba memulai usaha sebagai pengrajin.  Seperti membuat hampers, kartu ucapan, taplak meja,  ukiran meja dan kursi maupun alat makan.

Florist

Bisnis florist ini sangat menguntungkan lho! Saat ini banyak orang yang menjual bouquet bunga di e-commerce atau media sosial dengan harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 35.000 hingga ratusan ribu. Nah, ide bisnis satu ini bisa kamu coba terlebih jika kamu menyukai di bidang tersebut. 

Pet Shop

Bagi Sobat yang menyukai binatang, tentu hobi tersebut bisa dijadikan suatu peluang bisnis lho. Salah satunya dengan membuka usaha pet shop! Setiap tahun, angka pertumbuhan orang yang memelihara binatang selalu mengalami kenaikan, hal ini akan meningkatkan pula konsumen yang datang ke pet shop untuk membeli kebutuhan peliharaannya.  

Laundry Pakaian dan Laundry Sepatu

Usaha pakaian sampai saat ini masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, terutama jika lokasi laundry berada di lingkungan perkantoran dan mahasiswa. Tentu mereka para pekerja kantor dan mahasiswa sangat sedikit memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya. Tidak hanya pakaian, saat ini juga ada pelanggan yang ingin dicucikan juga sepatu nya dikarenakan malas atau tidak memiliki waktu. Hal ini bisa Sobat coba untuk memulai usaha dengan modal yang terjangkau.

Nah, kira-kira dari berbagai jenis usaha yang sudah dipaparkan. Sobat ingin memulai usaha seperti apa? Apapun usaha yang Sobat ingin coba, jangan sampai lupa untuk mempersiapkan dengan matang dan menjalaninya dengan tekun. Agar usaha tersebut bisa berjalan sesuai harapan. 

Konsep dasar dalam memulai usaha adalah mengenali potensi diri, mengamati kebutuhan sekitar dan survei mengenai ide bisnis yang dipilih oleh Sobat ya!

Scroll to Top